sharpnel_content
Konsep Smart City dan Contohnya

News 16 Apr 2021


Konsep Smart City dan Contohnya

Share

Jakarta, Surabaya, dan Bandung adalah beberapa contoh kota di Indonesia yang sudah mengadopsi konsep smart city. Karena alasan ini, smart city pun menjadi buzzer word dalam beberapa tahun terakhir. Lantas, apa itu smart city dan mengapa begitu banyak diadopsi oleh kota-kota di dunia? Melalui artikel ini, kami akan memaparkan konsep smart city dan contohnya. 

 

Apa Pengertian Smart City? 

Dikutip dari aptika.kominfo.go.id, smart city adalah usaha ekosistem kota untuk mengatasi berbagai masalah dan meningkatkan kualitas masyarakat setempat dengan tindakan yang inovatif. Usaha ini pun tidak lepas dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Alhasil, pelayanan publik, operasional pemerintahan, sampai penyebaran informasi dapat berjalan lebih cepat dan efisien. 

Terakhir, usaha ini tentunya harus meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Namun, smart city ini tidak hanya bertumpu pada teknologi semata, tetapi lebih pada bagaimana ekosistem dapat mencari solusi yang inovatif untuk permasalahan kota. 

Proses pengadopsian konsep smart city ini memiliki enam pilar prioritas, yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding. Dengan adanya enam pilar ini, kabupaten atau kota dapat menentukan prioritas untuk inovasi dengan lebih mudah dan efektif. 

 

Contoh Smart City di Indonesia

Untuk mempertajam pemahaman Anda, kami sudah menyiapkan beberapa contoh smart city di Indonesia. Apa saja contohnya dan bagaimana dampaknya bagi masyarakat? 

(1) E-Masyarakat di Kota Binjai 

Indonesia memiliki tantangan besar dalam improvisasi birokrasi. Oleh karena itu, birokrasi pun menjadi salah satu obyek utama smart city. Beberapa kota pun mulai mengembangkan aplikasi pelayanan secara online dan mobile sehingga prosesnya dapat berjalan cepat dan efisien. 

Salah satu contoh smart city adalah aplikasi e-Masyarakat di Binjai. Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat mengirim laporan atau pengaduan ke pemerintah secara online via mobile. Artinya, pengaduan atau laporan ini akan langsung diterima oleh orang yang berkepentingan dan bisa langsung ditindaklanjuti. 

Bayangkan apabila proses pelaporan ini harus menggunakan sistem kotak saran. Laporan tersebut pasti akan memakan lebih banyak waktu untuk sampai ke departemen terkait dan proses tindak lanjutnya pun jauh lebih lama lagi. Bagaimana jika masalahnya membutuhkan tindakan yang cepat? 

 

(2) E-Monitoring di Surabaya 

Adakah cara paling efektif untuk mengawasi operasional perusahaan sampai aktivitas publik? Masalah ini dapat diatasi dengan smart city berbasis IoT. Salah satu contoh kota yang sudah mengandalkan IoT untuk proses pengawasan ini adalah Surabaya. 

Surabaya memiliki aplikasi e-monitoring untuk mengawasi CCTV, pengawasan sampah dan ketinggian air, pajak dan retribusi, dan lainnya. Berkat e-monitoring, proses pengawasan dapat dilakukan secara online tanpa harus mengerahkan banyak sumber daya manusia. Kini sudah banyak yang menggunakan IoT untuk pengawasan lalu lintas. 

Kedua aplikasi di atas adalah contoh kecil dari banyaknya aplikasi yang dihasilkan dari Gerakan 100 Smart City di Indonesia. Sesungguhnya, solusi inovatif yang dihasilkan kota atau kabupaten juga diaplikasikan pada bisnis. Jadi, tidak semata-mata untuk pemerintahan saja. 

Apakah Anda tertarik untuk mengadopsi konsep smart city? 

Sebagian besar instansi pemerintah menggandeng perusahaan swasta untuk implementasi konsep smart city di kotanya. AsiaQuest Indonesia sebagai perusahaan konsultan IT dari Jepang pun berkesempatan untuk mengerjakan proyek smart city kota di Indonesia. Kami menawarkan layanan berstandar Jepang dan teknologi canggih seperti IoT. 

Pengalaman ini pun kami jadikan sebuah bekal untuk membantu kota Anda untuk menjadi smart city selanjutnya. Silakan kirimkan ide-ide Anda melalui KONTAK KAMI, bagaikan sihir, kami akan menyulap tiap ide Anda menjadi kenyataan! 

 

Referensi: 

  1. Blog.gamatechno.com
  2. Humas.surabaya.go.id
  3. Hestanto.web.id
  4. Aptika.kominfo.go.id

Photo by Technology photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top