sharpnel_content
Kenapa Website Maintenance Harus Dilakukan Rutin?

News 17 Mei 2022


Kenapa Website Maintenance Harus Dilakukan Rutin?

Share

Masih ada segelintir orang yang beranggapan kalau website tidak perlu diurus lagi setelah selesai dikembangkan dan dirilis. Laiknya sebuah mesin, website harus diurus secara berkala, lho. Kenapa website maintenance harus dilakukan rutin? Adakah rekomendasi jasa maintenance website? Berapa harga maintenance website

Yuk, cek ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Umpamakan website sebagai sebuah sepeda motor. Anda tentu harus melakukan service rutin agar motor dapat beroperasi dengan baik, bukan? Setiap tiga bukan sekali, Anda direkomendasikan untuk mengganti oli, mengecek kondisi spare part, sampai menyampaikan keluhan ke montir.

Dengan begitu, motor dapat beroperasi secara sempurna dan risiko kecelakan karena kerusakan spare part dapat dicegah.

Sama halnya dengan sepeda motor. Alasan utama mengapa website maintenance harus dilakukan rutin adalah untuk memaksimalkan kinerja website dan menekan risiko terjadinya error. Terlebih lagi, apabila Anda fokus untuk menggunakan website sebagai media bisnis untuk mengoleksi engagement dan traffic

 

Seberapa Sering Website Maintenance harus Dilakukan? 

Website maintenance dapat dilakukan dalam tiga periode, yaitu maintenance mingguan, bulanan, dan kuartal (per tiga bulan sekali). Untuk menentukan periode website maintenance yang tepat, Anda dapat menghubungi perusahaan konsultan IT langganan. Mereka akan membantu menjadwalkan pemeliharaan website sesuai dengan kondisi dan kebutuhan website Anda. 

Setelah periode pemeliharaan sudah ditentukan, lalu, apa saja yang harus di-maintence secara berkala? 

 

1. Konten Website Harus Di-Update Rutin 

Banyak sekali website yang mengandalkan konten blog untuk mendapatkan trafik. Namun, banyak pula yang lalai kalau konten juga ada masa “kedaluwarsanya”, lho. 

Setiap harinya internet dibombardir oleh konten-konten baru dengan tema senada. Alhasil konten lama Anda bisa saja ditenggelamkan dengan mudah oleh konten baru yang jauh lebih fresh dan memiliki SEO yang lebih baik. 

Maka dari itu, perusahaan sebaiknya menyiapkan sumber daya manusia yang selalu meng-update konten website secara rutin, seperti content writer, SEO writer, blogger, ataupun freelance writer.

Dengan demikian, konten Anda dapat bersaing dengan konten-konten baru yang berseliweran di internet. Lalu, bagaimana kalau perusahaan Anda tidak memiliki penulis? 

Pilihannya adalah dengan menggunakan jasa content creations yang biasanya ditawarkan oleh software house ataupun media agency. Kedua jenis bisnis ini menawarkan jasa content creation dengan pelbagai model, seperti copywriting untuk website, content update untuk website, dan content creation untuk website dan blog.

Ada juga perusahaan dengan konsep One Stop Service yang melayani jasa content creations plus website maintenance bagian teknikalnya. Dengan begini, harga website maintenance pasti jauh lebih terjangkau. 

Selintas terlihat sepele, tetapi konten website adalah pion yang akan menjadi garda depan perusahaan dalam memasarkan bisnis atau produk, terutama pada era digital seperti sekarang ini. Digital marketing menjadi ujung tombak pemasaran perusahaan. 

 

2. Ada Produk atau Jasa Baru? Segera Unggah di Website! 

Apakah Anda pernah naksir sebuah produk di marketplace, tetapi tidak berhasil menemukannya saat mencarinya di website resmi merek tersebut? Sering kali perusahaan terlambat meng-update produk baru di website perusahaan. Mengapa? Karena proses memperbarui produk di marketplace lebih cepat dan mudah daripada website.

Ditambah lagi, sering kali perusahaan harus meminta bantuan third party untuk meng-update produk baru di website. Artinya, mereka harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar layanan ini.   

Padahal, Anda dapat meningkatkan kredibilitas produk baru dengan mengunggahnya di website, lho. Jika info produk terpampang jelas di website resmi dan dapat dicari dengan mudah di search engine, pengalaman pelanggan akan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, kemungkinan untuk melakukan transaksi pun makin besar.

Selain foto dan detail produk, Anda dapat menautkan link produk di marketplace. Jika tertarik, konsumen dapat langsung melakukan transaksi di masterplace langganan mereka. 

Oleh karena itu, kami sarankan untuk segera memperbarui produk atau jasa terbaru di website Anda. Namun, memperbarui website setiap kali ada peluncuran produk atau jasa tidaklah murah. Terlebih lagi untuk perusahaan yang belum memiliki IT support

Bagiamana solusinya? Anda dapat n memilih jasa development sekaligus maintenance sedari awal. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik keluar uang untuk memperbarui printilan-printilan pada masa mendatang.

 

3. Sudah Mengadopsi Teknologi Terbaru? 

Teknologi berkembang dengan pesat. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan kalau website Anda sudah mengadopsi teknologi teranyar. Dengan mengadopsi teknologi teranyar, website Anda dapat memenuhi tuntutan tech-savvy user yang sangat mengagungkan user experience.

Selain itu, ada kalanya website lawas kita sudah tidak kompatibel lagi dengan device pengguna yang selalu di-upgrade tiap tahunnya. Sebagai contoh, pentingnya pengadopsian mobile-friendly website

Saat ini, pengguna mobile (smartphone) jauh lebih tinggi daripada pengguna laptop. Karena alasan ini, developer harus memikirkan tampilan website yang kompatibel dengan layar smartphone

Pasalnya, tampilan dekstop suatu website tidak kompatibel dengan tampilan layar smartphone. Jika dipaksakan, bakal ada ada bagian website yang terpotong ataupun layout menjadi berantakan. 

Tugas developer adalah membuat versi tampilan mobile-nya. Dengan begitu, tampilan website dapat berubah-ubah mengikuti layar device yang dipakai pengguna. Sayangnya pengembangan dua tampilan ini layar ini bisa menyedot banyak budget

Tidak kekurangan akal, Anda dapat mengadopsi teknologi terbaru berupa resposive website yang memungkinkan tampilan desktop berubah secara otomatis mengikuti device yang dipakai. Sekali tepuk dua lalat,  Anda hanya perlu melakukan sekali development, website dapat diakses dari segala macam device

Inilah salah satu manfaat dari sebuah perusahaan yang mengikuti update teknologi teranyar. Namun, ada yang harus digarisbawahi bahwa setiap perusahaan ataupun website memiliki ciri khas dan kebutuhan yang berbeda. 

Konfirmasi terlebih dahulu ke perusahaan konsultan IT kepercayaan Anda untuk mencari teknologi yang tidak hanya bagus, tetapi juga cocok dengan kebutuhan perusahaan. 

 

4. Website Aman dari Ancaman? 

Mengutip laporan Antaranews.com, Indonesia harus melawan hingga 11 juta serangan siber hanya pada kuartal pertama tahun 2022. Pasti tidak kebayang kan berapa banyak serangan siber yang harus kita lawan sampai penghujung tahun ini? 

Angka ini diperoleh dari laporan sebuah perusahaan keamanan siber bernama Kaspersky. Dari laporan ini, pelajaran apa yang bisa kita ambil? 

Suatu perusahaan harus mulai memikirkan betapa pentingnya menjaga keamanan website dari serangan siber yang menggila. Saking pentingnya, tak heran kalau profesi IT security sangat diburu di dunia kerja. Pasalnya, serangan siber ini bisa memberikan efek luar biasa pada kinerja website sampai sanggup merugikan perusahaan hingga triliunan rupiah, lho. 

Apa saja bentuk serangan siber? Lalu, seperi apa dampaknya? Anda dapat membaca detailnya pada ulasan spesial kami di bawah ini: 

  1. 5 Jenis Serangan Siber
  2. Kejahatan Siber Meningkat Cari Tahu Faktanya Di Sini
  3. Tips Terhindar dari Kejahatan Siber

Namun, perlu kita sadari bahwa tidak semua perusahaan telah memiliki IT security team. Maka dari itu, Anda pun dapat sekali lagi mempercayakan tugas ini pada perusahaan konsultan IT yang memiliki jasa website maintenance sekaligus IT security

Tim IT security akan turut memonitor kondisi website secara berkala. Sehingga, segala bentuk ancaman dapat dicegah dan diatasi dengan lebih cepat. 

 

5. Apakah Website Beroperasi dengan Mulus? 

Ada kalanya, kita tidak mengetahui kalau ada bagian fitur di website yang tidak bekerja secara maksimal karena error ataupun bug. Maka dari itu, layanan maintenance sangat dibutuhkan agar ada “orang” yang selalu mengawasi kinerja website Anda setiap saat. 

Meskipun tidak dapat memantau 24 jam nonsetop, minimal Anda dapat segera mengetahui jika terjadinya error dari pengecekan berkala ini. Anda pun bisa dengan cepat mengatasi permasalahan minor, seperti broken images, broken links, loading speed yang lemot, button tidak berfungsi, dan masih banyak lagi. 

 

Bagaimana Memilih Jasa Website Maintenance? 

Memilih jasa website maintenance bukanlah perkara sepele dan membutuhkan kecocokan dari segi layanan dan budget. Namun, jika Anda membutuhkan rekomendasi jasa website maintenance di Jakarta dan Jogja berstandar Jepang (juga dapat melayani di luar kedua kota ini), PT. AQ Business Consuting Indonesia/AsiaQuest Indonesia mungkin yang selama ini Anda cari-cari. 

Apakah layanan unggulan AsiaQuest Indonesia? Kami menawarkan maintenance service yang meng-cover lima kebutuhan di atas. Seperti apa detailnya? 

1. Memonitor status website dan mobile secara live 24 jam/ 7 hari atau nonsetop.

2. Menganalisa log bulanan website:

-Aktivitas user yang tidak biasa

-Aplikasi error

-Performa aplikasi

3. Mem-back-up atau restore aplikasi

4. Membersikan sistem log

5. Tim IT yang bekerja selama 8 jam perhari untuk membantu Anda memperbarui konten. Pastikan bahan sudah disiapkan dari pihak Anda.

Apa kelebihannya? Kami adalah perusahaan dengan konsep One Stop Service sehingga Anda dapat mendapatkan banyak layanan hanya di satu tempat saja. Artinya, Anda dapat menghemat budget operasional perusahaan tanpa harus berurusan dengan biaya tambahan. 

Untuk detailnya, hubungi IT team kami di KONTAK KAMI. 

 

Website maintenance photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top