sharpnel_content
Kembangkan AI Juga Perlu Etika, lho!

News 30 Sep 2020


Kembangkan AI Juga Perlu Etika, lho!

Share

Proses pengembangan Artificial Intelligence (AI) tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika berada di tangan yang salah, AI dapat disalahgunakan menjadi sebuah senjata yang berbahaya. Terlebih lagi, jika suatu saat nanti AI Kuat berhasil diwujudkan dan otak manusia sudah dapat ditiru 100%. Oleh karena itu, pengembang harus mempelajari etika pengembangan AI terlebih dahulu. 

Dengan memahami etika pengembangan AI, pengembang dapat menciptakan teknologi yang dapat dipakai secara tenang dan nyaman. User pun dapat menggunakan teknologi AI tanpa diliputi rasa curiga. Untuk mewujudkan impian ini, pengembang dituntut memiliki kepekaan pada masalah keamanan, privasi, transparansi, dan akses yang merata. 

Lantas, bagaimana etika pengembangan ini berpengaruh pada kenyamanan user dalam menggunakan teknologi AI? Melansir dari news.microsoft.com, ini dia etika pengembangan AI yang mesti dipelajari para pengembang.  

Menjamin Privasi dan Keamanan User

Salah satu faktor penting yang mesti diperhatikan dalam pengembangan AI adalah privasi dan keamanan. Kita harus menjamin bahwa data privasi user tidak akan dicuri atau disalahgunakan. Caranya, pengembang harus membuat sistem AI sesuai dengan undang-undang privasi. Dengan demikian, semua proses pengumpulan hingga penyimpanan data tidak merugikan user

Mengedepankan Transparasi agar Lebih Mudah Dipahami User  

Pengembang harus memastikan bahwa user benar-benar memahami sistem AI sebelum mulai mengoperasikannya. Dengan demikian, user tak hanya mengetahui manfaat apa saja yang bisa mereka dapatkan dengan memakai teknologi AI. Namun, mereka juga memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi apa saja risiko yang akan dihadapi. 

Semua User Harus Mendapatkan Keadilan yang Sama

Tak seperti manusia yang memiliki sisi subjektivitas, teknologi harus dibangun atas dasar keadilan. Dengan demikian, teknologi AI akan memberikan rekomendasi yang sama tanpa peduli latar belakang user-nya. Ini dia pekerjaan rumah terbesar seorang pengembang adalah membangun sistem AI yang adil tanpa ada tendensi lain. 

Sistem yang dapat Diandalkan 

Suatu teknologi dapat dikatakan berhasil jika dapat beroperasi dengan parameter yang jelas. Pros and con dari teknologi ini harus sudah dihitung sejak dalam proses pengembangan. Dengan demikian, teknologi AI masih dapat diandalkan meski dalam kondisi tak terduga sekalipun. 

Mengedepankan Inklusivitas 

Apakah Anda ingin mengembangkan teknologi AI yang dapat diaplikasikan untuk berbagai kondisi dan user? Kuncinya adalah inklusivitas. Dengan mengedepankan faktor inklusivitas, teknologi AI dapat membantu user dalam menyelesaikan berbagai persoalan lingkungan atau produk. 

Sistem AI dengan Akuntabilitas yang Baik 

Seorang pengembang dituntut dapat mempertanggungjawabkan produk yang dibuatnya. Mulai dari proses perancangan ide, pengembangan, hingga saat dioperasikan. Etika yang satu ini adalah harga mati yang harus dimiliki oleh setiap pengembang. Setiap teknologi yang diciptakan pasti memiliki konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan. 

 

Sumber : news.microsoft.com

Image cover : Background vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top