sharpnel_content
Kapan Harus Memakai WA (WhatsApp) Business?

News 25 Jul 2022


Kapan Harus Memakai WA (WhatsApp) Business?

Share

Dengan miliaran pesan yang dikirim dan diterima setiap hari, WhatsApp adalah pilihan komunikasi populer bagi pengguna di seluruh dunia. Jika Anda sedang mencari aplikasi yang mudah digunakan dan menawarkan pengiriman pesan dan berbagi file yang aman dengan pengguna lain di ponsel atau komputer mereka, maka WhatsApp Business bisa jadi pilihan.

WhatsApp Business (WA Business) adalah aplikasi perpesanan instan yang diluncurkan oleh WhatsApp pada tahun 2018. WhatsApp Business khusus diciptakan untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengelola percakapan WA dengan pelanggan mereka secara lebih mudah karena umumnya pengguna di Indonesia sudah familier dengan WhatsApp.

Apa Itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah solusi bisnis WhatsApp yang akan mempermudah komunikasi Anda dengan pelanggan untuk keperluan mempromosikan bisnis secara lebih efektif.

Sekilas, tampilan WA Business tampak mirip dengan WhatsApp biasa namun dengan beberapa perubahan yang ditambahkan di sana-sini untuk penggunaan yang lebih baik. Hal ini karena WhatsApp Business dirancang untuk memudahkan operasional usaha kecil (UMKM).

Apakah perlu menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis?

Apakah perlu menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis? Sekarang Anda mungkin belum menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Tapi, sedikitnya ada beberapa fitur-fitur WA Business yang membuatnya unggul dan cocok dipakai untuk bisnis Anda sekalipun itu bisnis skala kecil.

Penerapan WhatsApp Business di Bisnis

Anda dapat menggunakan WhatsApp Business untuk berbagi informasi dengan pelanggan Anda, seperti pembaruan produk dan penawaran promosi. Anda juga dapat menggunakannya untuk memberikan dukungan atau bantuan pelanggan, atau mengirim pesan yang relevan dengan acara tertentu.

Misalnya, Anda memiliki restoran dan ingin mempromosikan menu baru pada hari tertentu dalam seminggu. Anda dapat membuat kode QR untuk setiap menu baru, yang mengarahkan orang yang memindainya langsung ke akun WhatsApp Business Anda. Atau jika ada promosi yang akan datang di salah satu lokasi bisnis Anda, tetapi Anda tidak ingin pelanggan di semua lokasi melihat hal yang sama sekaligus, Anda dapat mengatur beberapa grup berdasarkan lokasi sehingga tidak ada daftar kontak Anda yang menerima lebih dari satu pesan dari Anda selama periode promosi tersebut.

Kegunaan Utama WhatsApp Business

  1. Profil bisnis untuk mencantumkan informasi penting mengenai bisnis, seperti alamat, email, dan situs web.
  2. Label untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah.
  3. Fitur perpesanan untuk merespons pelanggan dengan cepat.

Lihat Video Berikut untuk Melihat Fitur-Fitur pada WhatsApp Business

Bagaimana Cara Menggunakan WA Business?

Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis di AppStore (IOS) dan PlayStore (Android). Hanya saja layanan di WA Business dikenakan biaya berlangganan.

  1. Masuk ke PlayStore (Android) atau AppStore (IOS) dan cari WhatsApp Business. Jika sudah ketemu, unduh dan install.
  2. Jika sudah terinstall di handphone, buka aplikasi WhatsApp Business.
  3. Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.
  4. Lanjutkan dengan proses Daftar, yaitu dengan memilih kode negara, dan memasukkan nomor handphone dalam format internasional. Ketuk Selesai atau Lanjut, lalu ketuk Oke untuk menerima kode pendaftaran 6-digit melalui SMS atau panggilan telepon. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6-digit yang Anda terima.
  5. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon Anda dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Anda juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon Anda.
  6. Buat akun: Masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.
  7. Buat profil bisnis Anda: Ketuk JELAJAHI > Profil bisnis. Di sini, Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.

Lihat Video Berikut untuk Step By Step Membuat Akun WhatsApp Business

Perbedaan Antara WA Reguler dan WA Business

WA biasa (reguler) memiliki banyak keuntungan, tetapi kelemahan utamanya adalah Anda tidak dapat mengirim pesan massal ke kontak Anda sekaligus. Anda harus mengirim setiap pesan satu per satu, yang akan memakan waktu dan akan sangat tidak efisien jika Anda menjual produk secara online atau offline melalui WhatsApp.

Kehadiran WA Business menjadi solusi atas kelemahan-kelemahan tersebut. Saat ini sudah banyak bisnis yang menggunakan WA Business dan merasakan manfaatnya. Fitur-fitur yang disediakan WA Business adalah solusi yang akan mempermudah komunikasi Anda dengan pelanggan. Dengan begini, Anda bisa mempromosikan bisnis, menjual produk dan jasa dengan lebih efektif.

Dengan WA Business, pengguna dapat mengirim pesan otomatis berdasarkan tindakan tertentu misalnya mengklik link atau meninggalkan ulasan. Pesan-pesan otomatis ini juga dapat dikustomisasi dengan gambar atau video agar terlihat lebih profesional dan personal.

WhatsApp Business dapat digunakan terpisah dari WhatsApp biasa, jadi jika Anda sudah memiliki akun WhatsApp biasa, Anda tidak perlu mengubahnya menjadi akun WA Business! Anda hanya perlu membuat profil bisnis baru dari dalam aplikasi, yang tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit!

WhatsApp Business akan menyederhanakan komunikasi Anda dengan pelanggan. Ketika Anda menggunakan WhatsApp Business, orang-orang dapat mencari bisnis Anda di aplikasi dan melihat apakah bisnis Anda tersedia sebelum menelepon atau mengunjungi toko.

Perbedaan terbesar antara WA reguler dan WA Business adalah bahwa setiap pesan yang Anda kirim melalui platform WA Business akan dikenakan biaya, sementara di WA biasa Anda tidak dikenakan biaya untuk setiap panggilan telepon dan pesan teks.

Jadi Kapan Harus Memakai WA Business?

WA Business adalah solusi yang berguna bagi pemilik bisnis yang ingin mempromosikan bisnis mereka melalui WhatsApp. WA Business menyediakan sejumlah fitur praktis untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan dan mengelola beban kerja perpesanan bisnis, termasuk kemampuan untuk mengatur respons otomatis dan membuat daftar kontak yang dapat dikirimi pesan secara massal.

WA Business adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menggunakan WhatsApp sebagai alat pemasaran yang efektif tetapi tidak memiliki cukup waktu atau sumber daya yang tersedia untuk mengembangkan sistem perpesanan otomatis sendiri.

Bisa dikatakan bahwa WA Business bisa menjadi penghemat waktu yang berharga bagi setiap pemilik bisnis kecil yang mengandalkan komunikasi teks dengan pelanggannya. Namun, jika Anda belum terbiasa mengirim pesan teks kepada pelanggan Anda, maka mungkin Anda harus mulai terbiasa dengan itu dan memulainya dari sekarang.

Semoga ulasan kami mengenai WA (WhatsApp) Business bermanfaat bagi Anda. Ada banyak hal baru lainnya untuk dipelajari tentang WA (WhatsApp) Business ini, jadi pastikan untuk selalu mengunjungi www.aqi.co.id untuk informasi lebih lanjut. Jika Anda menginginkan lebih banyak informasi tentang teknologi dan aplikasinya dalam bisnis, Subscribe Notifikasi kami!

Referensi: www.whatsapp.com
Man writing photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top