sharpnel_content
Jokowi Beri Sinyal Hijau Transformasi Digital di Indonesia

News 12 Agu 2020


Jokowi Beri Sinyal Hijau Transformasi Digital di Indonesia

Share

Transformasi digital diyakini sebagai salah satu solusi untuk memulihkan perekonomian Indonesia pascapandemi COVID-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) beri sinyal hijau transformasi digital di Indonesia pada Rapat Terbatas Perencanaan Transformasi Digital di Istana Merdeka. Jokowi meminta agar penyusunan road map transformasi digital harus tepat sasaran. 

Dikutip dari Antaranews.com, Jokowi mengungkapkan bahwa road map ini harus membidik sektor-sektor strategis. Sektor strategis ini yaitu sektor perdagangan industri, pemerintah, kesehatan, pendidikan, bantuan sosial, layanan publik, dan penyiaran. 

Lebih lanjut, presiden juga menekankan bahwa infrastruktur transformasi digital ini harus memiliki manfaat yang jelas. Jangan sampai, infrastruktur sudah dibangun, tetapi tidak memberikan dampak apa-apa. 

Mengapa Adopsi Transformasi Digital Harus Segera Dilakukan di Indonesia?

Ada alasan kuat mengapa presiden ingin adopsi transformasi digital bisa segera terealisasi. Pasalnya, pandemi COVID-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat sehingga sektor bisnis harus mengikutinya.

Masyarakat yang awalnya belajar, belanja, dan bekerja secara offline, kini semuanya sudah beralih ke online. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan infrastruktur yang memadai agar dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat. 

Keputusan ini tentu sudah sejalan dengan kesepakatan antara Jepang dan negara ASEAN untuk mengadopsi transformasi digital. Pada tanggal 30 Juli lalu, Menteri Ekonomi Jepang dan negara ASEAN menggelar teleconference membahas adopsi transformasi digital di perusahaan ASEAN. 

Jepang melalui perusahaan-perusahaan Jepang siap membagikan ilmu tentang teknologi transformasi digital kepada tenaga ahli IT di ASEAN termasuk juga Indonesia. Untuk berita selengkapnya, silakan baca di “Jepang Siap Bantu Transformasi Digital di ASEAN”.

Dengan infrastruktur digital yang memadai, perusahaan rintisan IT pun dapat berkembang baik di Indonesia. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan ini dapat membantu memulihkan perekonomian Indonesia pada masa mendatang. 

Browse blog by tag

Back To Top