sharpnel_content
Jepang Siap Bantu Transformasi Digital di ASEAN

News 06 Agu 2020


Jepang Siap Bantu Transformasi Digital di ASEAN

Share

Jepang siap bantu transformasi digital di ASEAN. Keputusan ini diambil dalam telekonferensi Menteri Ekonomi Jepang dan sebelas negara ASEAN pada 30 Juli 2020 silam. Dengan cara ini, Jepang  dan ASEAN berusaha untuk memulihkan kembali perekonomian pasca pandemi COVID-19 dengan mengadopsi transformasi digital atau DX. Sejak adanya pandemi COVID-19, perekonomian dunia memang melemah karena adanya pembatasan aktivitas berskala besar. 

Kerja sama ini tertuang dalam 50 item yang di dalamnya Jepang akan berperan aktif dalam mendukung proses transformasi digital di negara ASEAN. Transformasi digital diyakini sebagai sebuah model baru dalam berbisnis yang sesuai dengan situasi dunia selama pandemi COVID-19. Untuk mengetahui tentang transformasi digital, silakan baca ulasan kami di “Apa Definisi Transformasi Digital?”. 

Jika disederhanakan, transformasi digital ini akan mengubah keseluruhan model bisnis dari konvensional ke digital. Salah satu contoh transformasi digital yaitu proses peralihan kegiatan belanja dari offline ke online. Transformasi digital dipilih karena menawarkan proses yang cepat, contactless, dan tidak memakan biaya tinggi. Semua aspek ini tentu sesuai dengan kriteria bisnis yang dibutuhkan selama pandemi COVID-19.  

Indonesia Butuh 9 Juta Tenaga Ahli IT untuk Transformasi Digital

Tantangan terbesar dalam adopsi transformasi digital di ASEAN adalah terbatasnya tenaga ahli IT yang menguasai teknologi terbaru. Oleh karena itu, rencana edukasi teknologi baru ini juga sudah dicanangkan. Ke depannya, perusahaan Jepang akan menawarkan layanan pelatihan teknologi terbaru seperti smart city dan Internet of Things (IoT) kepada perusahaan di ASEAN. 

Sebagai langkah awal, “DX Platform” akan dibangun untuk mendukung perusahaan ASEAN dalam mencari potensi bisnis baru. Dengan adanya DX Platform, perusahaan-perusahaan ASEAN ini dapat menjalankan bisnis dengan risiko infeksi COVID-19 yang rendah. 

Lalu, bagaimana dengan kesiapan bangsa Indonesia? Presiden Joko Widodo sudah melakukan langkah-langkah persiapan untuk proses adopsi transformasi digital. Untuk saat ini, Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta tenaga ahli IT yang menguasai teknologi terbaru, seperti cloud, IoT, AI, dan lainnya. 

AsiaQuest Indonesia (AQI) sendiri memiliki komitmen kuat untuk membantu proses transformasi digital di Indonesia. Kami adalah anak perusahaan dari perusahaan Jepang bernama AsiaQuest Co., Ltd. yang sudah berpengalaman dengan teknologi transformasi digital seperti IoT. Sampai saat ini, kami juga sudah melayani lebih dari seratus perusahaan Jepang di Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda memiliki berbagai kebutuhan untuk transformasi digital, kami akan memberikan layanan dengan teknologi terbaru dan service berstandar Jepang. Silakan hubungi kami melalui menu “Kontak“. 

 

Sumber: Nippon.com

Browse blog by tag

Back To Top