sharpnel_content
Japan Airlines Uji Coba Mesin Check-in Contactless di Bandara Haneda

News 15 Okt 2020


Japan Airlines Uji Coba Mesin Check-in Contactless di Bandara Haneda

Share

Anda yang melakukan perjalanan dengan Japan Airlines (JAL) selama pandemi COVID-19 bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, Japan Airlines melakukan uji coba mesin check-in contactless di Bandara Haneda, Tokyo pada akhir Agustus 2020. JAL sudah menyiapkan dua mesin kiosks contactless untuk menekan kekhawatiran penularan virus antar penumpang.  

Selama pandemi COVID-19, maskapai penerbangan harus menghadapi situasi sulit karena menurunnya permintaan. JAL pun berusaha untuk meningkatkan pelayanan agar penumpang merasa tenang dan nyaman saat menggunakan layanan mereka. Salah satunya adalah dengan menyediakan mesin check-in contactless ini. 

 

Dilengkapi Sensor Gerak, Penumpang Tak Perlu Menyentuh Layar

Mesin kiosks ini berada di Terminal 1 South Wing dari 24 Agustus hingga tanggal 15 September 2020 silam. Untuk lokasinya, mesin ini berada di Counter 18 dari Departure Level.  Mesin check-in contactless ini merupakan bagian dari salah satu layanan JAL untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Untuk mewujudkan rencana ini, Mitsubishi Electric Information System Corp bekerja sama dengan Oki Electric Industry Co untuk mengembangkan mesin ini. Menarik dicatat, mesin check-in contactless ini dilengkapi sensor gerak sehingga penumpang tidak perlu menyentuhnya.

 

Cara Kerja Mesin Check-in Contactless 

Penumpang dapat memilih berbagai opsi dengan menggerakkan jarinya sejauh 3 cm dari layar. Mesin mengandalkan sinyal infra merah untuk mendeteksi gerakan jari tersebut. Dengan demikian, penumpang dapat melakukan check-in secara mandiri dengan panel tanpa menyentuh ini. 

Untuk ke depannya, JAL masih menunggu respon dari pelanggan setianya. Jika mesin check-in contactless ini mendapatkan respon yang positif, JAL akan mempertimbangkan penggunaannya secara masif. 

 

 

Sumber: Thejakartapost.com

Photo by Tango Tsuttie on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top