sharpnel_content
Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Mendesain Website

News 05 Okt 2021


Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Mendesain Website

Share

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika mendesain website. Dan beberapa hal diantaranya tidak sebaiknya dilakukan. Hal-hal tersebut misalnya:

(1) Tidak Menerapkan Responsive Design

Pada banyak artikel kami mengenai web design, kami hampir selalu menyebutkan responsive design. Responsive design penting karena ia memungkinkan setiap website untuk bisa diakses dengan tampilan baik di semua tipe perangkat.

Pengunjung website Anda bisa berasal dari desktop, smartphone, dan tablet sehingga penting untuk Anda tahu apa itu responsive design dan bagaimana cara kerjanya. Lagipula, Google dikenal sangat mempertimbangkan responsive design dalam mengevaluasi website.

(2) Font Tidak Jelas

Ada ribuan jenis font di dunia ini tapi Anda tidak bisa sembarangan memilih font untuk website. Website bertujuan untuk bisa dibaca banyak orang sehingga usahakan pilihan font yang baik, jelas dilihat, dan tidak lebay.

Misalnya Anda sangat suka font yang terlihat seperti tulisan tangan latin lalu ingin menerapkannya ke website, kemungkinan besar website Anda malah akan terlihat aneh dan sulit dibaca.

Font yang tidak jelas dan sulit dibaca bisa menurunkan cognitive fluency atau kemudahan penggunaan bagi pengunjung.

(3) Pakai Terlalu Banyak Jenis Font

Dalam sebuah website memang biasanya menggunakan lebih dari satu tipe font dan style dan itu sah-sah saja. Tapi jika terlalu banyak tipe font dan style font, malah akan membingungkan pengunjung.

Pengunjung bisa terdistraksi dan sulit fokus kepada pesan utama yang ingin disampaikan. Selain itu, usahakan untuk tidak mengganti tipe font dengan sering karena bisa menurunkan cognitive fluency

Sebaiknya Anda fokus ke dua atau tiga jenis font saja untuk digunakan dalam website.

(4) Font Tidak Saling Harmoni

Memadu-madankan font satu dengan yang lainnya menjadi tantangan sendiri. Pasalnya, pilihan font yang tidak bisa saling harmoni bisa terasa mengganggu di mata pengunjung website. Apalagi jika font yang dipilih benar-benar njomplang antara satu dengan yang lainnya.

Jangan sampai ini terjadi karena Anda mempertaruhkan kredibilitas website sekaligus engagement. Tentu Anda tidak ingin pengunjung kabur gara-gara masalah font yang tidak saling harmoni.

(5) Ukuran Gambar Tidak Pas

Website pasti memerlukan gambar agar konten semakin meyakinkan. Gambar juga bisa berfungsi sebagai dekoratif semata. Gambar yang disematkan dalam website harus diatur sedemikian rupa ukurannya agar tidak mengganggu konten-konten lainnya.

Kami sarankan untuk menyewa jasa graphic designer untuk mengurus masalah gambar di website Anda. Graphic designer yang sudah berpengalaman dalam masalah konten di website sudah mengerti ukuran standar gambar dan foto yang tepat, bagaimana penempatan gambar, bagaimana memotong atau me-resize gambar di ukuran yang pas.

Jika Anda menyewa jasa web developer, pastikan tim mereka memiliki graphic designer. Dengan demikian, website Anda akan digarap dengan apik tak hanya dari segi fungsional tapi dari segi desain. 

Ada banyak web developer company yang juga menempatkan graphic designer di dalam in-house tim mereka, misalnya saja AsiaQuest Indonesia.  AsiaQuest Indonesia selama bertahun-tahun telah berpengalaman dalam mendesain dan mengembangkan website yang fungsional dan profesional.

(6) Stok Foto Terlalu Umum

Anda perlu menyiapkan stok foto yang mumpuni agar website Anda terlihat kredibel. Bisa saja Anda menggunakan stok foto yang umum, tapi sebaiknya tetap berpegang pada porsi yang rasional.

Terlalu banyak menggunakan stok foto umum yang bisa didapat secara gratis bisa menghilangkan kejelasan dan makna yang ingin dicapai. Setidaknya, Anda harus meluangkan waktu dan tenaga, mungkin juga sumber daya, untuk menyiapkan stok foto yang berkualitas baik.

Mendesain website membutuhkan skill tersendiri, tidak semua orang bisa melakukannya. Skill ini biasanya dimiliki oleh graphic designer dan UI/UX designer. Seorang graphic designer bisa berkembang menjadi UI/UX designer, dengan proses pembelajaran yang lama dan pengalaman kerja yang tak sedikit.

Desain template untuk website yang ready untuk dipakai memang ada banyak di pasaran, dan dijual dengan murah. Hanya saja, menggunakan template design website yang sudah jadi bisa berisiko membuat perusahaan Anda kehilangan brand.

Nah, jika Anda ingin membuat website dengan citra brand yang disesuaikan dengan perusahaan, kami sarankan untuk menyewa tenaga profesional. Konsultan IT sekaligus web developer company seperti AsiaQuest Indonesia memiliki banyak sumber daya untuk membantu Anda mewujudkan website yang diinginkan.

Referensi: neilpatel.com

Photo by Tranmautritam from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top