sharpnel_content
Intel Kembangkan AI untuk Deteksi Dini Tumor Otak

News 30 Sep 2020


Intel Kembangkan AI untuk Deteksi Dini Tumor Otak

Share

Pengembangan teknologi Artificial Intelligence pada bidang medis berada pada titik yang mengesankan. Ke depannya, dokter dapat mendeteksi dini tumor otak dengan lebih cepat dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Proyek ambisius ini tengah dilakukan oleh Intel Labs bekerja sama dengan Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania.

Menarik untuk diketahui, otak manusia memiliki 100 triliun neurotic access dan 86 miliar neuron yang bekerja nonsetop. Jika ingin meniru sistem kerja otak manusia, ilmuwan dituntut untuk membuat komputasi yang powerful. Proyek pembuatan AI Kuat ini tentu belum dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Namun, bukannya tidak mungkin proyek ini akan berhasil pada masa mendatang. 

Berkat AI, Dokter dapat Deteksi Tumor Otak dengan lebih Cepat dan Akurat

Untuk saat ini, Intel Labs fokus pada proyek peniruan otak manusia dengan membuat sistem komputasi yang handal. Untuk mewujudkan tujuan ini, Intel menggunakan software dan hardware agar proses analisis data dapat berjalan dengan baik.

Tak hanya Intel Labs, lembaga kesehatan dan penelitian dari berbagai negara juga bergabung dalam proyek ini. Lembaga kesehatan dan penelitian ini berasal dari AS, Inggris, Jerman, Kanada, India, dan Swiss.

Nantinya, mereka akan melatih model AI agar dapat melakukan perawatan kesehatan. Meskipun proyek gabungan, data pasien tetap terlindungi karena proyek ini menggunakan pendekatan machine learning.

Dengan demikian, tim peneliti dapat mengakses data dalam jumlah besar dan dalam waktu bersamaan tanpa harus membocorkan data pasien. Dengan memiliki akses ke data ini, peneliti dapat mengembangkan algoritma AI yang dapat mendeteksi dini tumor otak.

Jika pengembangan teknologi AI ini berhasil, mereka dapat menyelamatkan ribuan nyawa karena dapat mendeteksi tumor otak lebih cepat dan akurat. Selain itu, pengembangan AI dan neurotic computing juga bermanfaat untuk mengidentifikasi jenis bau. 

 

 

 

Sumber: Inet.detik.com

People photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top