sharpnel_content
Instagram Trend Report 2022, Cari Tahu yang Paling Prospektif Buat Bisnismu di Tahun Ini

News 28 Jan 2022


Instagram Trend Report 2022, Cari Tahu yang Paling Prospektif Buat Bisnismu di Tahun Ini

Share

Untuk pertama kalinya, Instagram meluncurkan Instagram Trend Report 2022, sebuah panduan untuk tren yang diprediksikan akan muncul di tahun 2022 ini. Instagram Trend Report 2022 ini berdasarkan prediksi mengenai apa yang kira-kira ada di pikiran para generasi Z sekarang ini, demi bisa mempelajari tren yang akan datang.

Tren tersebut meliputi beragam kategori seperti musik, fesyen, kreator dan seleb, kecantikan, keadilan sosial, dan masih banyak lagi lainnya. Instagram bahkan memikirkan dan menganalisis tema-tema pendidikan, ide-ide mengenai karir, fesyen-fesyen para maksimalis, dan hal-hal mendetail lain agar bisa melihat ke depan mengenai apa yang mungkin diinginkan para generasi Z mengenai kultur yang mereka inginkan.

Lalu apa saja hal yang disukai gen Z yang diperkirakan akan ngetren di tahun 2022 nanti? Mari simak ulasannya berikut ini.

Bekerja sama dengan lembaga survei YPulse, sebuah lembaga riset dan insight yang khusus mempelajari Gen Z dan milenial, Instagram berhasil mengetahui 12 hal yang disukai Gen Z pada 2022. Anda yang berbisnis, jangan sampai melewatkan informasi ini karena tentunya akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda di tahun 2022 ini. Berikut adalah 5 di antara 12 hal yang disukai Gen Z di tahun 2022.

(1) Makeup Bahan Aman

Instagram kini berkembang menjadi tempat para beauty blogger untuk berbagi resep kecantikan, merawat diri, hingga skincare yang digunakan. Peminat kategori beauty di Instagram sangatlah besar.

Nah, Instagram sendiri memprediksikan bahwa di tahun 2022 nanti Gen Z akan lebih pemilih dalam urusan beauty, terutama dalam memilih produk skincare yang bahannya aman. Survey menunjukkan bahwa satu dari tiga kaum muda tertarik untuk membeli dan belajar lebih lanjut mengenai make up dan skincare yang aman.

Anda yang berbisnis make up dan skincare bisa memanfaatkan informasi ini untuk memformulasikan produk-produk yang bahannya aman, ramah lingkungan, mungkin plant-based (berbahan tanaman), vegan, dan sebagainya.

(2) Bold Fashion (Gaya Pakaian Berani)

Sudah bukan rahasia kalau Instagram juga jadi platform untuk kaum muda menunjukkan jati diri mereka dalam berpakaian. Fesyen apa yang digandrungi bisa diekspresikan dengan bebas melalui foto dan video yang diunggah.

Menurut survey YPulse, 50 persen remaja dan orang dewasa muda akan lebih aktif dalam menjajal fesyen, terutama untuk jenis fesyen yang bold dan berani seperti dark academia, goblincore, dan vintage.

Kalau Anda berbisnis pakaian, informasi ini tentu sangat berharga. Rumuskan strategi produksi dan penjualan untuk tahun 2022 nanti dengan membuat produk fesyen yang digandrungi tersebut!

(3) Digital Thrift Shop

Thrift Shop adalah tren baru, yaitu menjual barang-barang preloved (bekas). Biasanya Thrift Shop khusus untuk menjual produk fesyen seperti pakaian branded, tas, dan aksesoris. Menurut survey, 23 persen anak muda lebih pilih beli pakaian dari thrift shop alih-alih beli dari toko online ritel ternama.

Selain berkontribusi terhadap lingkungan, thrift shop juga sangat mendukung konsep global sustainability, lho.

Dan, sekitar 27 persen anak muda juga diprediksi lebih suka belanja di feed sosial media secara langsung, khususnya fitur belanja (shop) di dalam aplikasi media sosial.

Anda mungkin ingin menjajal bisnis thrift shop di tahun depan? Mumpung prediksinya bagus, lho. Manfaatkan akun Instagram untuk post jualan thrift Anda, lalu setting agar user bisa berbelanja melalui fitur Shop di Instagram.

(4) Kreator Jadi Seleb

Instagram menyebut para kreator adalah pihak yang berhasil memengaruhi dan menetapkan ‘selera’ orang-orang melalui platform online. Kreator sosial media sekarang bahkan bisa tenar setara selebritas, bahkan bisa melebihi.

Instagram mencatat bahwa empat dari lima kaum muda setuju bahwa selebritis yang lahir dari sosial media (selebgram) lebih memiliki pengaruh ke budaya dibandingkan selebritas sebenarnya yang selama ini kita kenal (aktor, aktris, dsb).

Untuk mendukung kelancaran bisnis, Anda bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram. Seperti yang disebutkan di atas, ternyata influencer dan selebgram ini cukup ampuh untuk jadi agen untuk memengaruhi orang lain. Bayangkan kalau produk Anda dipakai dan diiklankan oleh influencer dan selebgram, tentunya penjualan akan meningkat, lho!

Hanya saja, hati-hati dalam memilih influencer, jangan sampai Anda keliru dan memilih bad influencer. Kenali ciri-ciri bad influencer supaya Anda tak salah pilih brand ambassador produk!

5. Lebih Suka di Dapur

Instagram memprediksikan ke depan kaum muda akan lebih senang bereksperimen di dapur. Waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah membuat kaum muda tertarik untuk mencoba berbagai jenis resep masakan dari internet.

Kaum muda mungkin akan bereksperimen di dapur dengan memanggang roti dan kue-kue yang resepnya dibuat oleh para kreator di media sosial. Pernah lihat video steak semangka yang sedang viral? Ya, mungkin kurang lebih seperti itu gambaran resep-resep viral di media sosial.

Nah, apakah Anda sudah ada gambaran untuk memformulasikan strategi bisnis di tahun 2022 nanti. Instagram Trend Report 2022 bisa menjadi panduan Anda untuk membuat strategi bisnis yang lebih baik dengan mencari tahu apa yang paling disukasi oleh Gen Z.

Referensi:

  1. tekno.kompas.com
  2. Instagram Trend Report 2022

Background photo created by natanaelginting – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top