sharpnel_content
Ini yang Akan Terjadi Pasca Elon Musk Beli Twitter

News 11 Mei 2022


Ini yang Akan Terjadi Pasca Elon Musk Beli Twitter

Share

Sebelum terjadi pembelian Twitter sepenuhnya, Elon Musk di awal tahun sudah membuat publik terkaget-kaget dengan aksi menambah jumlah kepemilikan sahamnya di Twitter menjadi 9%. Saat itu ia sudah sesumbar akan membeli Twitter, menghapus Twitter dari bursa saham, dan kembali menjadikan Twitter sebagai perusahaan private.

Sesumbar Elon Musk kini menjadi nyata. Elon Musk kini resmi menjadi pemilik Twitter setelah menggelontorkan dana sekira USD 44 miliar atau setara dengan Rp 629 triliun. Elon Musk pun kabarnya sudah punya rencana-rencana strategis untuk Twitter ke depannya.

Rencana Elon Musk untuk Twitter tersebut sejatinya belum diumumkan secara resmi, tapi ternyata sudah bocor duluan. New York Times bahkan menyebut rencana Elon Musk untuk Twitter tersebut sebagai ‘terobosan tidak masuk akal’.

Rencana tersebut sejatinya adalah presentasi yang digunakan Elon Musk untuk menggaet investor. Apa saja isi rencana Elon Musk untuk Twitter tersebut? Mari kita lihat berikut ini:

(1) 600 Juta Pengguna Bulanan Twitter di 2025

Akhir tahun 2021 mencatat jumlah pengguna bulanan Twitter berada di angka 217 juta. Elon Musk tampaknya tidak puas di angka tersebut. Demi menarik investor, Elon Musk memasang target yang cukup menantang, yaitu tak kurang dari 600 juta pengguna bulan Twitter di tahun 2025 nanti.

Rencana peningkatan jumlah pengguna bulanan ternyata tak berhenti di tahun itu, pasalnya ia juga sudah punya target 931 juta pengguna bulanan Twitter di tahun 2028. Dengan demikian, selama 6 tahun ke depan Elon Musk dan tim di Twitter harus bekerja keras menaikkan jumlah pengguna bulanan hingga 4 kali lipat jumlah sekarang. Bagaimana mereka akan melakukannya? Mari kita tunggu gebrakannya.

(2) 104 Juta Pelanggan Berbayar

Membeli Twitter tampaknya bukan sekadar membeli barang pajangan bagi Elon Musk. pasalnya, Elon Musk juga punya rencana bisnis di balik pembelian tersebut. Elon Musk tentu tak ingin rugi, Twitter harus mampu menghasilkan pundi-pundi dollar baginya.

Rencana ini tersirat dalam layanan produk X yang hanya bisa dinikmati oleh para pengguna Twitter berbayar. Tidak jelas apa itu produk X tapi Elon berani memasang target 104 juta pelanggan berbayar untuk produk X. Meski belum jelas apa itu layanan produk X, Elon Musk sedikit menyiratkan bahwa layanan ini adalah layanan Twitter yang bebas iklan.

(3) USD 26,4 Miliar Pendapatan di 2028

Dibalik target peningkatan jumlah pengguna bulanan serta usaha menggaet ratusan juta pelanggan berbayar, Elon Musk punya target pendapatan yang cukup menantang, yaitu sekira USD 26,4 miliar pendapatan tahunan Twitter di tahun 2028.

Sebagai catatan, pendapatan tahunan Twitter di tahun lalu saja baru mencapai USD 5 miliar. Jika dihitung-hitung, Elon Musk menargetkan pendapatan tahunan Twitter naik 5 kali lipat di tahun 2028 nanti. Bukan perkara mudah, tapi melihat rekam jejak Elon Musk, siapa tahu?

(4) 45 Persen Pendapatan Iklan di 2028

Pendapatan Twitter saat ini 90 persennya disumbang dari pendapatan iklan. Elon Musk tampaknya tak terlalu suka dengan hal ini. Maka dari itu, Elon berencana memangkas pendapatan Twitter dari iklan menjadi setengahnya saja atau 45 persen dari total pendapatan Twitter.

Dengan demikian, Elon Musk menargetkan pemasukan dari iklan sebesar USD 12 miliar di tahun 2028 nanti.

(5) 159 Juta Pengguna Twitter Blue di 2028

Twitter Blue adalah layanan Twitter berbayar sebesar USD 3 per bulan yang baru diluncurkan pada bulan November 2021 lalu. Pengguna Twitter Blue bisa menikmati artikel bebas iklan, membatalkan twit, dan beberapa layanan lain yang kerap disebut ‘basa basi kecil’.

Elon Musk yang tidak terlalu suka iklan dan cenderung lebih senang pengguna ikut ke layanan Twitter berbayar, memperkirakan pengguna Twitter Blue sebanyak 69 juta di tahun 2025. Tiga tahun kemudian atau tahun 2028, Musk berharap pengguna Twitter Blue akan naik dua kali lipat menjadi 159 juta.

Membeli Twitter seharga USD 44 miliar bukan sekedar sesumbar Elon Musk di twit-twit nya. Nyatanya, Elon Musk punya target-target besar yang bagi orang kebanyakan mungkin terlihat mustahil dan ‘tak masuk akal’. Tapi, kita semua harus setuju bahwa siapapun boleh bermimpi besar.

Tanpa mimpi-mimpi yang besar mungkin kemajuan teknologi yang ada sekarang ini tak bisa diraih dengan sangat cepat. Nah, apakah Anda termasuk yang punya mimpi-mimpi besar seperti Elon Musk? Lewat bantuan teknologi informasi dan komunikasi, mimpi-mimpi besar Anda bisa lebih mudah dicapai.

AsiaQuest Indonesia adalah web developer company di Jakarta yang khusus membantu klien-klien pebisnis yang ingin terjun ke persaingan global lewat digitalisasi bisnis. Hubungi kami untuk diskusi seru mengenai bisnis digital dan bagaimana digitalisasi bisnis bisa menjadi solusi untuk masalah Anda.

Referensi:

  1. Elon Musk Ungkap Rencana Besar Dirinya Bersama Twitter
  2. Musk Menargetkan Pendapatan Tahunan Twitter Naik Lima Kali Lipat di 2028

Image: Elon Musk (@elonmusk) / Twitter

Browse blog by tag

Back To Top