sharpnel_content
Ingin Bangun Startup? Coba Ikuti Kompetisi HighPitch!

News 24 Nov 2020


Ingin Bangun Startup? Coba Ikuti Kompetisi HighPitch!

Share

Demam serial Netflix Start-Up telah menjangkiti masyarakat dunia, termasuk pencinta drakor di Indonesia. Drama ini menuai popularitas bukan tanpa alasan. Selain kisah cinta segitiga yang menggemaskan, perjalanan Seo Dal Mi dan Nam Do San dalam membangun perusahaan startup pun sangat menarik untuk disimak. Anda yang menonton drama ini dijamin akan termotivasi untuk membangun startup juga. 

Laiknya Samsan Tech yang berjuang untuk bisa masuk ke SandBox Hackathon, Anda juga bisa memulai membangun startup dengan mengikuti kompetisi HighPitch. HighPitch adalah kompetisi startup nasional yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan ALTIRA dan UGM IdeaLab. 

Meskipun digelar di tengah-tengah pandemi, kompetisi startup nasional HighPitch 2020–National Online Startup Pitching Competition ini sama sekali tidak sepi peminat. Faktanya, ada sekitar 200 perusahaan startup dan UMKM yang mendaftar dalam kompetisi ini. Tingginya jumlah pendaftar pada kompetisi ini menjadi sinyal positif akan adanya geliat ekonomi kreatif di Indonesia. 

Memperluas Jaringan Bisnis dan Daya Saing Startup di Indonesia


HighPitch 2020 digelar dengan tujuan untuk melebarkan jaringan pelaku UMKM dan perusahaan startup di Indonesia. Selain itu, para peserta berkesempatan untuk mengakses sumber pendanaan. Seperti yang kita tahu, sumber dana adalah kendala utama yang mesti dihadapi para pelaku perusahaan startup

Dengan mengikuti HighPitch 2020, perusahaan startup ini memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan suntikan dana dari perusahaan modal ventura (VC). Jadi, Anda yang memenangkan kompetisi ini akan mendapatkan suntikan dana dan memakainya untuk mengembangkan bisnis! 

Lebih lanjut, perusahaan startup yang bisa mendaftar kompetisi ini harus memenuhi beberapa kriteria. Berikut ini kriteria yang harus dipenuhi calon pendaftar HighPitch 2020. 

  1. Perusahaan startup ataupun UMKM harus menggunakan teknologi digital dalam model bisnisnya. Ada 25 sektor bisnis yang dapat mendaftar dalam HighPitch 2020, seperti aplikasi, periklanan, fashion, kuliner, pariwisata, edukasi, dan lainnya. Untuk detail sektor bisnis, silakan mengecek di highpitch.id.
  2. Sudah memiliki badan usaha seperti Perseroan Terbatas (PT). 
  3. Sudah memasarkan produknya dan mampu menjelaskan keunggulan produk dari segi penjualan, pengguna, unduhan, dan lainnya. 
  4. Siap menerima suntikan dana dari investor institusi ataupun pribadi. 
  5. Memiliki pendapatan minimal sebesar Rp100 juta dengan tingkatan, yaitu Tier 1 (Rp100-Rp500 juta), Tier 2 (Rp501-Rp1 miliar), dan Tier 3 (lebih dari Rp1 miliar).

Nah, apakah Anda sudah memenuhi kriteria di atas? Pendaftaran kompetisi ini sudah ditutup pada 3 November 2020. Meskipun kompetisi ini sudah ditutup tahun ini, Anda dapat mengikutinya tahun depan. Anda masih memiliki waktu setahun untuk segera membangun perusahaan startup dan mencoba peruntungan pada kompetisi HighPitch2021! 

 

Sumber: 

  1. Medcom.id
  2. Highpitch.id

Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top