sharpnel_content
Influencer Marketing Bantu Brand Raup Cuan hingga 11 Kali Lipat!

News 06 Jan 2021


Influencer Marketing Bantu Brand Raup Cuan hingga 11 Kali Lipat!

Share

Influencer marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan influencer media sosial. Influencer media sosial ini, meliputi YouTuber, blogger, vlogger, dan selebgram yang memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya. Sementara itu, influencer marketing menurut ahli dari HireInfluence adalah sebuah bentuk pemasaran di mana perusahaan merekrut influencer untuk mempromosikan brand mereka melalui media sosial

Jadi, konsep influencer marketing ini sudah jauh berbeda dari konsep pemasaran tradisional. Kini Anda tidak harus menjadi selebriti yang wara-wiri di layar kaca agar bisa mengiklankan suatu produk atau jasa. Apabila Anda memiliki popularitas yang tinggi di media sosial, Anda pun berkesempatan menjadi garda depan influencer marketing

Nantinya, influencer bertugas untuk mempromosikan, meng-endorse, ataupun me-review produk atau jasa dari klien di platform media sosial. Manfaat dari influencer marketing adalah brand dapat membangun branding, awareness, engagement sampai meraup konversi dengan jumlah yang mencengangkan, lho! Menurut jeffbullas.com, influencer marketing dapat menghasilkan konversi hingga sebelas kali lipat dari bujet investasi yang dikeluarkan.  

Lantas, mengapa influencer marketing lebih efektif dari strategi digital advertising?

 

Influencer Marketing Menjanjikan Konversi yang Bertumpu pada Kepercayaan dan Loyalitas

Dibandingkan strategi pemasaran lainnya, seberapa efektif influencer marketing? Jika kita telaah lebih jauh, influencer marketing adalah evolusi dari pemasaran mulut ke mulut. Mengingat digital advertising tengah memasuki fase krisis, pemasaran mulut ke mulut tentu lebih relevan dengan kondisi masyarakat. 

Usut punya usut, jutaan pengguna internet telah memasang adblock di perangkat mobile dan desktop. Dengan demikian, digital advertising kurang efektif untuk mempromosikan suatu brand. Sebelum pesan brand tersampaikan, pengguna sudah lebih dulu memblokade iklan Anda. Artinya, iklan Anda tidak akan sampai ke pengguna. 

Kondisi berbeda dengan pemasaran mulut ke mulut. Menurut sebuah riset dari Nielsen, sebesar 92% konsumen akan melakukan pembelian dari rekomendasi, saran, atau review dari keluarga, teman, dan orang yang mereka percaya. 

Lalu, di manakah posisi influencer? Influencer masuk dalam kategori orang yang dipercaya. Dibandingkan membeli produk atau jasa secara acak di internet, Anda pasti lebih prefer membeli produk dari influencer yang Anda ikuti atau kagumi, bukan? Maka dari itu, strategi pemasaran influencer marketing yang bertumpu pada kepercayaan dan loyalitas lebih efektif. 

Terlebih lagi, jika Anda mengikuti micro-influencer atau influencer dengan pengikut menengah, tetapi expert pada bidang tertentu. Influencer ini akan menginspirasi atau mempengaruhi pengikutnya untuk membeli produk atau jasa. 

Influencer yang sudah expert pada bidang tertentu tentu sudah mencoba sendiri produk atau jasa sehingga review produk jauh lebih terpercaya. Anda yang sudah mengikuti rutinitasnya pun tergugah untuk membeli produk yang mereka rekomendasikan. Fakta menarik lainnya, micro-influencer ini dapat menciptakan konversi yang lebih besar dari mega influencer dengan pengikut yang jauh lebih banyak, lho! 

 

Contoh Influencer Marketing: Selebgram dan Endorse  

Anda tentu juga akrab dengan istilah selebgram, bukan? Nah, istilah selebgram berasal dari gabungan kata selebritis dan Instagram. Dengan demikian, selebgram adalah tokoh yang yang berhasil meraih popularitas di Instagram. Selebgram ini pun bisa menjadi salah satu alat influencer marketing yang efektif untuk meraup konversi. 

Salah satu contoh topik influencer marketing yang populer di media sosial adalah kecantikan. Kami mengambil satu contoh influencer dan beauty vlogger yang expert dalam bidang kecantikan yaitu Molita Lin. 

Molita Lin memiliki cara me-review produk secara andal, jujur, dan detail sehingga memiliki pengikut loyal yang banyak. Sampai-sampai, Molita Lin digandeng Goban Cosmetics untuk merilis lipstik Goban Molita Lin. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Molita Lin (@molita_lin)

Dengan makin aktifnya media sosial di Indonesia, peluang influencer marketing pun makin besar. Anda yang masih kebingungan dalam memilih strategi pemasaran, tidak ada salahnya untuk menjajal influencer marketing! Jika dijalani dengan tepat, tidak menutup kemungkinan Anda akan meraup cuan hingga 11 kali lipat, lho. 

Sedikit info, Anda dapat mencari daftar influencer di influencer marketing hub atau platform yang sudah mulai berjamuran di internet.  

 

 

Sumber: 

  1. Jeffbullas.com 
  2. Subscriptionschool.com
  3. Nielsen.com
  4. Marketingcraft.getcraft.com

Photo by Lukas from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top