sharpnel_content
Indonesia Butuh 9 Juta Tenaga Ahli IT?

News 21 Agu 2020


Indonesia Butuh 9 Juta Tenaga Ahli IT?

Share

Jika saat ini si kecil gemar mengutak-atik smartphone atau laptop, jangan langsung dimarahi, ya. Siapa tahu, anak Anda adalah sosok bertalenta yang dibutuhkan oleh Presiden Jokowi pada masa depan. Sehubungan dengan adanya rencana adopsi transformasi digital secara besar-besaran, Indonesia butuh 9 juta tenaga ahli IT hingga 15 tahun mendatang! 

Sejak adanya pandemi COVID-19, kehidupan masyarakat dunia berubah total. Segala aktivitas yang dulunya dilakukan secara offline, kini beralih ke online. Anak-anak bersekolah secara daring dan orang tua bekerja secara remote dengan bekal laptop dan koneksi internet. Saat akan berbelanja, Anda pun membeli secara online yang contactless. 

Untuk memenuhi semua kebutuhan ini, pemerintah harus menyiapkan infrastruktur digital yang baik. Dengan demikian, seluruh aktivitas masyarakat dapat diakomodasi dengan baik. Namun, untuk mengadopsi transformasi digital ini dibutuhkan tenaga ahli IT yang menguasai teknologi terbaru. Teknologi yang dimaksud yaitu cloud, mobile, AI, IoT, dan lainnya. 

Indonesia Butuh 9 Juta Tenaga Ahli IT untuk 15 Tahun ke Depan!

Sayangnya, Indonesia belum memiliki banyak tenaga ahli IT yang menguasai teknologi-teknologi ini. Oleh sebab itu, tugas berat Indonesia saat ini adalah mencetak tenaga ahli IT yang berkualitas dan skillful.  Dengan adanya tenaga ahli IT ini, proses transformasi digital bisa berjalan lebih cepat dan ekonomi Indonesia akan segera pulih.

Tak bisa dimungkiri, pandemi COVID-19 memang telah memberikan pukulan yang mendalam bagi perekonomian nasional dan internasional. Transformasi digital pun dipercaya sebagai salah satu solusi agar perekonomian bisa segera bangkit. 

Menurut presiden, Indonesia setidaknya membutuhkan 600 ribu tenaga ahli IT per tahun. Dengan demikian, Anda masih memiliki waktu untuk mengarahkan si kecil untuk belajar IT atau digital dengan lebih serius. Kalau bukan anak, mungkin Anda tertarik untuk menjadi bagian dari tim penggerak transformasi digital di Indonesia? 

 

Sumber: Cnbcindonesia.com

 

Browse blog by tag

Back To Top