sharpnel_content
HP 5G Mulai Marak, Perlukah Segera Upgrade HP?

News 16 Des 2021


HP 5G Mulai Marak, Perlukah Segera Upgrade HP?

Share

Pabrikan ponsel diketahui mulai meluncurkan ponsel-ponsel 5G ke Indonesia. Vendor asal Korea Selatan seperti Samsung dan beberapa merek lain seperti OPPO, VIVO, dan Xiaomi tak ketinggalan mulai merilis ponsel-ponsel seri teranyar dengan varian 5G. Lantas, apakah kita perlu segera upgrade ke ponsel 5G?

Sejak bulan Mei 2021, tiga operator seluler Indonesia yaitu Telkomsel, XL, dan Indosat sudah meluncurkan layanan jaringan 5G. Dengan demikian, ponsel-ponsel yang mendukung jaringan 5G sudah bisa menikmati jaringan 5G beserta segala kelebihannya.

Jaringan 5G adalah jaringan tercepat yang ada saat ini. Jaringan 5G jauh lebih cepat dari jaringan 4G yang kini sudah marak di Indonesia. Hanya saja, tak semua wilayah di Indonesia bisa menikmati jaringan 4G. Ada area-area terpencil yang belum menikmati jaringan 4G. Jika 4G saja masih belum merata, apalagi jaringan 5G yang terhitung masih baru.

Untuk ini, masyarakat yang ingin meng-upgrade ponsel dengan membeli ponsel 5G tentu harus sudah menimbang-nimbang beberapa hal, yaitu seperti di bawah ini:

(1) Apakah Simcard yang Dipakai Mendukung 5G?

Sebelum membeli ponsel 5G, pastikan untuk mengetahui simcard apa saja yang sudah mendukung jaringan 5G. Di Indonesia, baru ada 3 operator seluler yang mendapatkan izin untuk menyediakan layanan jaringan 5G, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL.

Jika simcard Anda adalah salah satu atau salah dua di antara tiga di atas, maka tidak ada masalah. Pasalnya, untuk menggunakan jaringan 5G terutama untuk pelanggan Telkomsel, tidak perlu melakukan upgrade simcard. Asalkan simcard sudah 4G, bisa langsung menikmati jaringan 5G, yang tentunya hanya tersedia di area tertentu saja saat ini.

Lain halnya kalau simcard yang Anda gunakan selain 3 operator seluler yang disebutkan di atas. Anda perlu membeli salah satu simcard dari 3 operator seluler. Perhatikan juga berapa simcard yang sudah Anda punya sekarang ini karena pemerintah membatasi maksimal nomor simcard yang boleh dimiliki seseorang hanya sebanyak 3 nomor.

(2) Apakah Area Tempat Tinggal atau Tempat Berada Tersedia Jaringan 5G?

Jaringan 5G saat ini sangat terbatas hanya tersedia di beberapa area saja. Anda harus mencari tahu area-area mana saja yang sudah mendukung jaringan 5G. Bila area tidak mendukung 5G, akan mubazir untuk membeli ponsel 5G.

Kalau Anda yakin tempat Anda tinggal atau tempat Anda sering berada setiap hari (misal kantor) sudah mendukung jaringan 5G, maka ponsel 5G yang Anda beli takkan mubazir. Tapi kalau tempat Anda tinggal tidak mendukung 5G, kantor tempat Anda bekerja pun sama saja, maka sebaiknya tunda dulu beli ponsel 5G.

(3) Ponsel Harus Mendukung Frekuensi yang Tersedia

Poin penting lain sebelum upgrade ke ponsel 5G yaitu pastikan ponsel yang Anda pilih mendukung rentang frekuensi yang tersedia. Telkomsel misalnya, mereka menggunakan frekuensi 2,3GHz sementara Indosat menggunakaan frekuensi 1,7GHz.

Kemudian, teknologi 5G sub-6 ideal jika bekerja di spektrum 80 – 100MHz sementara Telkomsel sendiri baru bisa memakai spektrum 30MHz di frekuensi 2,3GHz. Spektrum ini diibaratkan seperti jalur. Jadi, 5G baru akan terasa ngebutnya di jalanan dengan lebar 100 jalur sementara yang tersedia sekarang baru 30 jalur.

(4) Kebutuhannya Apa?

Kecepatan internet 5G disebut-sebut 100 kali lipat daripada 4G sehingga konon kalau mau mengunduh film durasi 2 jam bisa selesai kurang dari 10 detik. Selain itu, internet 5G juga disebut sangat cocok untuk membuka konten berbasis virtual reality.

Akan tetapi, saat ini belum banyak tersedia konten-konten yang bisa secara maksimal memanfaatkan koneksi 5G. Konten-konten yang ada sekarang ini masih cukup bagus diakomodasi oleh koneksi 4G.

Nah jika demikian, pertanyakan kembali kebutuhan Anda. Kebutuhan ber-media sosial dan YouTube masih bisa diakomodasi dengan baik oleh 4G sehingga menggunakan 5G yang masih terbatas rasanya kurang worth it untuk saat ini.

Referensi:

  1. infokomputer.grid.id
  2. tekno.sindonews.com
  3. www.kompas.com

Image from Pixabay

Browse blog by tag

Back To Top