sharpnel_content
Hapus Jejak Digital di Internet? Begini Caranya

News 03 Jun 2022


Hapus Jejak Digital di Internet? Begini Caranya

Share

Setiap hari kita manusia modern yang menggunakan gadget meninggalkan jejak di internet. Entah itu mencari gambar, menonton video, mencari sebuah lokasi, dan masih banyak aktivitas lainnya, semuanya terekam dengan baik oleh internet.

Jejak ini terkadang tidak kita sadari. Saking nyamannya menggunakan gadget dan internet, kita tidak menyadari adanya jejak yang tertinggal. Keberadaan jejak digital ini kadang bermanfaat di kemudian hari, tapi terkadang tidak baik juga.

Jejak digital ini kalau kita sendiri yang mengetahuinya mungkin tidak bermasalah, tapi jadi bermasalah bila ada orang lain yang mengaksesnya. Orang lain bisa dengan mudah mengetahui apa yang kita cari, apa yang kita simpan, tempat yang dikunjungi, dan banyak hal lainnya.

Oleh karena semakin banyaknya aplikasi dan penggunaan internet menjadi semakin beragam, maka penting bagi kita untuk membatasi jejak digital yang dilacak oleh internet. Kalau Anda sudah telanjur meninggalkan jejak digital dimana-mana, maka sudah saatnya Anda hapus jejak digital di internet.

Ada beberapa cara untuk meminimalisir agar Anda tidak terlalu banyak meninggalkan jejak di internet. Simak ulasannya berikut ini:

(1) Hapus Browser History

Setiap Anda mencari sesuatu melalui browser di komputer ataupun handphone, entah itu Google Chrome, Firefox, Safari, Bing, dsb, pasti akan terekam riwayatnya di browser history (histori penjelajahan). Histori penjelajahan tersebut lambat laun akan penuh.

Maka dari itu, penting untuk senantiasa meninjau histori penjelajahan kemudian menghapus semua jejak pencarian. Untuk menghapus histori penjelajahan, simak caranya berikut ini:

Google Chrome:

  1. Buka browser Google Chrome, bisa di komputer/laptop dan handphone.
  2. Klik titik tiga di pojok kanan atas > History. Khusus browser di komputer/laptop bisa gunakan shortcut CTRL+H agar lebih cepat.
  3. Klik Clear Browsing Data.
  4. Pilih Basic atau Advanced.
  5. Untuk Advanced, Anda bisa pilih Time Range: All time, Last Hour, Last 24 hrs, Last 7 days, atau Last 4 weeks. Menu Advanced juga menyediakan lebih banyak opsi seperti hapus cache dan cookies, hapus password yang tersimpan, autofill suggestion, dan beberapa hal lain.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan menu advanced agar histori penjelajahan bisa terhapus sepenuhnya. Step by step di atas juga berlaku untuk penghapusan histori penjelajahan di browser Chrome pada telepon genggam.

Safari:

  1. Buka browser Safari di Mac atau iPhone Anda.
  2. Klik ikon di pojok kiri atas, pilih History.
  3. Klik Clear di kanan bawah.
  4. Pilih All time, Today and yesterday, Today, atau The last hour.

Kami merekomendasikan untuk memilih All time agar riwayat penjelajahan bisa terhapus sepenuhnya. Step by step di atas berlaku juga untuk penghapusan histori penjelajahan di iPhone.

(2) Matikan Web&App Activity

Jika tidak ingin kerepotan menghapus histori penjelajahan secara rutin, Anda bisa saja mematikan tracking web&app activity, beserta beberapa settingan tracking lainnya seperti Location History dan YouTube history.

Untuk mematikan tracking activity, simak caranya berikut ini. Masuklah ke akun Google Anda yaitu dengan mengklik Manage Your Google Account.

Di sini Anda bisa meninjau seluruh pengaturan akun Google Anda.

Untuk mematikan pengaturan history, klik menu Data&Privacy. Skrol ke bawah untuk menemukan History Settings seperti pada gambar di bawah ini:

Pilih settings yang ingin Anda matikan, atau Anda bisa memilih ketiganya sekaligus. Pengaturan yang tersedia adalah Web&App Activity, Location History, dan YouTube History. Dengan mematikan ketiga hal tersebut, Google tidak akan menyimpan riwayat aktivitas Anda di website dan aplikasi, lokasi map Anda, serta aktivitas Anda di YouTube. Dengan begini, Anda bisa meminimalisir jejak digital Anda di internet.

(3) Menggunakan Browser Incognito

Browser Incognito adalah browser yang tidak menyimpan histori penjelajahan Anda di browser. Menggunakan mode incognito lumayan menghemat tenaga karena ia tidak menyimpan histori penjelajahan.

Jika Anda orang yang berselancar di internet untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting atau sekedar ingin mencari berita, maka menggunakan incognito lumayan membantu, lho.

(4) Menggunakan Software Deleter

Anda mungkin punya file-file yang sudah tidak dipakai tapi informasi di dalamnya tidak boleh diketahui siapapun. Perusahaan profesional biasanya menggunakan software khusus untuk menghapus file secara permanen.

Software tersebut biasanya disediakan perusahaan pihak ketiga. Setiap file, apapun itu bentuknya, akan dihapus tanpa meninggalkan jejak apapun. Bahkan untuk memulihkannya pun tidak mungkin dilakukan.

Hanya saja untuk menggunakan software untuk menghapus file biasanya berbayar. Ada biaya tertentu yang harus dibayarkan agar Anda bisa menikmati layanan tersebut. Untuk menemukan software penghapus data secara permanen, Anda bisa mencarinya di Google.

Referensi:

Cara Hapus Jejak Digital di Internet, Harus Mulai Dibiasakan!
Matrix vector created by starline – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top