sharpnel_content
Google Siap Kucurkan 14 Triliun untuk Perusahaan Media

News 09 Okt 2020


Google Siap Kucurkan 14 Triliun untuk Perusahaan Media

Share

Google siap mengucurkan dana sebesar 14 triliun untuk membayar perusahaan media. Disarikan dari Inews.id, CEO Google, Sundar Pichai meyakini bahwa industri media yang kuat sangat dibutuhkan untuk menciptakan masyarakat yang demokratis. Nantinya, dana ini akan dibayarkan kepada perusahaan media selama tiga tahun ke depan. 

Untuk sistematika pemilihan perusahaan media, Google mengandalkan aplikasi Google News Showcase. Nantinya, Google News Showcase akan mengkurasi media mana saja yang sesuai dengan kriteria dari Google. Namun, sebelum dirilis secara massal, aplikasi ini akan diuji-coba di dua negara yaitu Jerman dan Brasil. Baru sesudahnya aplikasi ini akan dirilis di negara lainnya. 

Google News Showcase Dipakai untuk Mengkurasi Perusahaan Media di Dunia

Berkaitan dengan uji coba ini, perusahaan media di Brasil dan Jerman pun melakukan pendaftaran untuk pengujian Google News Showcase. Kedua media ini adalah Folha de S. Paulo dari Brasil dan Die Zeit serta Der Spiegel dari Jerman. 

Di sisi lain, kebijakan Google yang bersedia untuk melakukan pembayaran kepada perusahaan media ini dinilai sebagai sebuah keputusan besar. Dulunya, Google enggan membayar perusahaan media padahal sering memakai konten dari perusahaan tersebut. 

Sampai akhirnya, perusahaan media seperti News Corp dan Axe Springer pun mengajukan tuntutan pembayaran. Pada akhirnya Google luluh juga. CEO News Corp, Robert Thompson pun turut mengapresiasi Google yang akhirnya mengakui perusahaan media. 

Terlebih lagi, masyarakat global sudah banyak yang beralih ke media online dan meninggalkan media cetak. Dengan demikian, akses ke internet dan Google sendiri makin tinggi. Melihat adanya peluang ini, Google ingin membantu perusahaan media untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang demokratis. 

 

Sumber: Inews.id

Photo by Mitchell Luo on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top