sharpnel_content
Film Hollywood yang Bikin Kamu Paham Konsep VR

News 07 Des 2021


Film Hollywood yang Bikin Kamu Paham Konsep VR

VR
Share

Facebook saat ini jadi pembicaraan karena keputusan Mark Zuckerberg mengganti nama perusahaan Facebook, Inc menjadi Meta Platform, Inc demi mewujudkan dunia Metaverse. Dunia Metaverse yang selama ini menjadi dunia impian Mark Zuckerberg adalah dunia dimana orang berinteraksi secara digital dengan memanfaatkan teknologi AR dan VR.

Memahami konsep dunia Metaverse mungkin terlihat sulit jika hanya sekedar membaca deskripsinya. Tapi, kalau Anda mau mencari, sejatinya konsep dunia Metaverse mirip dengan yang kita lihat di film-film kelas Box Office Movie produksi Hollywood.

Film-film di bawah ini sudah muncul jauh sebelum dunia Metaverse ala Zuckerberg meluncur ke publik. Film-film di bawah ini akan membantu Anda memahami bagaimana konsep VR dan proyeksi penggunaannya di masa depan.

(1) Ready Player One

Film pertama yang kami rekomendasikan adalah film Ready Player One. Ready Player One adalah film fiksi ilmiah (science fiction) yang dirilis tahun 2018. Film ini mengisahkan dunia realitas virtual bercampur dunia nyata berlatar tahun 2045. Di tahun tersebut, penggunaan teknologi VR sudah biasa layaknya kita menggunakan HP sehari-hari.

Di film tersebut, masifnya penggunaan VR membuat kabur batas antara dunia nyata dan dunia realitas virtual. Dunia di tahun 2045 terjadi banyak kekacauan sehingga penduduk harus menghadapi kerasnya hidup.

Akan tetapi, meski dunia nyata kacau balau, penduduknya masih punya dunia realitas virtual yang menawarkan mereka kehidupan lain yang mereka inginkan. Dunia realitas virtual bernama OASIS ini sangat populer dan menjadi kehidupan kedua bagi siapapun yang merasa gagal di dunia nyata.

Penduduk dunia nyata menggunakan kacamata/gogles VR untuk memasuki dunia realitas virtual. Gogles VR yang digunakan dalam film tersebut bisa kita temui di dunia nyata sekaran ini karena sudah banyak diproduksi dan biasa dipakai untuk main game.

Tonton Trailer Ready Player One di video berikut:

(2) Tron: Legacy

Tron: Legacy dirilis pada tahun 2010. Film ini mengisahkan petualangan Sam (Garrett Hedlund) ke dunia realitas virtual yang dinamai Grid. Dunia virtual Grid ini dibuat oleh ayah Sam yang menghilang secara misterius pada tahun 1989.

Secara tidak sengaja Sam menemukan dunia virtual Grid tersebut, bahkan terlempar ke dalam dunia tersebut. Grid ternyata dunia yang sangat kompleks dan maju. Sam tertangkap petugas dalam Grid dan dibawa ke The Games dimana ia harus bertanding melawan program bernama Rinzler.

Selain harus mengalahkan Rinzler, Sam juga berhadapan dengan Clu, yaitu penguasa The Grid. Clu mengambil wujud ayah Sam ketika masih muda.

Film Tron: Legacy diproduksi oleh Warner Bros dan menyuguhkan tampilan CGI yang apik. Jalan ceritanya juga bisa membuat kita mendapatkan gambaran mengenai dunia virtual. Kalau Anda masih sangat awam dengan dunia virtual, coba nonton Tron: Legacy dan jelajahi dunia virtual yang mengagumkan.

Tonton Trailer Tron: Legacy di video berikut:

(3) Jumanji

Jumanji adalah film komedi petualangan di dunia games. Jumanji dibintangi bintang papan atas Hollywood seperti The Rock, Kevin Hart, Jack Black, dkk.

Jumanji mengisahkan sekelompok remaja yang menemukan perangkat video games yang bisa membawa mereka ke dunia virtual. Dalam dunia virtual tersebut, mereka diharuskan mengikuti petualangan dengan misi tertentu.

Masing-masing diberikan beberapa nyawa. Persis seperti main game, ketika karakter tewas maka nyawa akan berkurang. Para pemain harus berhati-hati untuk menjaga nyawa yang tersisa agar tidak menghilang selamanya.

Jumanji memiliki beberapa sekuel film dengan dibintangi pemain yang sama. Film-film Jumanji selalu meledak di pasaran. Coba tonton Jumanji dan nikmati guyonan yang mengocok perut dari aktor The Rock, Kevin Hart, dan Jack Black, sembari belajar apa yang bisa dilakukan dan terjadi dalam dunia virtual.

Tonton Trailer Trailer Jumanji: The Next Level di video berikut:

(4) The Call Up (2016)

The Call Up menceritakan petualangan sekelompok gamer pro yang diundang sebuah perusahaan game untuk memainkan game yang baru dibuat perusahaan tersebut. Hadiah yang dijanjikan membuat para gamer ini tergiur meski tahu bahwa jika terbunuh dalam game, mereka juga akan tewas di dunia nyata.

Para gamer ini dilengkapi teknologi canggih dilengkapi dengan teknologi virtual reality dan sensor-sensor tubuh agar mereka bisa merasakan apa yang terjadi di dunia virtual. Seperti apa keseruan dunia virtual dari The Call Up? Saksikan trailernya di bawah ini:

(5) Virtual Revolution (2016)

Film yang juga mengangkat dunia virtual reality adalah Virtual Revolution yang dirilis tahun 2016. Film ini menceritakan sebuah mega city dengan penduduknya yang menghabiskan waktunya di dunia virtual.

Seorang agen yang bekerja untuk perusahaan yang menciptakan dunia virtual tersebut kemudian melacak dan memburu teroris yang berusaha mengancam kelangsungan dunia virtual tersebut.

Trailer Virtual Revolution (2016)

Warning: Virtual Revolution mengandung tayangan yang tidak cocok untuk anak di bawah umur.

Film-film di atas hanyalah sedikit contoh mengenai film genre fiksi ilmiah yang terutama mengangkat tema dunia realitas virtual. Dunia realitas virtual yang selama ini hanya kita lihat di film-film sangat mungkin akan terwujud di masa depan. Apakah Anda tertarik dengan dunia realitas virtual?

Referensi: YouTube
Pattern photo created by wirestock – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top