sharpnel_content
FAQ Seputar Kotlin

News 25 Okt 2021


FAQ Seputar Kotlin

Share

Kotlin saat ini menjadi bahasa pemrograman modern yang populer digunakan terutama di kalangan pengembang aplikasi mobile. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai Kotlin.

Apakah Kotlin Gratis?

Jawabannya adalah ya, Kotlin gratis. Mengapa Kotlin gratis? Itu karena Kotlin merupakan proyek open source yang berada di bawah naungan lisensi Apache v. 0.2.

Apakah Kotlin Kompatibel dengan Java?

Ya, Kotlin kompatibel dengan Java. Salah satu karakteristik Kotlin adalah interoperabilitas dengan Java. Kode yang ditulis dengan bahasa Java bisa dibaca oleh Kotlin, dan begitu juga sebaliknya. Bahkan sekarang tersedia tools untuk mengkonversi Java ke Kotlin.

Kotlin Dipakai untuk Apa?

Kotlin adalah cross platform programming language, sehingga ia bisa dipakai untuk banyak hal dan di banyak tempat. Ia fleksibel untuk beragam jenis pengembangan, baik itu server-side maupun client-side web development, serta pemrograman aplikasi android.

Apa Kotlin Bisa untuk Programming Android?

Google telah mengumumkan bahwa Kotlin saat ini adalah first-class language di Android, sehingga tentu saja Kotlin sangat bisa dipakai untuk pemrograman Android. Sudah ada banyak aplikasi yang dibangun dan dikembangkan menggunakan Kotlin, misalnya Pinterest, Netflix, Coursera, Uber, etc.

Apa Kotlin Bisa untuk Server-Side Development?

Kotlin didesain untuk platform Java Virtual Machine (JVM) dan Android yang mengombinasikan fitur pemrograman berorientasi objek dan fungsional. Kotlin bisa digunakan dengan framework yang sudah ada seperti Spring Boot, vert.x, dan JSF.

Apa Kotlin Bisa untuk Client-Side Development?

Kotlin bisa digunakan untuk client-side development melalui DefinitelyTyped untuk mendapatkan pengetikan statis untuk library JavaScript. Kotlin juga kompatibel dengan sistem modul AMD dan CommonJS.

Apakah Kotlin Susah?

Kotlin sangat dipengaruhi oleh Java, C#, JavaScript, Scala, dan Groovy. Maka dari itu, jika Anda familiar dengan salah satu bahasa tersebut, akan lebih mudah untuk memahami Kotlin.

Dimana bisa Belajar Kotlin?

Anda bisa belajar Kotlin secara online misalnya situs Kotlinlang.org. Tersedia juga buku untuk belajar Kotlin misalnya yang berjudul Atomic Kotlin, Head First Kotlin, Kotlin in Action, Kotlin Programming: The Big Nerd Ranch Guide, Programming Kotlin, dan The Joy of Kotlin.

Adakah Kursus untuk Belajar Kotlin?

Ada beberapa kursus yang tersedia untuk belajar Kotlin:

  1. Pluralsight Course: Getting Started with Kotlin oleh Kevin Jones
  2. O’Reilly Course: Introduction to Kotlin Programming oleh Hadi Hariri
  3. Udemy Course: 10 Kotlin Tutorials for Beginners oleh Peter Sommerhoff

Sumber: Kotlinlang.org

Photo by Ann H from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top