sharpnel_content
Lewat Neuralink, Elon Musk Berhasil Tanam Chip ke Otak Babi

News 30 Sep 2020


Lewat Neuralink, Elon Musk Berhasil Tanam Chip ke Otak Babi

Share

Elon Musk berhasil membuktikan bahwa menanam chip ke otak babi bukanlah suatu hal yang mustahil. Melalui perusahaan Neuralink, Elon Musk melakukan proyek luar biasa yaitu menanam chip ke dalam otak babi. Proyek ini merupakan sebuah batu loncatan untuk menanam chip ke otak manusia pada masa mendatang.

Uji coba ini dilakukan ke otak babi yang dinamai dengan Gertrude. Sebuah chip berukuran 23 milimeter dengan beberapa kabel kecil ditanam di salah satu otak Gertrude. Berkat adanya chip ini, peneliti dapat melihat aktivitas saraf otak dalam bentuk grafik. Saat sang babi mencium sesuatu, nantinya akan ada peningkatan aktivitas saraf otak yang dapat diamati. 

Chip untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

Sampai saat ini, sudah ada tiga babi yang ditanami chip di otaknya. Ketiganya dalam kondisi baik dan sehat bahkan tidak bisa dibedakan dengan babi tanpa chip. Dilansir dari DetikINET, Musk menggoda masyarakat bahwa bukannya tidak mungkin chip tersebut sudah ditanam di otaknya. 

Hal ini menunjukkan betapa percaya dirinya Elon Musk pada kesuksesan proyek ini. Rencana awalnya, chip Neuralink ini memang akan ditanam ke otak manusia. Dengan tujuan untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti cedera tulang belakang, insomnia, depresi, pikun, dan Alzheimer.

Kerennya lagi, chip ini dikembangkan agar dapat terintegrasi dengan smartphone dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Jika proyek ini berhasil direalisasikan, chip ini akan memberikan banyak efek positif pada manusia.

Tak sebatas menyembuhkan penyakit dan terhubung ke smartphone, chip ini juga memungkinkan seseorang untuk melakukan telepati. Namun, sampai saat ini belum ada detail informasi terkait rencana penanaman chip ke otak manusia. 

 

Sumber: Inet.detik.com

Image cover: Duncan.Hull-Own work, CC BY-SA 4.0, Link

Browse blog by tag

Back To Top