sharpnel_content
Eco Aerator Berbasis IoT Bantu Tingkatkan Produktivitas Petani Tambak

News 08 Jul 2021


Eco Aerator Berbasis IoT Bantu Tingkatkan Produktivitas Petani Tambak

IoT
Share

Petani tambak di Indonesia diketahui masih kesulitan dalam urusan produksi. Kondisi ini mendorong sekelompok mahasiswa dan alumni ITS untuk membuat Eco Aerator berbasis IoT guna meningkatkan produktivitas para petani tambak di Indonesia.

Tim dari ITS tersebut merancang Eco Aerator ramah lingkungan yang berteknologi IoT. Perangkat Eco Aerator ini dilengkapi beragam sensor. Fungsi dari sensor-sensor tersebut yaitu untuk menjaga kestabilan kadar terlarut serta mengoptimalkan kondisi lingkungan sehingga diharapkan produktivitas hasil tambak bisa meningkat.

Selain itu, Eco Aerator pintar berteknologi IoT tersebut juga ramah lingkungan karena sumber tenaga utama adalah tenaga surya. Lain dengan Aerator konvensional yang menggunakan bahan bakar diesel. Eco Aerator berteknologi IoT tersebut juga dilengkapi kincir agar tambak mendapatkan pasokan oksigen yang baik.

Eco Aerator dengan IoT karya anak negeri tersebut dijamin harganya terjangkau dan mampu menghemat biaya operasional. Apalagi pemerintah Indonesia memang diketahui ingin meningkatkan produktivitas petani tambak di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, belum ada kompetitor bagi Eco Aerator IoT buatan mereka tersebut. Sehingga, tim dari ITS tersebut memprediksikan bahwa Eco Aerator IoT yang mereka buat memiliki peluang besar untuk dikembangkan lebih baik lagi.


AsiaQuest Indonesia Dukung Pengembangan IoT di Indonesia

AsiaQuest Indonesia adalah perusahaan konsultan IT terpercaya di Indonesia. Selama bertahun-tahun, AsiaQuest Indonesia telah melayani ratusan klien dalam bidang pengembangan website, web system, aplikasi mobile, internet marketing, dan transformasi digital.

AsiaQuest Indonesia memang tidak membuat Eco Aerator atau terkait dengannya, tetapi, AsiaQuest Indonesia merambah bisnis IoT dan siap menjadi partner strategis bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang ingin mengembangkan IoT. Dengan teknologi yang berstandar Jepang, AsiaQuest Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan dan output yang berkualitas tinggi. Hubungi AsiaQuest Indonesia untuk informasi lebih lanjut. 

Sumber: edukasi.sindonews.com 
Photo by E H on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top