sharpnel_content
Digitalisasi UMKM Dihantui Serangan Siber

News 08 Jun 2021


Digitalisasi UMKM Dihantui Serangan Siber

Share

Serangan siber masih menjadi momok yang menghantui perkembangan digitalisasi UMKM di indonesia. UMKM (Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah) juga dinilai kesulitan dalam menghadapi tantangan besar digitalisasi yang satu ini, terutama mengenai keamanan data.

Sebagaimana dikutip oleh teknologi.bisnis.com, Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC Pratama Persadha mengungkap bahwa digitalisasi bisa menghilangkan hambatan bisnis pada UMKM yang pada akhirnya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara.

Serangan Siber Jadi Tantangan Digitalisasi di Indonesia

Sayangnya, memang patut diakui bahwa tantangan terbesar digitalisasi adalah keamanan. Meningkatnya digitalisasi artinya meningkat juga risiko serangan siber kepada UMKM lokal Indonesia.

Toko digital berbeda dengan toko fisik, sehingga perlakuan keamanan juga berbeda. Toko digital bisa diakses oleh siapa saja yang terhubung ke internet. Memang toko digital saat ini bisa memberikan keuntungan lebih karena terhubung ke pasar online yang lebih luas jaringannya.

Akan tetapi, risiko toko digital juga tak kalah besar. Password dan sederet lapisan keamanan online sudah tersedia yang fungsinya layaknya pintu pagar untuk membatasi orang lain tidak bisa masuk ke dalam gudang toko. Akan tetapi, memang diperlukan usaha terus menerus untuk mencegah toko digital diserang oleh kriminal siber.

Phishing Masih Jadi Favorit Para Peretas

Phishing adalah salah satu metode serangan siber yang lumayan ‘kuno’ tapi masih saja dipakai oleh para pelaku serang siber. Alasannya adalah karena teknik phishing ini masih efektif dalam menjerat korban. Phishing umumnya digunakan untuk mengambil alih sebuah akun.

Teknik phishing yang sering digunakan adalah dengan mengirim sebuah email yang berpura-pura/menyamar sebagai institusi atau seseorang yang dikenal dan berusaha untuk membuat target memberikan password untuk login ke akun penting yang mereka punya, bisa akun email, akun sosial media, akun bank, dsb.

Ketika akun login berhasil dicuri, maka pemilik akun bisa kehilangan akunnya. Para peretas bisa menggunakan akun curian tersebut untuk kepentingan macam-macam, tergantung akun apa yang dicuri. 

Sayangnya, masih banyak para pengguna internet yang tidak paham mengenai jenis-jenis serangan siber, bahkan phishing yang paling sederhana sekalipun. 

Pelaku UMKM Digital Perlu Tahu Langkah-Langkah Keamanan Siber

Para pelaku UMKM yang baru terjun ke dunia digital juga perlu diberi pengetahuan tentang bahaya phishing dan bahaya serangan siber secara umum. Langkah pengamanan standar seperti enkripsi untuk mengamankan data situs juga perlu diberikan kepada para pelaku UMKM. Ketika akun berhasil diretas, maka enkripsi data akan melindungi data dibaca oleh peretas.

Langkah pengamanan standar lain, yaitu mengamankan situs dengan sertifikat SSL (Secure Socket Layer), menggunakan antivirus berbayar dan terupdate, serta menerapkan firewall.

Langkah-langkah pengamanan tersebut bersifat preventif, yaitu untuk mencegah akun diretas. Para pelaku bisnis UMKM yang baru saja terjun ke dunia digital perlu sekali mengetahui praktik-praktik keamanan semacam ini untuk melindungi bisnisnya dari bahaya serangan siber.

Perusahaan Konsultan IT yang Selalu Menjamin Keamanan Siber

Ketika meminta bantuan kepada perusahaan IT untuk mengembangkan website maupun websystem, pastikan perusahaan yang Anda tuju tersebut paham betul mengenai keamanan siber. Apa jadinya jika Anda asal membuat website tanpa menerapkan lapisan keamanan yang mumpuni ke website?

Tentu website Anda menjadi rawan serangan siber. Bahaya serangan siber seperti yang dijelaskan di atas, bahkan bisa lebih lagi kerugian yang ditimbulkan. Maka dari itu, carilah perusahaan konsultan IT yang terpercaya, handal, dan mumpuni dalam membuat website dan web system dengan standar kualitas keamanan tinggi.

Apakah Anda sedang mencari perusahaan Konsultan IT dengan kualifikasi tersebut? AsiaQuest Indonesia selalu berusaha untuk memenuhi ekspektasi klien dengan layanan pembuatan web dan web system serta aplikasi mobile dengan standar keamanan berkualitas tinggi. Hubungi AsiaQuest Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Referensi: teknologi.bisnis.com
Photo by Ben Kolde on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top