sharpnel_content
Kemendikbud Rencanakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

News 13 Nov 2020


Kemendikbud Rencanakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

Share

Pandemi COVID-19 membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) mencari jalan agar kegiatan belajar-mengajar dapat berlangsung lancar dan maksimal. Solusi yang Kemendikbud tawarkan berupa digitalisasi sekolah pada tahun 2021. Menteri Kemendikbud, Nadiem Makarim pun menjelaskan bahwa digitalisasi sekolah menjadi fokus utama mereka pada tahun 2021. 

Kemendikbud telah menyiapkan bujet sebesar Rp1,175 triliun untuk mewujudkan wacana digitalisasi sekolah ini. Menurutnya, digitalisasi sekolah diperlukan sebagai langkah antisipasi jika pandemi akan terus berlanjut. Kemendikbud tentu saja berharap pandemi akan segera berakhir. Akan tetapi, persiapan tetap harus dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. 

 

Digitalisasi Dimulai dari Melengkapi Peralatan TIK

Digitalisasi ini akan dimulai dengan melengkapi peralatan TIK. Salah satunya dengan menyediakan laptop di setiap sekolah. Keberadaan laptop ini dinilai penting untuk memudahkan aktivitas sekolah yang serba digital. 

Nantinya, laptop ini dapat dimanfaatkan, baik oleh guru ataupun siswa. Khusus untuk guru, laptop ini dapat dimanfaatkan untuk kurikulum online, pelatihan, dan aktivitas lainnya. 

Sebelumnya, Kemendikbud telah mengeluarkan kebijakan kuota gratis untuk siswa dan pengajar selama pandemi COVID-19. Pemberian kuota gratis ini bertujuan untuk memudahkan proses belajar jarak jauh yang terpaksa dilakukan karena adanya pandemi. Kebijakan ini pun dinilai tepat untuk memudahkan pelajar ataupun pengajar untuk melakukan aktivitasnya. 

 

Sumber: Kompas.com

School photo created by jcomp – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top