Digital marketing telah terbukti menjadi rahasia sukses bisnis online, terutama di kala pandemi sekarang ini. Mengoptimalkan penjualan secara digital menjadi penolong bagi bisnis-bisnis yang tengah tersendat di kondisi sulit seperti sekarang.
Pandemi telah mendorong peluang yang lebih besar bagi para pebisnis untuk berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi digital. Hanya saja, tak semua orang bisa dengan cepat mengerti dan memahami apa itu bisnis dengan teknologi digital, apalagi menerapkannya dalam bisnis sehari-hari.
Saat awal membangun bisnis online, mungkin memang tak mudah. Ada banyak langkah-langkah dan persiapan matang yang harus dilewati. Bila ingin sukses berbisnis online, maka sudah seharusnya memiliki strategi digital marketing yang baik agar tak salah jalan.
Secara garis besar, strategi digital marketing melingkupi dua hal, yaitu digital marketing yang tidak berbayar (organik) dan digital marketing yang berbayar.
Contoh digital marketing organik (tidak berbayar) adalah post blog, post Facebook, Twitter, dan Instagram. Sementara itu, contoh digital marketing berbayar adalah mengiklankan postingan di Facebook, Instagram, Google, YouTube, dsb.
Baik digital marketing berbayar dan tidak berbayar membutuhkan teknik copywriting yang bagus dan tidak asal-asalan. Kemudian, menggabungkan dua strategi digital marketing, organik dan non-organik juga akan menghasilkan output yang luar biasa.
Sosial media beberapa tahun lalu mungkin berisikan celotehan pribadi yang tak bermakna apapun, bahkan lama kelamaan cenderung menjadi ‘sampah’. Tapi kini sosial media sudah melangkah lebih jauh, yaitu digunakan sebagai alat promosi. Memang sih orang bisa tetap memposting ‘sampah’, tapi bagi yang pintar akan memanfaatkan sosial media untuk meraih cuan.
Sosial media sangat erat berkaitan dengan strategi digital marketing, bahkan mungkin menjadi inti dari digital marketing itu sendiri. Memasarkan produk melalui platform digital sudah menjadi keharusan bagi setiap bisnis yang ingin bertahan hidup dari krisis akibat pandemi COVID19.
Nah, sosial media menjadi platform terdekat dengan kita yang bisa dimanfaatkan secara gratis, maupun berbayar. Impactnya tentu tergantung langkah-langkah optimalisasi yang Anda lakukan. Jika ingin sosial media berfungsi optimal untuk mendorong kesuksesan bisnis online, maka Anda harus tahu tools yang digunakan untuk menunjang kinerja sosial media.
Tools-tools tersebut seperti:
Langkah-langkah di atas, baik membuat CMS, jasa SEO dan analytics, maupun membuat email marketing otomatis untuk promosi ke pelanggan, bisa meningkatkan penjualan dan dengan sendirinya akan meningkatkan kesuksesan bisnis online yang Anda jalani.
Jika Anda tidak bisa melakukan semua hal di atas sendiri, maka Anda selalu bisa meminta bantuan kepada perusahaan pengembang web. AsiaQuest Indonesia, sebagai perusahaan pengembang web asal Jepang, telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam bidang ini sehingga Anda tak perlu meragukan keahlian kami.
Anda selalu bisa menghubungi kami untuk meminta informasi detail layanan yang kami berikan.
Referensi: diginews.id
Photo by Brooke Lark on Unsplash
Back To Top