sharpnel_content
Deretan Raksasa Teknologi Indonesia yang Saingan Bikin Bank Digital

News 14 Des 2021


Deretan Raksasa Teknologi Indonesia yang Saingan Bikin Bank Digital

Share

Bank digital bukan hal baru di Indonesia, tapi memang perlu diakui belum banyak pemain bank digital di Indonesia. Bank BTPN dengan produk bank digitalnya bernama Jenius patut diacungi jempol karena sudah lebih dulu menginisiasi bank digital di Indonesia.

Tabungan Jenius sekarang sudah banyak digunakan dengan keuntungan berupa transaksi sepenuhnya online melalui aplikasi mobile Jenius. Sangat cocok dengan jiwa-jiwa muda yang menyenangi kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi secara online.

Kini, beberapa tahun setelah kemunculan Jenius, mulai bermunculan pesaing-pesaing baru. Bank-bank digital yang baru muncul ini merupakan hasil diversifikasi produk dan layanan dari perusahaan raksasa teknologi Indonesia. Apa saja bank digital tersebut? Mari kita lihat daftarnya di bawah ini:

(1) Bank Jago dari GoTo (Gojek – Tokopedia)

Hasil merger Gojek dan Tokopedia, GoTo, meluncurkan bank digital bernama Bank Jago di bawah PT Bank Jago Tbk.

Sebelum dikenal sebagai Bank Jago, bank ini dikenal sebagai PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos). Tahun 2020 menandai penggantian nama perusahaan menjadi PT Bank Jago Tbk sekaligus masuknya Gojek melalui Gopay sebagai pemegang saham.

Di tahun 2021 Bank Jago mendapatkan suntikan dana dari GIC Private Limited. Saat ini total modal Bank Jago adalah Rp 8 triliun.

Dengan aplikasi mobile Bank Jago Anda bisa membuka rekening sepenuhnya online, menabung, transfer uang, top up e-wallet, beli pulsa dan data, bayar kartu kredit, bayar listrik/air/TV, dan masih banyak lagi lainnya.

Nasabah Bank Jago diberikan fasilitas kartu debit Visa. Selain itu, akun bank Jago juga bisa disambungkan dengan akun Gojek dan akun Bibit untuk keperluan pembayaran transaksi yang lebih mudah.

(2) Bank Seabank dari SEA Group

Bank Seabank merupakan produk dari SEA Group, grup asal Singapura yang juga menaungi e-commerce Shopee. Bank Seabank adalah bank digital dimana Anda bisa menabung, membayar transaksi belanja, beli pulsa, bayar tagihan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kelebihan Seabank adalah karena ia berafiliasi dengan Shopee, maka banyak promosi tersedia untuk Anda yang menggunakannya untuk belanja di Shopee.

Kemudian, Seabank juga menyediakan bunga tabungan tinggi, yang dihitung dan dicairkan setiap hari. Seabank juga membebaskan biaya admin dan biaya transfer. Laporan keuangan diberikan dalam bentuk e-statement dan bisa diunduh langsung dari aplikasi.

Selain produk tabungan digital, Seabank juga menyediakan produk virtual account (VA). SeaBank Virtual Account (VA) adalah metode pembayaran menggunakan kode khusus menyerupai nomor rekening yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran online dan offline, seperti pembayaran belanja di e-commerce, top up e-wallet, atau pembayaran tagihan lainnya.

Untuk menggunakan Seabank VA tidak dipungut biaya alias gratis, real-time, konfirmasi otomatis, serta aman.

(3) Bank Fama dari Grup Emtek (Grab dan Bukalapak)

Grup Emtek adalah grup konglomerat Indonesia yang memiliki saham di Grab Indonesia dan Bukalapak. Grup Emtek tak ingin ketinggalan dengan raksasa teknologi lain, ia kini diketahui tengah bersiap mencaplok Bank Fama (PT Bank Fama Internasional Tbk).

Akuisisi 93% saham Bank Fama oleh Grup Emtek akan dilakukan melalui anak usahanya yaitu PT Elang Media Visitama (EMV) dengan nilai transaksi senilai 908,9 milyar US dollar.

Akuisisi saham mayoritas di Bank Fama ini sejalan dengan keinginan Emtek untuk meningkatkan literasi keuangan dan akses perbankan di sektor UMKM. Seperti apa bank digital dari Grup Emtek? Mari kita nantikan ke depannya.

Apakah Anda berminat jadi nasabah bank digital? Bank digital sangat cocok untuk kaum muda yang suka fleksibilitan dan hidup yang dinamis. Nah, apa saja bank digital pilihan Anda?

Referensi:

  1. www.seabank.co.id
  2. www.jago.com

Cards photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top