sharpnel_content
Daftar Lengkap Bank Digital di Indonesia, Siap Temani Millenial Nabung!

News 24 Jan 2022


Daftar Lengkap Bank Digital di Indonesia, Siap Temani Millenial Nabung!

Share

Persaingan perbankan di Indonesia makin marak dengan kehadiran bank digital. Bank digital ini berbasis aplikasi mobile yang mengedepankan digital management banking untuk kemudahan layanan transaksi perbankan kepada nasabah.

Kemudahan yang dihadirkan bank digital misalnya kemudahan untuk membuka rekening bank yang prosesnya sepenuhnya online. Calon nasabah hanya perlu mengunduh dan meng-install aplikasi bank digital yang dipilih, yang semuanya tersedia di PlayStore maupun AppStore.

Selanjutnya, calon nasabah hanya perlu melakukan pengisian data melalui aplikasi bank digital tersebut. Untuk proses verifikasi pun bisa dilakukan secara online melalui video call dengan petugas dari bank digital. Semua proses hingga rekening bank aktif dan bisa digunakan untuk transaksi hanya memakan waktu sebentar, kurang dari satu jam.

Bank digital ini mungkin lebih cocok untuk generasi milenial yang sangat menyukai fleksibilitas dan gaya hidup dinamis. Sekarang ini cukup banyak perusahaan yang terjun ke bisnis bank digital seperti berikut ini.

(1) Jenius — BTPN

Jenius adalah produk bank digital dari Bank BTPN. Jenius sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan mungkin termasuk pelopor bank digital di Indonesia. Anda bisa melakukan pembukaan rekening Jenius melalui aplikasi mobile Jenius dan melakukan verifikasi melalui video call dengan petugas Jenius.

Anda bisa request kartu debit fisik melalui aplikasi Jenius. Kartu debit akan dikirimkan ke kantor Anda atau rumah Anda tergantung mana alamat yang Anda pilih. Untuk Anda yang sering transaksi online, Anda bisa menggunakan kartu debit online Jenius xcard yang merupakan kartu debit virtual. Anda juga bisa request kartu debit fisik tambahan untuk anggota keluarga Anda.

Semua pengaturan saldo untuk kartu debit utama, kartu debit virtual, kartu debit tambahan bisa diatur melalui aplikasi Jenius sehingga Anda tak kehilangan kendali atas keuangan Anda.

Kemudian, Anda yang ingin menabung dengan target-target tertentu bisa menggunakan fitur Save It, yang terdiri dari tiga opsi, yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.  Anda bisa mengatur target nominal untuk tiap-tiap opsi tabungan, serta pengaturan autodebit.

 

(2) Jago — Bank Jago

Bank Jago merupakan produk dari PT Bank Jago Tbk, yang sahamnya dikuasai oleh Gojek melalui Gopay. Hampir sama seperti Bank Jenius, Anda bisa membuka rekening bank Jago secara digital. Semua proses online, mulai dari registrasi, kirim dokumen, dan verifikasi dengan petugas dari Bank Jago melalui video call.

Request kartu debit fisik bisa dilakukan melalui aplikasi. Serta tersedia kartu debit virtual untuk Anda yang sering bertransaksi belanja online. Menabung bisa dilakukan dengan mudah melalui kantong-kantong terpisah sesuai target-target Anda.

Menariknya lagi, Anda bisa menghubungkan rekening Bank Jago Anda dengan platform investasi reksadana online Bibit. Dengan demikian, urusan top up investasi reksadana Bibit semakin mudah dengan proses autodebit yang prosesnya sangat effortless. Portofolio investasi Anda di Bibit bisa dilihat di akun bank Jago Anda!

Urusan transfer uang, bayar listrik, top up e-wallet seperti Shopeepay, Gopay, Dana, OVO, LinkAja bisa dengan mudah dilakukan. Cocok sekali untuk generasi millenial yang sedang belajar mengatur keuangan. Apalagi ada fitur analisa keuangan yang otomatis mengkategorikan jenis-jenis transaksi yang Anda lakukan melalui rekening Bank Jago.

(3) Seabank — Bank Seabank Indonesia

Seabank adalah produk bank digital dari Bank Seabank Indonesia. Anda yang tidak awam dengan nama SEA Limited pasti tahu bahwa perusahaan ini adalah induk dari e-commerce terpopuler Indonesia, Shopee.

Raksasa teknologi asal Singapura tersebut semakin mengukuhkan kehadirannya di Indonesia melalui Bank Seabank Indonesia. Penggemar belanja di Shopee bisa dengan mudah melakukan registrasi rekening Seabank melalui platform e-commerce Shopee.

Kemudahan yang ditawarkan dari bank digital Seabank ini semakin sulit untuk dilewatkan dengan tambahan promosi berupa bunga 7% per tahun yang dikalkulasikan setiap hari. Belum lagi urusan transaksi finansial yang seamless terutama untuk Anda yang sangat aktif belanja di Shopee, atau Anda yang membuka toko di Shopee.

Seabank juga tidak memotong saldo tabungan Anda karena bebas biaya admin dan bebas biaya transfer. Tertarik buka rekening bank digital di Seabank?

(4) TMRW — Bank UOB

TMRW merupakan bank digital keluaran Bank UOB. Kelebihan dari TMRW adalah kemudahan dalam bertransaksi secara digital melalui aplikasi mobile. TMRW juga menawarkan fitur Smart Insight untuk membantu nasabah melacak pemasukan, pengeluaran, dan bahkan memberikan saran keuangan berdasarkan pola transaksi yang Anda lakukan.

Berkat inovasi-inovasi di digital banking, TMRW dinobatkan sebagai Best Indonesia Consumer Digital Bank by Global Finance, Best Digital Bank in Indonesia by International Finance, dan Best Digital Bank in Indonesia by Alpha Southeast Asia.

(5) Blu — Bank BCA

Blu merupakan produk bank digital dari Bank BCA, yang merupakan bank terbaik di Indonesia. Blu terkoneksi dengan sistem BCA sehingga Anda yang ingin transfer uang ke rekening BCA bisa bebas biaya transfer, selain itu Blu juga menjanjikan bebas biaya admin.

Untuk transfer rekening antar bank yang bebas biaya diberikan  hingga 20 kali per bulan di 2 bulan pertama sejak rekening dibuka. Ketentuan tersebut juga berlaku untuk transaksi top up gopay.

Anda yang sering bingung kemana uang Anda sering habis, manfaatkan fitur Blu yang siap untuk mencatat arus keluar masuk uang serta memberikan insight untuk mengetahui spending habit Anda. Anda juga bisa menabung dengan beragam tujuan berbeda yang bisa Anda atur sendiri. Memisahkan budget bulanan, budget jalan-jalan, dsb semakin mudah!

(6) Neobank — Bank Neo Commerce

Neobank adalah bank digital dari Bank Neo Commerce. Untuk membuka rekening neobank cukup 5 menit saja, lho! Tanpa perlu datang ke bank pula. Tampilan aplikasi Neobank sangat user-friendly sehingga urusan perbankan bisa cepat dan tetap aman.

Tabungan Neo Wow dari Neobank memberikan Anda bunga hingga 6 persen per tahun yang dikalkulasi harian dan cair setiap hari ke aplikasi. Transfer kemana saja tidak dikenakan biaya transfer dan tanpa ada batasan kuota, berlaku untuk transfer dalam jumlah besar sekalipun!

Neobank menjamin keamanan sistem dengan multi layer verifikasi dan dukungan teknis. Customer support selalu ada selama 24/7 untuk melayani permasalahan Anda di jam berapapun.

(7) Digibank — Bank DBS Indonesia

Digibank merupakan produk bank digital dari Bank DBS Indonesia. Untuk menjadi nasabah digibank, Anda hanya perlu melakukan registrasi secara online melalui aplikasi mobile mereka yang tersedia di PlayStore dan AppStore. Approval yang dijanjikan cukup cepat yakni 60 detik saja.

Digibank menawarkan akses ke layanan perbankan mereka yang cukup lengkap misalnya tabungan yang mencakup informasi transaksi, buka rekening dengan sidik jari, aktivasi kartu dan pembuatan PIN, buka deposito lewat aplikasi, gratis transfer dan tarik tunai di ATM manapun, top up e-wallet GOPAY dan e-money dengan mudah, point rewards, konversi transaksi kartu kredit menjadi cicilan, apply pinjaman di aplikasi, dan masih banyak lagi lainnya.

(8) Wokee+ — Bank Bukopin

Wokee+ adalah produk bank digital dari Bank Bukopin, satu-satunya bank lokal di Indonesia. Terobosan Bank Bukopin untuk masuk ke bisnis digital melalui Wokee+ patut diacungi jempol. Meski kurang terdengar gaungnya, Wokee+ layak diperhitungkan.

Transfer uang sesama Wokee+ tak perlu menggunakan nomor rekening, cukup dengan nomor handphone. Bayar transaksi dengan QR code bisa, bayar listrik dan keperluan lain juga sudah didukung oleh Wokee+. Bahkan Anda bisa melakukan penarikan tunai di merchant bekerja sama tanpa menggunakan kartu.

People photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top