sharpnel_content
Contoh-contoh Progressive Web Apps

News 11 Jan 2022


Contoh-contoh Progressive Web Apps

Share

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan Progressive Web Apps (PWA), Anda mungkin masih kebingungan bila tidak melihat contoh-contoh Progressive Web Apps. Beruntungnya, saat ini PWA sudah populer sejak beberapa tahun belakangan sehingga ada banyak contoh yang tersedia untuk Anda.

Berikut adalah brand-brand lokal maupuan luar negeri yang diketahui menggunakan PWA. Apa saja? Mari kita simak satu per satu:

(1) OLX

OLX merupakan situs jual beli barang bekas yang cukup populer di Indonesia. OLX sudah muncul sejak lama sehingga mayoritas orang Indonesia pasti mengenal OLX. Apakah Anda pernah berbelanja barang bekas atau menjual barang bekas di OLX?

Anda bisa mengakses OLX melalui aplikasi mobile-nya atau mobile web. OLX mengembangkan PWA karena mengaku bahwa 90% dari pengunjung mereka adalah pengunjung dari perangkat mobile, baik itu aplikasi mobile maupun browser mobile.

Mengetahui hal tersebut, OLX membangun situs mereka menggunakan PWA agar situs bisa memiliki kinerja yang lebih baik. Hasilnya membuat engagement meningkat hingga 250%.

(2) Trivago

Trivago adalah platform pemesanan tiket dan hotel secara online. Ketika Anda mengakses situs web Trivago melalui browser mobile, Anda akan menemukan tampilannya persis seperti aplikasi mobile-nya.

Inilah kelebihan PWA, Trivago kini bisa membuat situs web nya tampak dan berfungsi layaknya aplikasi mobile. Padahal akses dilakukan melalui browser mobile web dan bukan melalui aplikasi mobile.

Kenyamanan penggunaan seperti ini meningkatkan konversi Trivago karena pengunjung mudah melakukan pemesanan tiket dan hotel tanpa harus menginstall aplikasi mobile-nya. Trivago juga melaporkan peningkatan CTR hingga 95%.

(3) Twitter Lite

Twitter pada tahun 2017 membangun PWA karena mengetahui bahwa 80% trafik mereka berasal dari perangkat mobile. Usaha Twitter tersebut membuahkan hasil positif dengan berkurangnya bounce rate sebesar 20% dan kiriman tweet meningkat hingga 75%.

(4) Forbes

Forbes adalah situs portal berita yang juga menerapkan PWA. PWA dalam situs portal berita nyatanya mampu meningkatkan kenyamanan bagi user ketika membaca berita. Forbes mencatat peningkatan yang signifikan dari hasil membangun web app berdasar PWA, yakni engagement meningkat hingga 100% dan jumlah artikel yang dibaca per pengguna meningkat hingga 6 kali lipat.

(5) Starbucks

PWA rasa-rasanya memang cocok untuk situs-situs ecommerce. Selain OLX dan Trivago, Starbucks adalah brand yang juga membangun situs mereka menggunakan PWA untuk memudahkan user dalam melakukan pemesanan menu melalui browser tanpa perlu install aplikasi mobile.

Pernah pesan kopi Starbucks lewat browser-nya? Bagaimana menurut Anda? Apakah nyaman digunakan?

Melihat hasil memuaskan yang didapatkan brand-brand terkenal di atas dari pengembangan situs menggunakan PWA, Anda mungkin tertarik untuk mengambil langkah serupa. Google bahkan punya istilah sendiri untuk menyebutkan kelebihan-kelebihan PWA yaitu FIRE yang merupakan singkatan dari Fast, Integrated, Reliable, dan Engaging.

Nah, apakah Anda tertarik untuk tahu lebih lanjut mengenai PWA? Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut mengenai PWA dan bagaimana manfaatnya untuk menunjang bisnis yang Anda kelola.

Referensi: www.niagahoster.co.id

Photo by Solen Feyissa from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top