sharpnel_content
Contoh API yang Paling Sering Digunakan Developer

News 22 Des 2021


Contoh API yang Paling Sering Digunakan Developer

API
Share

API sudah banyak digunakan untuk beragam keperluan. Melihat fungsinya yang mampu memudahkan proses pengembangan website maupun aplikasi, API terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Lalu apa sajakah contoh API yang paling sering digunakan developer? Berikut ini adalah contoh-contoh API yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

(1) Log in

Login menggunakan akun Gmail, Facebook, atau Twitter. Pengguna internet sekarang ini dimudahkan dengan opsi login menggunakan akun Gmail, Facebook, atau Twitter, bahkan WhatsApp dan nomor handphone bisa digunakan untuk membuat akun dan login!

Semua ini berkat adanya API yang membuat website dan aplikasi bisa saling berinteraksi satu dengan lainnya. Contoh nyata dari API login ini misalnya ketika Anda akan login ke akun e-commerce Tokopedia.

Situs Tokopedia memanfaatkan API Gmail sehingga pengguna bisa login ke Tokopedia menggunakan akun Gmail yang dipunya.

Contoh lain adalah situs web Canva.com yang juga memanfaatkan API dari pihak lain agar user bisa login maupun registrasi akun menggunakan akun sosial media yang dimiliki.

(2) Bayar online

Ketika Anda berbelanja online dan hendak melakukan pembayaran, situs e-commerce akan memberikan opsi metode pembayaran online melalui beberapa cara, seperti kartu kredit/debit, transfer bank, virtual account, e-wallet, dsb.

Masing-masing metode pembayaran yang tersedia di e-commerce disediakan sebagai hasil kerjasama dengan pihak penyedia pembayaran. Misalnya, ketika Anda membayar belanjaan online dengan kartu kredit, maka Anda akan berinteraksi dengan API dari payment gateway.

Sebagai informasi, payment gateway terkenal di Indonesia ada banyak yaitu midtrans, xendit, DOKU, Faspay, Finpay, dsb. Jadi, payment gateway ini membuat API agar website-website e-commerce ataupun toko online bisa terhubung ke sistem mereka dan bisa menyediakan pembayaran online ke user.

(3) Google Maps

Maps Google harus diakui mempunyai tingkat keakuratan dan kelengkapan yang sangat baik. Tak heran jika API Google Maps banyak dimanfaatkan aplikasi-aplikasi lain untuk mendukung kebutuhan bisnis mereka, salah satunya adalah aplikasi ojek daring.

Aplikasi ojek daring terbesar di Indonesia, Gojek dan Grab, menggunakan API Google Maps untuk mendukung layanan utama mereka, yaitu pengantaran penumpang dan pengantaran makanan yang membutuhkan peta wilayah dan rute.

Itu dia sedikit contoh mengenai API yang paling sering digunakan oleh developer, baik itu web developer maupun mobile app developer.

Referensi:www.ekrut.com
Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top