sharpnel_content
Cara Research Keyword Google Ads

News 11 Jan 2023


Cara Research Keyword Google Ads

Share

Google Ads adalah platform untuk memasang iklan di mesin pencari Google (Google SERP) maupun properti Google lainnya. Google Ads saat ini masih menjadi platform favorit bagi para pebisnis yang ingin mengiklankan produk mereka agar muncul di hasil pencarian Google, maupun situs web dan app yang bermitra dengan Google.

 

Kelebihan Google Ads

Kelebihan Google Ads adalah kemampuannya untuk mentarget pengguna dengan sangat spesifik melalui faktor-faktor seperti keyword, situs web yang dikunjungi, dan lokasi. Pebisnis yang menggunakan Google Ads akan membayar ke Google setiap kali iklan mereka diklik (Iklan PPC atau Pay Per Click), atau ketika iklan mereka tampil per berapa kali impression (Cost Per Impression).

Tujuan Google Ads adalah untuk membantu bisnis agar menjangkau calon pelanggan potensial sehingga bisa meningkatkan sales ataupun leads. Hingga saat ini masih banyak yang mengandalkan Google Ads untuk kebutuhan promosi mereka. Ini bukan tanpa alasan, pasalnya Google Ads memang menawarkan kelebihan yang mungkin tidak dimiliki platform ads lain, misalnya saja:

(1) Jangkauan (Reach)

Sebagai mesin pencari nomor satu saat ini, pengguna Google adalah yang terbanyak di dunia. Jauh melampauipengguna Safari, Bing, atau MSN. Bayangkan bila Anda memasang iklan di tempat yang ramai, tentu iklan Anda banyak dilihat orang.

Begitu pula dengan Google Ads, yang memungkinkan iklan Anda untuk dilihat milyaran pengguna Google setiap harinya. Dengan demikian, memasang iklan di Google Ads bisa membantu bisnis untuk mencapai audiens yang sangat besar dan beragam.

(2) Targeting

Platform Google Ads adalah platform yang sangat data-driven. Oleh karenanya bisnis bisa mentargetkan iklan mereka dengan sangat spesifik melalui faktor-fakor seperti keyword, demografi, minat, dan lokasi. Dengan kampanye iklan yang spesifik dan tertarget, bisnis bisa menjangkau target orang yang tepat di waktu yang tepat pula, sehingga peluang terjadinya konversi jauh lebih besar.

(3) Pengukuran dan Optimasi

Platform Google Ads mampu menampilkan data performance iklan dengan sangat detail. Data-data dan insight yang ditampilkan ini sangat membantu bisnis untuk mengukur seberapa efektif kampanye iklan mereka. Data ini juga bisa membantu mereka dalam melakukan langkah-langkah optimasi yang berdasarkan data-driven.

(4) Integrasi dengan Tool Google lainnya

Google Ads sangat mudah diintegrasikan dengan tools-tools lain Google seperti Google Analytics maupun Google Search Console. Ini akan membantu pebisnis dalam mendapatkan informasi dan wawasan tambahan mengenai trafik situs web mereka dan data perilaku pelanggan.

 

Pentingnya Melakukan Keyword Research untuk Google Ads

Seperti yang disebutkan di atas, keyword menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kampanye iklan di Google Ads. Maka dari itu, penting bagi bisnis untuk bisa melakukan riset keyword untuk keperluan iklan Google Ads mereka. Menentukan keyword yang paling tepat untuk iklan memang susah-susah gampang, tapi untungnya Google Ads menyertakan tools bernama keyword planner yang fungsinya untuk membantu Anda yang ingin melakukan riset keyword.

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk melakukan keyword research sebelum menjalankan kampanye iklan Google Ads.

(1) Targeting

Riset keyword membantu pebisnis untuk mengidentifikasi keyword dan frase-frase yang paling relevan dengan bisnis Anda maupun target audiens. Dengan cara tersebut, Anda bisa menjangkau orang-orang yang sekiranya paling berminat dengan produk dan layanan yang Anda jual.

(2) Kompetitif

Dengan melakukan riset dan mentargetkan pada keyword yang tepat, Anda bisa mengungguli kompetitor dengan menjangkau pelanggan yang tidak menemukan bisnis Anda dengan cara yang sama.

(3) Efektivitas Biaya

Riset keyword juga bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi untuk keyword-keyword dengan tingkat kompetisi lebih rendah dan membandingkan rate CPC secara langsung. Dengan begini Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan budget yang Anda bisa kelola sendiri.

(4) Skor Kualitas

Seperti yang sudah kami jelaskan dalam Panduan Setting Campaign Google Ads untuk Pemula, Google menggunakan Skor Kualitas (Quality Score) untuk menentukan relevansi dan kualitas ads dan keywords Anda. Kalau Anda melakukan riset keyword, Anda bisa memilih keyword yang sekiranya bisa menghasilkan skor lebih tinggi, yang pada akhirnya bisa menurunkan rate CPC dan ad placement yang lebih baik.

Secara keseluruhan, riset keyword adalah bagian penting dalam kampanye iklan Google Ads karena ia membantu Anda untuk mentargetkan ke audiens yang tepat serta mendapatkan nilai lebih dari usaha pengiklanan yang Anda lakukan.

 

Cara Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Keyword Google Ads

Keyword planner adalah alat khusus yang disediakan Google Ads untuk membantu bisnis dalam menemukan kata kunci yang tepat untuk targeting kampanye iklan mereka. Keyword planner memberikan informasi seperti volume pencarian kata kunci dan rate CPC (Biaya Per Klik). Informasi-informasi tersebut berguna untuk membantu Anda memilih kata kunci yang paling relevan dan bernilai untuk kampanye iklan Anda.

Cara menggunakan keyword planner ini mudah, pertama dengan memasukkan kata kunci atau frasa ke dalam kotak yang disediakan lalu ENTER. Sistem kemudian akan menampilkan daftar keyword-keyword yang related dengan keyword tadi, beserta informasi volume pencarian dan Biaya Per Klik (CPC). Anda bisa juga memfilter hasil dengan kriteria tambahan seperti bahasa, lokasi, dan tipe pencarian (broad match, exact match, phrase match, etc).

Informasi penting tersebut bisa Anda gunakan untuk memilih keyword yang paling relevan dan yang paling bernilai untuk kampanye iklan Google Ads Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Ads:

  1. Kunjungi situs web Google Ads dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik pada ikon Tools & Settings di pojok kanan atas halaman, lalu pilih “Keyword Planner” dari menu dropdown.
  3. Di halaman Keyword Planner, klik tab “Discover new keywords“.
  4. Dalam field “Your product or service“, masukkan kata kunci atau frase inti yang menjelaskan apa yang Anda tawarkan. Anda juga dapat memasukkan URL situs untuk mendapatkan ide kata kunci berdasarkan konten situs Anda.
  5. Klik tombol “Get Results” untuk melihat daftar kata kunci yang terkait, bersama dengan volume pencarian dan CPC mereka.
  6. Gunakan filter di sisi kiri halaman untuk mempersempit daftar kata kunci berdasarkan kriteria seperti bahasa, lokasi, dan tipe pencarian (misalnya, broad match, phrase match, exact match).
  7. Ketika menemukan kata kunci yang ingin digunakan dalam kampanye, Anda dapat menambahkannya ke dalam rencana dengan mengklik ikon plus di sampingnya. Anda kemudian dapat meninjau rencana kata kunci Anda dan membuat perubahan yang diperlukan sebelum membuat kampanye Google Ads.

Secara keseluruhan, Google Ads mungkin masih menjadi yang terkuat di antara platform ads lainnya. Tapi di sisi lain, mungkin tidak semua bisnis cocok menggunakan Google Ads. Mungkin saja ada platform iklan lain yang ternyata lebih cocok untuk industri tertentu atau tujuan tertentu. Maka dari itu penting bagi bisnis untuk tahu pilihan mana yang paling sesuai dengan tujuan bisnisnya.

Referensi: Google Ads

Photo by charlesdeluvio on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top