sharpnel_content
Cara Pakai Aplikasi Clubhouse, Sosmednya Kaum Sultan!

News 19 Feb 2021


Cara Pakai Aplikasi Clubhouse, Sosmednya Kaum Sultan!

Share

Beberapa hari terakhir nama Clubhouse kian nyaring terdengar. Betapa tidak, jejaring sosial yang dirilis sejak Maret 2020 ini “di-endorse” habis-habisan oleh tokoh dunia dari kaum sultan, seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, sampai Vladimir Tenev, lho. Setelah itu, kita pun dibuat mati penasaran, bagaimana cara pakai aplikasi Clubhouse? 

Namun, sebelum Anda terlalu berharap, Clubhouse hanya tersedia untuk pengguna Apple saja. Yup, konsep utama Clubhouse adalah eksklusivitas. Jadi, aplikasi Clubhouse untuk Android belum tersedia. Akan tetapi, Anda tidak perlu berkecil hati. Mari kita pelajari terlebih dahulu cara menggunakan Clubhouse sampai versi Android-nya dirilis suatu saat nanti. 

 

Apa Itu Aplikasi Clubhouse? 

Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berbasis audio chat yang keanggotaannya berasal dari undangan. Jadi, para anggota Clubhouse tidak akan berbagi postingan dalam bentuk teks, tetapi berupa audio secara live. Namun, inilah yang menjadi daya pikat utama aplikasi besutan dari Paul Davison dan Rohan Seth ini.  Selain audio yang kita share tidak akan direkam, keanggotaannya juga sangat terbatas.  Semakin sulit cara daftarnya, Anda pasti semakin penasaran, bukan? 

Nantinya, Anda dapat berbicara, mendengarkan, sekaligus berdiskusi dengan sesama anggota Clubhouse terkait berbagai tema menarik. Clubhouse memungkinkan Anda untuk berinteraksi lebih intens karena semua orang dapat berbicara satu sama lain. Anda pun tidak akan dinilai dari segi visual, tetapi berdasarkan isi obrolan atau inteligensi Anda. Inilah yang menjadi pembeda utama Clubhouse dengan media sosial lainnya yang berbasis foto dan teks. 

Anda dapat membuka obrolan dalam room atau ruang dengan topik tertentu. Selain itu, Anda juga dapat melihat daftar ruang yang dibuat orang lain, melihat siapa saja yang ada di dalam ruang tersebut, dan turut bergabung dalam obrolan.

Setelah bergabung ke Clubhouse, Anda dapat mengikuti room menarik dari para pakar dengan konsep seperti Podcast. Namun, mengingat pembicaraan ini tidak akan direkam, para anggota tentu harus tetap online agar tidak ada obrolan yang tertinggal. 

 

Bagaimana Cara Mendaftar Clubhouse?

Nanti setelah download aplikasi Clubhouse di App Store, Anda tidak bisa langsung join ke Clubhouse. Pasalnya, saat ini pendaftaran Clubhouse memakai sistem undangan dan waiting list.

Untuk sistem undangan, anggota Clubhouse harus memiliki nomor telepon Anda untuk mengirimkan undangan. Nantinya, Anda dapat mendaftar dengan mengklik tautan undangan dan memasukkan nomor telepon. 

Kedua, Anda dapat mendaftar melalui jalur waiting list. Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat melakukan pendaftaran. Silakan pilih ketertarikan dan orang inspiratif yang ingin kalian ikuti. Selesai mendaftar, Anda akan masuk waiting list sampai ada anggota Clubhouse yang mengundang Anda masuk.

Bagaimana, konsepnya sangat menarik, bukan? Saking eksklusifnya, satu anggota hanya bisa mengundang dua orang anggota baru saja. Oleh karena itu, anggota Clubhouse benar-benar hati-hati dalam mengirimkan udangan sehingga membuat aplikasi ini semakin terbatas. 

 

Apa Saja Perangkat yang Mendukung Aplikasi Clubhouse? 

Sampai saat ini, Clubhouse hanya terbatas untuk pengguna Apple seperti iPhone (iOS 13 ke atas) dan iPad (iPadOS 13 ke atas). IPhone dengan iOS yang tidak dapat di-upgrade ke iOS 13 tidak dapat menjalankan Clubhouse. Beberapa tipe iPhone yang bisa dipakai, yaitu iPhone SE (2016), iPhone 7, iPhone X, iPhone 12 , dan lainnya. 

Setelah mengetahui beberapa informasi menarik di atas, Anda pasti semakin berminat untuk bergabung ke Clubhouse, bukan? Kapan lagi Anda dapat mengobrol langsung dengan orang yang sudah ahli pada tema-tema yang Anda sukai? Namun, pastikan Anda tetap melakukan manajemen waktu dan menjaga kesehatan selama menggunakan Clubhouse. Jangan sampai Anda begadang karena ingin mengikuti semua room di Clubhouse. 

 

 

Referensi: 

  1. Tekno.kompas.com
  2. Palu.tribunnews.com

Photo by Josh Rose on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top