sharpnel_content
Cara Mentransfer Video dari HP ke Laptop dengan Google Drive

News 07 Sep 2021


Cara Mentransfer Video dari HP ke Laptop dengan Google Drive

Share

Google Drive sudah menjadi teman sehari-hari bagi kita. Layanan penyimpanan gratis milik Google ini terbukti membantu jutaan penggunanya dalam urusan penyimpanan online berbasis Cloud.

Manfaatkan Google Drive sebagai media penyimpanan cadangan bagi file-file di HP Anda. Google memberikan kapasitas penyimpanan gratis hingga maksimal 15GB. Jika Google Drive Anda sudah mencapai kapasitas maksimal yang diberikan Google, pindahkan file-file Anda dari Google Drive ke laptop.

Anda juga bisa langsung memanfaatkan Google Drive sebagai sarana transfer video maupun foto dari HP ke laptop. Cara ini bisa dipakai terutama ketika Anda sedang tidak membawa kabel data untuk memindahkan file foto dan video langsung ke komputer.

Memindahkan file foto dan video dari HP ke laptop lewat Google Drive bisa dilakukan asalkan Anda memiliki koneksi internet yang mumpuni. Terutama untuk file video, yang biasanya berkapasitas besar membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil. Kami menyarankan untuk menghindari penggunaan koneksi data mobile ketika mengupload karena akan sangat membebani kuota paket data Anda.

Nah, untuk mentransfer video dari HP ke laptop dengan Google Drive, ikuti cara-cara berikut ini:

  1. Pastikan telah mengunduh dan menginstall aplikasi Google Drive di HP. Jika belum, unduh dan install Google Drive di Android, atau unduh dan install Google Drive di AppStore.
  2. Buka aplikasi Google Drive di HP
  3. Klik ikon + di pojok kanan bawah
  4. Pilih Upload 
  5. Pilih file yang mau di-upload. Kalau mau cepat dalam mencari file yang mau di-upload, filter berdasarkan Video, Images, Audio, Documents, Large Files, atau This Week.
  6. Ketika sudah memilih file, Google Drive akan otomatis mengupload, tunggu sampai proses selesai.
  7. Ketika proses upload selesai, file Anda sudah tersimpan di Google.

Langkah selanjutnya, Anda bisa memindahkan file yang sudah tersimpan di Google Drive tersebut ke laptop. Caranya adalah dengan mengunduhnya. Ikuti cara-cara berikut ini:

  1. Buka Google Drive di browser atau aplikasi Google Drive di laptop
  2. Cari file yang sudah Anda upload di Google Drive
  3. Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas
  4. Klik Download atau Unduh

Itu dia cara mentransfer video dari HP ke laptop dengan memanfaatkan Google Drive. Anda bisa mentransfer file dalam jumlah banyak dalam sekali proses.

Photo by Balázs Kétyi on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top