sharpnel_content
Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis untuk Belajar Online

News 25 Sep 2020


Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis untuk Belajar Online

Share

Menilik tingginya kebutuhan akses internet untuk belajar online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan subsidi kuota. Internet gratis ini akan diberikan kepada pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen agar aktivitas belajar online dapat berjalan lancar. Besarnya subsidi ini berbeda-beda untuk masing-masing kategori. 

Untuk pelajar, Kemendikbud akan memberikan subsidi kuota sebesar 35 GB per bulan. Sementara itu, kuota sebesar 42 GB untuk guru dan 50 GB untuk mahasiswa dan dosen. Dana subsidi kuota ini diambil dari dana cadangan pendidikan di APBD 2020 dengan nilai sebesar Rp 7,2 triliun. 

Dikutip AQI dari Padangkita.com, Kemendikbud telah mencatat jumlah sekolah yang menerapkan kebijakan belajar online selama pandemi COVID-19. Detailnya, 764 sekolah di zona hijau, 6,238 sekolah di zona kuning, 12,124 di zona oranye, dan 1,840 sekolah di zona merah. 

Tak sebatas subsidi kuota gratis, Kemendikbud juga telah meminta provider besar untuk memaksimalkan sinyal selama jam belajar. Dengan demikian, aktivitas belajar online dapat berjalan dengan lancar. 

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis untuk Belajar Online

Kemendikbud menggandeng pihak sekolah untuk memproses pencairan kuota internet gratis. Pihak sekolah diminta untuk mendata nomor ponsel siswa sesuai dengan NISN, nama, dan nomor ponsel. Setelah itu, pihak sekolah diminta untuk melakukan verifikasi dan ditandatangani kepala sekolah.

Setelah dibubuhi tanda tangan kepala sekolah melalui pakta integritas, data harus diunggah ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud pun bertugas mengolah data yang masuk.

Mereka melakukan pemisahan kategori operator dan mengirimkan data nomor penerima ke operator. Nantinya, paket kuota internet gratis akan dikirimkan secara langsung ke nomor masing-masing penerima subsidi dari pihak operator.  

 Sumber: Padangkita.com

Sumber foto: School photo created by jcomp – www.freepik.com

 

Browse blog by tag

Back To Top