sharpnel_content
Cara Membuat Bio Instagram Keren ala Eno Bening

News 24 Jan 2022


Cara Membuat Bio Instagram Keren ala Eno Bening

Share

Pembawaannya yang eksentrik dan ide konten yang tidak ada matinya, pasti membuat kita kesulitan untuk melupakan sosok YouTuber dan social media strategist kenamaan, Eno Bening. Terlebih lagi, kalau dia sudah mulai membagikan ilmu daging tentang media sosial, dijamin tidak ada obat, deh. Saking loyalnya dengan singham (sebutan fans Eno Bening), dia pun membuka praktik Konsultasi Internet, lho. 

Apa itu Konsultasi Internet? Konsultasi Internet adalah sebuah jasa memperbaiki profil Instagram secara online! Tidak perlu mahal, Anda hanya cukup membayar mulai dari Rp10 ribu sampai Rp100 ribu saja untuk menikmati jasanya.  

Praktik Konsultasi Internet dengan tema “Fix Your IG Bio” ini bisa Anda tonton di YouTube Eno Bening. Sampai saat ini, sudah ada empat video yang dapat Anda tonton. Kami pun merangkum beberapa cara membuat bio Instagram keren ala Eno Bening, sekaligus contoh kasus permak bio paling ekstrem. Yuk, langsung saja cek transformasi bio dari para pasien Eno Bening! 

 

1. Bio Jangan Sampai Kosong dan Harus Menjual 

Pada video pertama Konsultasi Internet, Eno Bening menegaskan poin apa saja yang harus kita perhatikan saat mengisi bio IG. 

Pastikan Anda membuat bio yang menarik, sesuai karakter diri, dan lebih menjual, ya. Jangan sampai Anda mengosongkan bio Instagram atau mengisinya dengan copy yang tidak dilirik. 

Berikut ini adalah salah satu contoh bio terburuk dari Memer TikTok yang pernah Eno Bening lihat. 

Dhannydon Petrus

Chill! 

#SinghamAgora 

2nd acc: @alexius.tgm

Bagaimana jadinya kalau bio ini dipermak Eno? Profil yang belum diedit di atas tidak mendeskripsikan apapun tentang diri si user. Namun, semua pertanyaan Anda tentang sosok si user akan terjawab dengan bio kedua yang dibuat oleh Eno Bening. 

Dhannydon Petrus 

TIKTOK MEMER

NO MEET AND GREET 

NO YOUTUBE ACCOUNT

BECAUSE OF COPYRIGHT

(Sad emoji)

Pastikan Anda membuat bio yang mendeskripsikan siapa Anda dan apa saja yang bakal follower dapatkan dengan mengikuti akun Anda. Lebih oke lagi, kalau Anda bubuhkan sedikit joke di bio agar lebih menarik. 

 

2. Sesuaikan Bio dengan Tema Konten yang Paling Dominan

Bio adalah first impression seseorang pada suatu akun. Idealnya, Anda dapat mengetahui isi atau tema feed dari bionya saja. Eno Bening pun dapat dengan mudah memperbaiki bio “pasien” nya tanpa harus mengenal pribadinya secara langsung, tetapi cukup melihat konten yang di-posting

Sebagai contoh, feed Instagram pasien B berisi aktivitas ia sedang menyanyi. Ia pun memasukkan link akun band-nya.  

Seperti apa perbaikan dari Eno Bening?

Before

78% human  |  @literati**.******* 

After: 

78% Human

19% Music 

1% @literati**.****** 

 Note: **** (nama band kami samarkan) 

Bio pasien B menjadi makin atraktif, bukan? Walaupun Eno salah menghitung persenannya, sih. 

 

3. Berani Memilih Kata yang Spicy! 

Apabila akun kalian berkonsep entertainment atau kalian ingin menjadi influencer viral, jangan takut untuk bermain dengan kata-kata. Pilihlah kata-kata yang spicy untuk menggaet follower. Kalian bisa melihat contoh bio dari salah satu akun memer yang dipermak oleh Eno Bening. 

Bio sebelum dipermak. 

I don’t have any idea, 

Jus a noob memer, please don’t judge me

Sesudah dipermak Eno Bening. 

Please judge me

Yas! Kenapa bio ini lebih appealing dari bio sebelumnya? Pasalnya, akun tersebut memiliki konten berupa meme original. Maka dari itu, kata “please judge me” ini tentu lebih bikin penasaran audience dengan isi kontennya dan ingin men-judge beneran. Judge sama halnya dengan menambah audience yang scroll di feed Anda. Sangat cerdas! 

 

4. Selain Spicy, Pilih yang Bikin Penasaran 

Seperti yang kita tahu, sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi, lho. Nah, manfaatkan kondisi ini untuk keuntungan Anda. Anda dapat menggunakan kalimat bahasa asing sebagai pembuka, lalu tambahkan pertanyaan di bawahnya.

Tulis bahasa asing terlebih dahulu, seperti bahasa Mandarin, Korea, Jepang, Rusia, atau Thailand. 

Can’t read that sentence? 

Then let’s have a date. 

Nah, pasti tidak ada yang menyangka kalau berawal dari bio Instagram, Anda tiba-tiba ngajakin nge-date, kan?  Anda pun dapat mengaplikasikan kata-kata lain sesuai kebutuhan. Intinya, jangan takut untuk berbeda. 

 

5. Nggak Perlu Terlalu Panjang, Cantumkan yang Penting Saja 

Bagaimana cara mempromosikan diri di bio secara efektif? Meskipun Anda memiliki banyak keahlian, cobalah untuk fokus pada keahlian yang ingin ditonjolkan. Namun, pastikan sesuai dengan isi feed Anda, ya. 

Lihatlah contoh di bawah ini. 

-Camera Person

-Video Editor

-(noob) Music Producer | 

MMBC TOUR & TRAVEL 

TVF 2014 ISI SKA

ESSENZO ESSENTIAL OIL 

Review dari Eno Bening, bio akun ini terlalu panjang. Ia memiliki keahlian fotografi, video editor, sampai music producer. Namun, saat Eno Bening mengecek feed, ia tidak menemukan musik yang dibuatnya di feed tersebut. Namun, si akun banyak mem-posting hasil fotonya tentang Weird Genius. Jadi, berikut bio baru akun di atas. 

Unofficial @weird.genius Photographer

Bagaimana? Bionya lebih menjual, kan? Siapa tahu si pemilik akun bakal dilirik oleh Weird Genius, bukan? 

Inilah beberapa ilmu daging yang dapat kita ambil dari Konsultasi Internet Eno Bening. Cara Eno Bening menanggapi permasalahan pasien-pasiennya pun sangat kocak. Anda dijamin tidak akan merasa bosan. Penasaran dengan contoh permak bio lainnya? Anda bisa menonton full video-nya di YouTube Eno Bening. 

 

Photo by Enobening.com

 

 

Browse blog by tag

Back To Top