sharpnel_content
Cara Kerja Omnichannel

News 17 Jan 2022


Cara Kerja Omnichannel

Share

Sebelumnya, kami sudah mengulas mengenai apa itu omnichannel. Sekarang saatnya kita belajar bagaimana cara kerja omnichannel. Omnichannel, yang mengintegrasikan beberapa channel menjadi satu adalah sebuah strategi yang kini ampuh untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih kepada pelanggan.

Sekarang ini ada banyak platform online yang tersedia, mulai dari platform sosial media dimana orang berinteraksi satu sama lain di dunia maya, platform ecommerce dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi, maupun website dan aplikasi mobile untuk keperluan interaksi perusahaan dengan pelanggan dalam lingkup yang lebih luas.

Baik platform sosial media, platform ecommerce, ataupun website dan mobile app bisa saling diintegrasikan satu sama lain ke dalam omnichannel. Misalnya Anda berjualan kaos jersey di platform ecommerce, kemudian untuk sarana promosi Anda menggunakan platform Instagram. Lalu, Anda mem-posting foto jersey jualan Anda di Instagram.

Pengunjung instagram sangat mungkin mencari jersey yang bisa dibeli melalui Instagram. Lantas ia bisa menemukan jersey Anda di Instagram, masuk ke halaman detail di Instagram Anda, dan bisa langsung berpindah ke toko online Anda di ecommerce dari halaman detail di Instagram. Selanjutnya, pengunjung Instagram bisa langsung melakukan checkout di ecommerce.

Kemudahan seperti ini, perpindahan channel dari satu ke yang lain sangat mungkin dilakukan dengan bantuan omnichannel. Dengan demikian, Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli dari banyaknya platform sosial media yang digunakan.

Bagi pelanggan, strategi omnichannel ini memudahkan mereka dalam berbelanja. Mereka bisa berangkat dari platform yang paling sering mereka gunakan, entah itu Facebook, Instagram, Twitter, website, dsb. Dari platform yang mereka gunakan, mereka bisa langsung berpindah channel dengan mudah untuk melakukan pembelian di toko online.

Pelanggan bisa dengan mudah melihat detail produk, stok yang tersedia, informasi pengiriman, harga produk, biaya pengiriman, dan masih banyak lagi lainnya. Semua itu bisa dilakukan dengan mulus tanpa harus pelanggan tersebut mengontak secara langsung si penjual. Transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Kemudian, bagi pengusaha, strategi omnichannel memudahkan mereka dalam memahami perilaku pelanggan. Dari mana saja pelanggan mereka datang, dan apakah mereka jadi membeli produk atau tidak, apa yang menghambat mereka dalam membeli produk, produk apa yang paling dicari pengunjung, dan masih banyak lagi informasi berharga lain demi kemajuan bisnis perusahaan.

Referensi: komerce.id
Woman photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top