sharpnel_content
Cara Cek Link Penipu/Link Phishing

News 09 Des 2021


Cara Cek Link Penipu/Link Phishing

Share

Anda mungkin pernah menerima SMS atau pesan di WhatsApp yang berisikan promosi, penawaran pinjaman online, atau pesan kejutan Anda menjadi pemenang hadiah jutaan rupiah.

Pesan-pesan tersebut seringkali adalah pesan spam atau pesan penipuan. Di dalam pesan-pesan tersebut kerap juga disisipkan sebuah tautan (link). Bagi orang awam yang belum paham akan modus-modus penipuan online, mungkin akan langsung tergerak untuk mengklik tautan tersebut.

Celakanya, tautan tersebut adalah jebakan selanjutnya untuk menjerat korban. Tautan yang disematkan jika diklik akan mengarah ke situs palsu untuk tujuan penipuan seperti phishing atau tautan tersebut telah disisipi virus/malware yang ketika diklik akan langsung menginfeksi perangkat yang dipakai korban.

Beberapa penipu beraksi secara profesional sehingga sulit untuk mendeteksi apakah tautan tersebut akan mengarah ke situs phishing atau tidak. Beberapa tautan bahkan dipendekkan atau dikustomisasi menggunakan tools pemendek tautan seperti bit.ly, ShortURL, TinyURL, dsb sehingga sulit dideteksi.

Kalau sudah dipendekkan dan dikustomisasi, makin sulit bagi kita untuk mendeteksi apakah tautan tersebut mengarah ke domain berbahaya atau tidak. Kabar baiknya, sekarang sudah tersedia tools untuk memeriksa kemana situs-situs yang sudah dipendekkan/dikustomisasi tersebut mengarah. Berikut adalah daftar tools pemeriksa tautan yang bisa Anda gunakan:

(1) WhereGoes

WhereGoes merupakan sebuah situs untuk memeriksa kemana sebuah situs mengarah. Jadi, ketika Anda menerima pesan berisikan tautan yang sudah dipendekkan atau dikustomisasi, jangan langsung diklik.

Kita tidak tahu apakah tautan tersebut mengandung virus/malware atau tidak sehingga sangat berisiko jika diklik. Tautan yang mengandung virus dan malware bisa menginfeksi perangkat Anda dan mencuri data-data Anda.

Sementara tautan yang mengarah ke situs palsu juga berisiko terjadi pencurian data. Terutama ketika Anda memasukkan data-data pribadi ke situs palsu tersebut.

Untuk menggunakan WhereGoes, pertama copy tautan yang ingin diperiksa, kemudian paste di situs WhereGoes. Situs WhereGoes kemudian akan melakukan pemindaian dengan melacak kemanakah tautan tersebut akan menuju.

Tautan yang sudah dipendekkan dengan bit.ly, ShortURL, TinyURL, dsb bisa Anda periksa menggunakan WhereGoes. Jika sudah mengetahui kemana link akan mengarah, Anda bisa mencegah diri Anda jadi korban phishing ataupun mencegah perangkat terinfeksi virus dan malware.

wheregoes

(2) Transparency Report – Google Safe Browsing

Google mengeluarkan tools bernama Transparency Report – Google Safe Browsing yang bisa memeriksa status sebuah situs. Transparency Report Google setiap harinya memeriksa miliaran URL untuk mencari situs-situs yang tidak aman.

Hal yang mengejutkan adalah temuan Google bahwa ada ribuan situs baru yang tidak aman setiap harinya. Sebagian dari situs-situs tersebut, adalah situs resmi/sah yang telah disusupi muatan berbahaya.

Jika Anda menemukan tautan yang dirasa mencurigakan, copy dan paste alamat tautan tersebut di Transparency Report – Google Safe Browsing untuk melihat apakah situs tersebut aman atau tidak untuk dikunjungi.

transparency report google

(3) VirusTotal

VirusTotal juga salah satu tools berupa situs untuk memeriksa apakah tautan yang ingin dikunjungi aman. Anda bisa mendeteksi apakah ada virus dan malware di URL yang ingin dituju. Hasil deteksi bisa dibagikan secara otomatis ke komunitas keamanan.

Selain mendeteksi tautan (URLs), VirusTotal juga bisa digunakan untuk memeriksa file yang dicurigai terinfeksi virus dan malware.

virustotal

Selain memeriksa keamanan tautan yang ingin dituju, Anda juga perlu mewaspadai phishing untuk bisa mencegah diri menjadi korban. Anda juga perlu mengerti jenis-jenis kejahatan siber lainnya agar tak menjadi korban.

Referensi:

  1. WhereGoes
  2. Transparency Report – Google Safe Browsing
  3. VirusTotal

Technology vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top