sharpnel_content
Brand yang Menerapkan Omnichannel Marketing

News 18 Jan 2022


Brand yang Menerapkan Omnichannel Marketing

Share

Omnichannel bukan barang baru di Indonesia. Kenyataannya, sudah banyak brand-brand dalam negeri yang menerapkan strategi omnichannel marketing. Brand-brand tersebut sudah membuktikan bahwa omnichannel marketing mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Apa sajakah brand yang sudah menerapkan strategi omnichannel marketing? Mari lihat daftarnya berikut ini:

(1) Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu perintis e-commerce di Indonesia. Bukalapak juga dikenal menerapkan strategi omnichannel untuk bisa melakukan diversifikasi di berbagai lini produk dan program, baik secara online maupun offline.

(2) Tokopedia

Strategi omnichannel juga sering dikaitkan erat dengan distribusi konten lintas channel demi meningkatkan pengalaman pengguna. Omnichannel memungkinkan untuk saling mengintegrasikan channel-channel digital dan non digital.

Data dan informasi yang diperoleh dari berbagai channel yang sudah terintegrasi tersebut kemudian dianalisis menggunakan AI (kecerdasan buatan) dan machine learning untuk kebutuhan mempelajari perilaku konsumen.

Dengan begitu, Tokopedia mampu mempersonalisasi pesan yang dikirim melalui tiap kanal agar lebih relevan dengan tipe-tipe pengguna. Langkah ini juga memastikan brand experience memiliki makna.

Pesan yang lebih relevan atau yang lebih sesuai dengan preferensi pengguna membantu Tokopedia untuk mendorong pengguna menjadi pembeli.

Omnichannel juga sangat membantu Tokopedia dalam menghasilkan pengalaman belanja yang semulus mungkin. Ini didukung dengan banyaknya penguna Tokopedia di seluruh Indonesia, dengan kurang lebih ada 250 juta produk, 7,2 juta pedagang, serta 35 produk digital.

(3) Bank BNI

Bank BNI adalah salah satu bank yang termasuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Sebagai bank nasional yang telah ada sejak Indonesia merdeka, Bank BNI terus melebarkan sayapnya dengan terus melakukan peningkatan di bidang digital.

Salah satu strategi digital marketing yang diterapkan BNI adalah dengan menerapkan Omnichannel marketing. Omnichannel yang diterapkan BNI digunakan untuk meningkatkan kemampuan semua channel digital yang dimiliki bank pelat merah tersebut.

Sejak tahun 2018, Bank BNI diketahui telah menyuarakan pengembangan omnichannel untuk layanan perbankan mereka. Teknologi omnichannel yang mereka kembangkan dimulai dari Service Oriented Architecture (SOA).

Kini, BNI berfokus agar omnichannel miliknya bisa menghadirkan kemudahan bagi nasabahnya untuk bertransaksi secara digital mulai dari digital management hingga layanan kartu kredit.

Nah, apakah Anda tertarik dengan strategi omnichannel marketing?

Referensi:

  1. www.bni.co.id
  2. keuangan.kontan.co.id
  3. dailysocial.id

Sale vector created by sentavio – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top