sharpnel_content
Jack Ma Prediksi Bisnis Kecil akan Menguasai Dunia?

News 13 Okt 2020


Jack Ma Prediksi Bisnis Kecil akan Menguasai Dunia?

Share

Untuk Anda yang saat ini memiliki bisnis kecil tidak perlu berkecil hati. Jutawan sekaligus pebisnis inspiratif dari Tiongkok, Jack Ma memberikan prediksi yang berpihak pada Anda. Menurut Jack Ma, bisnis besar yang telah menguasai perekonomian dunia selama tiga dekade akan digeser oleh bisnis kecil. Lebih tepatnya, negara berkembang dan bisnis kecil akan menguasai dunia pada masa mendatang. 

Jack Ma berasumsi bahwa digitalisasi akan memberikan perubahan besar dalam dunia bisnis. Kini, Anda dapat membuka bisnis digital dengan mudah hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet. Jika kondisi ini tetap bertahan, Jack Ma memperkirakan bakal ada lebih dari 60 juta bisnis kecil di dunia yang dapat memimpin perekonomian. Dengan kata lain, perekonomian tidak akan secara eksklusif didominasi negara maju dengan perusahaan besarnya saja. 

Bisnis Kecil Lebih “Berbahaya” daripada Perusahaan Besar yang Mapan

Alih-alih perusahaan besar yang sudah settle, Jack Mack mengatakan bahwa perusahaan yang belum pernah terdengar jauh lebih berbahaya dalam bisnis. Kondisi ini membuat Jack Ma mendorong Tiongkok agar segera melakukan transformasi digital dengan lebih cepat. 

Nantinya, bisnis kecil ini dapat fokus dalam memenuhi kebutuhan global, terutama kebutuhan dari negara-negara dengan populasi yang banyak, seperti Tiongkok. Tiongkok sendiri memiliki sekitar 1,4 miliar konsumen yang perlu dipenuhi kebutuhannya pada masa mendatang. Jumlah ini ini belum ditambahkan jumlah konsumen dari negara berpenduduk padat lainnya, termasuk Indonesia. 

Jika ingin melihat lebih jauh lagi, Indonesia akan mendapatkan durian runtuh berupa bonus demografi pada tahun 2030-2040. Menurut prediksi dari Kementerian BPN, penduduk usia produktif Indonesia pada masa itu akan mencapai 64%. Oleh karena itu, calon konsumen di negara kita sangatlah besar dan menjanjikan.

Dekade ini adalah kesempatan terakhir bagi perusahaan tradisional untuk segera mengadopsi teknologi digital. Pilihannya adalah mengambil peluang ini dengan sebaik-baiknya atau menunggu bisnis Anda digeser oleh bisnis lain yang lebih digital-friendly. Jadi, Anda akan memilih yang mana? 

 

Sumber: wartaekonomi.co.id

Image by Paul Kagame/Flickr used under CC

 

Browse blog by tag

Back To Top