sharpnel_content
Berapa Gaji Content Writer?

News 16 Agu 2022


Berapa Gaji Content Writer?

Share

Informasi gaji content writer ini sangat dibutuhkan untuk para jobseeker yang ingin merintis karier sebagai seorang penulis. Khususnya, untuk para fresh graduate yang bingung nego gaji dengan perekrut. Lantas, berapa gaji content writer terbaru? Diambil dari beberapa situs pencari kerja, besar gaji content writer sekitar Rp3,5 juta-Rp4,5 juta per bulan.

Angka ini adalah gaji rata-rata content writer pemula yang jumlahnya akan berbeda tergantung dari lokasi, UMR, besar dan kecil skala perusahaan, serta skill yang dimiliki. 

 

3 Faktor yang Mempengaruhi Gaji Content Writer 

Setidaknya, ada tiga faktor yang dapat Anda gunakan untuk menentukan besar dan kecil gaji content writer. Gunakan tiga pertimbangan ini untuk menentukan gaji yang tepat. 

 

1. Lokasi Kerja dan Besarnya UMR

Gaji content writer sangat dipengaruhi oleh lokasi kerja dan besarnya UMR tiap-tiap daerah. Gaji seorang content writer di Jakarta, tentu akan berbeda dibandingkan mereka yang bekerja di Semarang. Maka dari itu, Anda harus mengecek UMR di tiap-tiap daerah terlebih dahulu. 

Berikut ini rata-rata gaji content writer di beberapa kota besar di Indonesia. 

-Perkiraan gaji content writer di Jakarta: Rp3,5 juta-Rp4,5 juta

-Perkiraan gaji content writer di Bandung: Rp2,2 juta-Rp3 juta

-Perkiraan gaji content writer di Banten: Rp1,5 juta-Rp2,5 juta

-Perkiraan gaji content writer di Jogja: Rp2 juta-Rp2,8 juta

-Perkiraan gaji content writer di Surabaya: Rp2,5 juta juta-Rp3,5 juta

2. Besar dan Kecilnya Skala Bisnis Perusahaan

Kalau Anda mendaftar di perusahaan multinasional dengan brand yang sudah kuat, basic salary Anda saat pertama kali masuk tentu lebih tinggi dibanding dengan perusahaan biasa. Semakin besar skala bisnis perusahaan, kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak gaji pun juga tinggi. 

Untuk bisa bekerja di perusahaan dengan skala bisnis yang besar, Anda dapat mengikuti program internship atau magang perusahaan tersebut. Jika dapat bekerja dengan baik, Anda berkesempatan untuk menerima tawaran menjadi karyawan tetap.  

Maka dari itu, cek besar dan kecilnya skala bisnis perusahaan sebelum mematok gaji. Dengan begitu, Anda dapat memasang gaji yang tepat saat wawancara kerja ke perusahaan tersebut. 

 

3. Skill yang Dimiliki

Besar dan kecilnya gaji content writer juga tergantung dengan skill yang Anda miliki. Makin banyak skill menulis yang dikuasai, Anda pasti akan lebih percaya diri untuk menawar gaji. Beda cerita kalau kita belum memiliki skill yang mumpuni, tetapi malah meminta gaji yang kurang realistis. Bukannya nyantol, peluang kerja Anda mungkin akan menguap bagaikan embun. 

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Content Writer?

Selain skill menulis, Anda akan memiliki nilai plus dengan memiliki keahlian lain .Beberapa keahlian lain yang dilihat oleh perekrut, yaitu:

-SEO;

-skill desain, seperti Canva, Photoshop, dan lainnya;

-penguasaan media sosial, seperti TikTok, LinkedIn, Instagram, dan lain-lain;

digital marketing/internet marketing;

-editing;

-bahasa asing, seperti Inggris dan Mandarin;

public speaking.

Ketika menjadi content writer, kita berekspektasi untuk selalu bekerja di belakang layar laptop selama 8 jam per hari. Akan tetapi, ada kalanya Anda harus melakukan short trip untuk bertemu client sampai narasumber. Maka dari itu, skill public speaking dan bahasa asing sering kali menjadi prioritas dalam merekrut content writer

Perusahaan pun akan memberikan nilai tambah untuk kandidat yang memang sudah memiliki pengetahuan akan SEO, menguasai tools desain, sampai luar-dalam dunia digital marketing. Jika dilihat dari sisi perusahaan, mereka mencari content writer paket 3 in 1. Mereka hanya perlu merekrut satu, tetapi kemampuan atau skill-nya sanggup meng-cover 3 orang sekaligus. 

 

Mengapa Informasi Perkiraan Gaji Content Writer ini Penting? 

Sebelum melamar pekerjaan, seorang jobseeker dituntut untuk melakukan persiapan matang, seperti melakukan riset gaji. Dengan mengetahui perkiraan gaji, Anda tidak akan memasang gaji yang terlalu tinggi ataupun rendah. 

Jika ingin mengetahui perkiraan gaji yang lebih akurat, Anda dapat sign up di situs pencarian kerja yang sering kali menampilkan range gaji yang ditawarkan suatu perusahaan seperti Jobstreet. Dengan begitu, Anda dapat mencari lowongan pekerjaan content writer dengan gaji yang sesuai dengan ekspektasi.

 

Vintage color photo created by chevanon – www.freepik.com

 

 

Browse blog by tag

Back To Top