sharpnel_content
Belajar dari Layangan Putus, Perempuan Perlu Melek Teknologi

News 07 Jan 2022


Belajar dari Layangan Putus, Perempuan Perlu Melek Teknologi

Share

Kisah cinta terlarang antara Aris dan Lydia di “Layangan Putus” memang sukses membuat darah penonton mendidih. Betapa tidak, Aris yang sudah beristri dan memiliki anak nekat berselingkuh dengan Lydia. Sang istri sah, Kinan, tak kehilangan akal dan memakai cara cerdas untuk menguak perselingkuhan suaminya. Kinan memakai teknologi untuk menyusuri jejak dan identitas pelakor. Viola, cara ini berhasil! 

Web series ini tidak hanya mempertontonkan proses Kinan bermetamorfosis menjadi intelijen dadakan. Namun, Anda juga dapat belajar banyak tentang pentingnya melek teknologi bagi perempuan. 

Pasalnya, Kinan memanfaatkan dua teknologi yaitu Get Contact dan Telegram Web untuk menjawab permasalahan hidupnya dengan praktis dan mudah. Yuk, kita cek bersama-sama bagaimana cara Kinan memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. 

 

A. Get Contact: Mengecek Nama Kontak yang Disimpan Orang Lain

Jika kalian sering menonton iklan YouTube, pasti sudah tidak asing lagi dengan Get Contact, bukan? Get Contact adalah aplikasi yang membantu Anda mengecek nama kontak Anda di Hp orang lain. 

Dengan Get Contact, Kinan dapat mengetahui nama Lydia yang sebenarnya. Aris menyimpan nomor Lydia sebagai Jack Office. Kinan pun diam-diam mengambil Hp Aris dan mengecek nomor Jack Office di Get Contact. 

Hasilnya pun mengejutkan. Selain Jack Office, nomor Hp ini ternyata juga disimpan sebagai Lydia  Danira, lho! Dari aplikasi ini, Kinan mengetahui kalau Aris telah berbohong karena “Jack” seorang perempuan, bukan laki-laki seperti yang dikatakan Aris.  

 

B. Telegram Web: Mengecek Isi Chat tanpa Ketahuan

Tidak berbeda jauh dengan WhatsApp, Telegram pun ada versi webnya. Anda dapat login akun Telegram di dua tempat yaitu mobile (Hp) dan web. Namun, Anda harus melakukan sinkronisasi akun web dengan menggunakan Hp. 

Kinan pun diam-diam memakai akun Aris untuk menghubungi Lydia melalui Telegram Web! Kenapa tidak tertangkap basah? Pasalnya, Aris memiliki kebiasaan menghapus chat dengan Lydia. 

Saat Aris tidur terlelap, Kinan pun menghubungi Lydia melalui Telegram Web dan mengajak bertemu, lalu menghapus chat tersebut. Akhirnya, Kinan pun berhasil mempertemukan mereka bertiga di satu tempat. Super smart!

Dengan kecakapan teknologi yang dimilikinya, Kinan dapat menyelesaikan permasalahan dengan duduk cantik di depan laptop dan Hp. Ia pun dapat menguak kebohongan suaminya. 

 

Berawal dari Kinan, Perempuan Indonesia Juga Bisa Melek Teknologi

Tak bisa dimungkiri, karakter Kinan dalam “Layangan Putus” adalah sosok ideal perempuan modern. Mengapa disebut ideal? Pasalnya, fakta di lapangan berkata lain. Pada era digital, perempuan dituntut untuk memiliki skill critical thinking (berpikir kritis saat menerima informasi) dan smart society 5.0 (cerdas dalam menggunakan teknologi). 

Menurut data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2019, rasio pengguna internet perempuan dan laki-laki sebesar 44.86 % dan 50.50 % atau selisih 5.64 %. 

Data ini menunjukkan bahwa akses internet untuk perempuan dan laki-laki belum setara. Meskipun setiap tahunnya selisihnya terus berkurang, tetapi ketimpangan ini tetaplah ada. Oleh karena itu, viralnya “Layangan Putus” ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi perempuan Indonesia. 

Harapannya, perempuan Indonesia lebih aware betapa pentingnya penguasaan teknologi. Untuk hal paling sederhana, Anda dapat memakai teknologi GPS untuk mengecek lokasi anggota keluarga. Jadi, Anda tidak perlu menguntit kemana pun mereka pergi.  

Untuk tujuan yang lebih kompleks, perempuan dapat memberdayakan diri, hidup sejahtera, dan meraih kebahagiaan dengan melek teknologi. Dengan menguasai teknologi, perempuan dapat menambah wawasan dan mengasah skill sehingga kualitas diri meningkat. 

Apabila kualitas diri meningkat, perempuan memiliki lebih banyak pilihan karier dan meningkatkan pendapatan. Melek teknologi menjanjikan efek domino bagi kesejahteraan hidup perempuan. Dengan mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak, perempuan dapat meraih mimpi, hidup lebih sejahtera, dan bahagia. Impian Anda tidak akan direbut orang lain because it’s your dream, not hers!

 

Sumber:

  1. Medcom.id
  2. Gatra.com

Image by Wetv.vip

Browse blog by tag

Back To Top