sharpnel_content
Apple iOS 13.7 Dilengkapi Sistem Notifikasi COVID-19

News 11 Sep 2020


Apple iOS 13.7 Dilengkapi Sistem Notifikasi COVID-19

Share

Pengguna Apple akan dimanjakan fitur eksklusif sistem notifikasi COVID-19 yang disebut dengan Exposure Notification Express. Hal ini diumumkan secara bersamaan oleh Google dan Apple pada tanggal 2 September 2020 silam. Sistem notifikasi COVID-19 ini dirilis bersamaan dengan pembaharuan sistem operasi iOS 13.7. Ke depannya, sistem notifikasi ini hanya dapat diakses oleh pengguna iPhone dengan iOS 13.7 ke atas. 

Perlu dicatat, Exposure Notification Express ini baru tersedia di Amerika Serikat saja. Dengan adanya sistem perangkat lunak ini, pemerintah AS tentu akan lebih terbantu dalam usaha menekan penyebaran virus. 

Cara Kerja Exposure Notification Express

Exposure Notification Express bisa menjadi sebuah alat untuk mengetahui apakah seseorang pernah melakukan kontak dengan positif COVID-19. Sistem akan melihat jarak dan waktu dua ponsel yang berdekatan. Namun, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dalam sistem pelacakan ini. 

Meskipun memiliki konsep tracking, pengguna tidak perlu khawatir soal keamanan data pribadi. Apple dan Google menjamin bahwa sistem ini tidak akan mengumpulkan informasi data pribadi dan lokasi. 

Satu lagi, sistem ini bukanlah suatu aplikasi. Namun, sebuah sistem yang dapat dikembangkan oleh penggunanya. Selain itu, Anda juga akan menerima notifikasi COVID-19 tanpa harus mengunduh aplikasi. Dengan kemudahan ini, fitur baru ini diharapkan dapat menekan angka penyebaran COVID-19 secara efektif dan efisien. 

 

Sumber: Kompas.tv

Browse blog by tag

Back To Top