sharpnel_content
Aplikasi Video Conference dan Data Komunikasi di Indonesia

News 21 Jul 2020


Aplikasi Video Conference dan Data Komunikasi di Indonesia

Share

Sejak merebaknya COVID-19, banyak perusahaan yang mulai menerapkan kebijakan work from home (WFH). Jika dilihat dari sudut pandang keuangan, meskipun pembatasan sosial berskala besar di pinggiran Jakarta ini bertujuan untuk relaksasi secara bertahap, jumlah infeksi akan terus meningkat. Bahkan, perusahaan kami sampai di suatu kondisi di mana seorang karyawan bebas memilih untuk berangkat bekerja atau WFH. 

Menurut salah satu perusahaan komunikasi 3 (Tri), penggunaan media komunikasi seperti video conference naik hingga mencapai 693% dibandingkan sebelum adanya WFH. 

Sedangkan menurut penelitian HootSuite, kecepatan komunikasi Indonesia sekitar 20 mbps (saat mengunduh). Sementara itu, Jepang memiliki kecepatan 104 mbps, yaitu sekitar seperlima kecepatan dengan perhitungan sederhana. Mengingat banyak orang yang biasanya menggunakan WIFI gratis di kafe dan kampus, sulit rasanya untuk membangun lingkungan jaringan yang nyaman selama WFH. 

Kompas pun merangkum komunikasi data dari masing-masing aplikasi video conference, seperti Zoom, Skype, Hangouts, Cisco Webex yang diteliti oleh perusahaan telekomunikasi 3. 

Aplikasi video conference yang tercantum di bawah ini diurutkan berdasarkan bandwidth:

  1. Zoom
  2. Skype
  3. Hangouts
  4. Webex

Saat ini, 3 (Tri) menawarkan sebuah paket seperti unlimited data usage mulai dari pukul 1 dini hari sampai pukul  17.00 WIB. Jenis paket yang dipakai secara unlimited seperti di Jepang sangatlah sedikit karena banyak orang yang memakai smartphone untuk tethering internet. Dengan tujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan jaringan yang nyaman dan menguntungkan, tiap-tiap perusahaan telekomunikasi pun akan terus menawarkan berbagai jenis paket. 

 

Referensi: Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Mana yang Paling Irit Data?

 

Browse blog by tag

Back To Top