sharpnel_content
Aplikasi Berbasis AI iWareBatik

News 06 Okt 2020


Aplikasi Berbasis AI iWareBatik

Share

Pada tanggal 17 Agustus 2020 silam, aplikasi berbasis AI iWareBatik resmi diluncurkan. Aplikasi dengan filosofi “I am aware of Batik” ini menjadi arsip digital untuk menyimpan seluk-beluk tentang batik. Dengan demikian, masyarakat dapat mencari tahu tentang batik dengan lebih mudah dari balik layar smartphone

Selain aplikasi mobile, Anda juga dapat mengakses iWareBatik dalam bentuk desktop di iwarebatik.org. Nantinya, Anda akan menemukan berbagai informasi, seperti 100 motif batik dan filosofi, sejarah, dan asal-muasal, dan informasi terkait lainnya. Jadi, Anda yang awalnya tidak tahu menahu tentang batik bisa mempelajari batik dengan bermodalkan aplikasi ini. 

Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui asal-muasal dari berbagai motif batik. Hal ini sangat mungkin terjadi karena aplikasi ini ditanami fitur peta interaktif yang menunjukkan motif batik di tiap provinsi. 

Tips Mencari Motif Batik dengan Aplikasi Berbasis AI iWareBatik 

Tujuan utama pembuatan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan aware atau kesadaran masyarakat akan makna dari batik yang dipakainya. Jadi, masyarakat tidak akan sekadar memakai batik saja. Namun, bermodalkan aplikasi berbasis AI ini, Anda dapat mengetahui motif dan makna dari batik yang dipakai. 

Anda pun tak perlu mencari satu per satu motif batik yang Anda pakai karena pastinya ribet dan memakan waktu. Nantinya, Anda hanya cukup memfoto pola batik dengan aplikasi ini. Bara sesudahnya, informasi motif dan makna batik tersebut akan keluar di aplikasi. 

Hingga saat ini, aplikasi ini dapat mengidentifikasi empat motif batik, yaitu parang, merak, dan kawung, dan ampiek. Tak perlu ciut semangat, aplikasi ini akan terus dikembangkan sehingga dapat membaca lebih banyak motif batik. 

Lantas, siapakah orang yang berhasil menciptakan aplikasi keren ini? Aplikasi ini tercipta atas kerja sama Unesco dengan mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas della Svizzera di Swiss. Wah, sebagai orang Indonesia kita tentu layak merasa bangga dengan pencapaian anak bangsa ini, ya! Tertarik? Silakan download iWareBatik di sini!

 

Sumber: techno.okezone.com

 

Browse blog by tag

Back To Top