sharpnel_content
Apakah IoT dapat Meningkatkan Kualitas Kopi?

News 03 Des 2020


Apakah IoT dapat Meningkatkan Kualitas Kopi?

Share

Tidak melulu sektor industri dan pemerintahan, Internet of Things (IoT) juga bisa dimanfaatkan di sektor agrikultur. PT XL Axiata Tbk pun mengembangkan Smart Coffee Monitoring, teknologi  berbasis IoT yang dapat meningkatkan kualitas kopi pascapanen. Dengan adanya teknologi IoT ini, cita rasa kopi yang dihasilkan akan jauh lebih konsisten dan memiliki daya jual tinggi. 

Menarik untuk diketahui, sebagian besar produsen kopi mengalami kendala soal cita rasa kopi yang diproduksinya. Hasil produksi mereka cenderung memiliki cita rasa yang tidak konsisten sehingga sulit untuk men-trademark suatu produk kopi. 

Usut punya usut, permasalahan ini berakar dari tidak adanya pakem dalam pemrosesan kopi pascapanen. Oleh karena itu, hasil akhirnya sangat variatif dan tidak ada ciri khas khusus. Masalah ini pun ditangkap baik oleh XL Axiata yang kemudian menciptakan Smart Coffee Monitoring. 

Teknologi ini dapat membantu produsen untuk mengolah kopi secara tepat dan konsisten, terutama pada proses fermentasi dan pengeringan. Mengapa kedua proses ini sangat penting? Setelah ditelusuri lebih jauh, kedua proses ini menjadi penentu kualitas dan cita rasa biji kopi. 

 

Bagaimana Cara Kerja Smart Coffee Monitoring? 

Dalam pengoperasiannya, teknologi berpatokan pada beberapa variabel yang sudah ditentukan oleh si pengembang. Untuk proses fermentasi, teknologi ini menggunakan variabel kualitas air dari gabah kopi basah. Sementara itu, kualitas air di drying house menjadi variabel utama pada proses pengeringan. 

Smart Coffee Monitoring ini pun dikembangkan dengan tiga manfaat utama. Pertama, biji kopi yang dihasilkan akan memiliki cita rasa yang konsisten sehingga nilai jualnya pun meningkat. Kedua, setiap daerah akan memiliki proses pengolahan kopi yang berbeda-beda, tetapi tetap bersaing dan berkualitas. 

Terakhir, Anda dapat membedakan kualitas bahan kopi mentah, terutama pada biji cerinya apakah mengalami degradasi atau tidak. Dengan manfaat sebanyak ini, teknologi berbasis IoT ini adalah sebuah solusi untuk meningkatkan daya saing kopi-kopi asal Indonesia di kancah internasional. 

 

Sumber: gosumut.com

Photo by Brittany Bendabout on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top