sharpnel_content
Apa yang Dimaksud dengan Flutter?

News 27 Okt 2021


Apa yang Dimaksud dengan Flutter?

Share

Flutter merupakan sebuah framework yang digunakan ketika membangun aplikasi mobile. Flutter termasuk ke dalam native cross platform framework, yang artinya ia bisa digunakan untuk membangun aplikasi mobile antar platform, baik itu Android, iOS, Windows, Linux, dan macOS.

Dart Developer Summit 2015 adalah pertama kalinya Flutter diperkenalkan ke khalayak dunia. Flutter merupakan teknologi milik Google yang secara khusus dibangun agar para mobile developer bisa membangun aplikasi dengan tampilan UI yang lebih baik, bisa di-compile secara native ke dalam aplikasi mobile, web, dan desktop hanya dari satu baris kode.

Flutter versi stabil pertama atau versi 1.0 dirilis oleh Google di acara Flutter Live Event tahun 2018. Kemudian, Flutter 1.12 dirilis pada acara Flutter Interact pada bulan Desember 2019. 

Flutter adalah cross platform framework, yang artinya ia kompatibel untuk beberapa platform. Misalnya Anda ingin membuat aplikasi mobile yang berjalan di android dan iOS, maka dengan Flutter Anda cukup melakukan coding sekali saja.

Mengapa Flutter Cepat Populer?

(1) Cross-Platform

Kerennya lagi, tak cuma aplikasi mobile yang bisa dibuat dengan Flutter, karena Anda juga bisa membuat aplikasi web dan desktop. Dengan begini, Flutter bisa menghemat waktu dan tenaga Anda karena bisa memangkas proses-proses yang harus dilalui.

(2) Cepat

Kemudian, Flutter mempunya fitur yang bernama Hot Reload. Fitur ini diklaim bisa mempercepat proses pengembangan aplikasi, lho. Kok bisa? Jadi, setiap kali Anda melakukan perubahan pada kode, klik Hot Reload dan aplikasi akan otomatis berubah menyesuaikan dalam waktu kurang dari 1 detik. Canggih banget kan?!

(3) UI yang Ciamik

Di awal dikatakan bahwa Flutter dibangun agar para mobile developer bisa membangun aplikasi dengan UI yang ciamik. Bagaimana bisa demikian? Flutter dibangun menggunakan widget, jadi misalnya kita menambah sebuah text field, maka text field tersebut adalah widget. Hal yang sama berlaku pada button, image yang juga diperlakukan sebagai widget

Pengaturan komponen menjadi rata tengah menggunakan center widget. Sehingga, widget menggambarkan seperti apa tampilan aplikasi yang sedang dibuat.

Flutter saat ini telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membuat aplikasi mereka, misalnya saja BMW app, Nubank app, Tencent App, Google Assistant, Square app, dan masih banyak lagi lainnya.

AsiaQuest Indonesia, sebagai konsultan IT yang selalu menerapkan teknologi terbaru juga tak ketinggalan. Kami mengembangkan aplikasi mobile menggunakan Flutter seperti pada proyek pengembangan aplikasi mobile JEMS Quizz App, sebuah aplikasi kuis yang diperuntukkan bagi siswa di Jepang yang ingin mengikuti ujian nasional teknisi medis darurat.

Sumber:

  1. www.dicoding.com 
  2. flutter.dev/showcase

Technology vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top