sharpnel_content
Apa Sih yang Dilakukan Web Developer?

News 11 Okt 2021


Apa Sih yang Dilakukan Web Developer?

Share

Anda mungkin sudah familiar dengan pekerjaan web developer, tapi apakah Anda tahu apa yang dilakukan web developer sehari-harinya? 

Pekerjaan web developer berkaitan dengan web development. Web Development adalah sebuah pengembangan web yang meliputi proses pembangunan dan pemeliharaan situs web.

Web Developer sederhananya adalah pengembang web, bisa berupa seseorang atau sekelompok orang yang mengembangkan web. Mereka bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola website.

Web Developer Company adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan website. Sekarang ini ada banyak web developer company di Indonesia. Anda bisa memilih perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sesuai dengan budget, dan lain sebagainya. AsiaQuest Indonesia juga mengembangkan website, maka bisa juga disebut sebagai web developer company.

Nah, kembali ke pertanyaan awal, sebetulnya apa sih yang dilakukan web developer sehari-harinya, dalam kaitannya dengan profesinya sebagai pengembang web?

Seorang web developer bertanggung jawab untuk memprogram kode-kode yang menjadi perintah bagi situs web untuk bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Web developer membangun situs web mulai dari bawah seterusnya ke atas hingga situs web jadi dan bisa dinavigasikan oleh user tanpa kendala.

Web developer juga harus mampu membangun situs web yang tidak terlalu sederhana yang menimbulkan kesan ‘tidak menarik’ bagi user, sekaligus tidak terlalu rumit yang bisa membuat user tersesat.

Web developer melaksanakan pengembangan web yang secara umum dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu: 

  1. Pengkodean yang dieksekusi di dalam browser web dan menentukan apa yang user akan lihat ketika mereka sampai di situs tersebut (menulis skrip dari sisi client/client-side).
  2. Pengkodean yang dieksekusi di dalam server web dan mentenagai proses mekanis di balik layar situs web (menulis skrip dari sisi server/server-side scripting).
  3. Teknologi database.

Ketiga bagian dalam web development  inilah yang akan memastikan situs web berjalan lancar dan efisien. Ketiga jenis penugasan dalam web development tersebut bisa saja dikerjakan oleh satu orang programmer, yang kemudian disebut sebagai full stack developer

Akan tetapi, perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang IT, misalnya AsiaQuest Indonesia, kerap membagi ketiga jenis pekerjaan tersebut ke berbeda-beda programmer tergantung spesialisasinya. Maka dari itu kita kerap melihat seseorang bekerja sebagai front end developer, back end developer, UI/UX designer, mobile developer, dsb.

Pekerjaan yang dilakukan oleh web developer sehari-harinya sangat berfokus pada proyek yang berkolaborasi dengan beberapa tim lain. Semuanya bekerja bersama demi satu tujuan, yaitu membuat situs web yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Mereka bisa jadi akan sering meeting dengan klien untuk mendiskusikan berbagai kebutuhan, atau sekedar berdiskusi mengenai bagaimana membuat situs web berfungsi dan selalu terbarui.

Web developer akan membuat konstruksi layout sebuah situs web, membuat visual yang menarik serta desain yang user-friendly. Ketika situs sudah jadi dan sudah online, developer akan memastikan situs bisa berjalan lancar di semua jenis browser, melakukan pengujian secara berkala, melakukan pembaruan sesuai dengan kebutuhan, dll.

Kemudian, web developer juga dituntut untuk familiar dengan teknologi dan mengerti bagaimana komputer dan server web beroperasi. Mereka juga harus familiar dengan beragam program perangkat lunak, beragam bahasa pemrograman, ragam jenis aplikasi web, dsb. Belum lagi, mereka juga harus bisa berkomunikasi dengan baik, mempunyai tujuan, dan bisa memenuhi tenggat waktu deadline.

Jenis-Jenis Web Developer

Web Developer dibagi ke dalam beberapa jenis yang masing-masing punya spesialisasi atau keahlian, yaitu:

(1) Front End Developer

Front End Developer adalah web developer yang menulis kode-kode untuk bagian muka situs web (front end). Front End Developer memastikan bahwa desain web yang sudah dibuat oleh desainer bisa diterapkan di website.

(2) Back End Developer

Back End Developer seseorang yang membangun dan memelihara teknologi yang diperlukan untuk mentenagai komponen-komponen yang memungkinkan sisi front end ada.

(3) Full-Stack Developer

Full Stack Developer mengerti bagaimana setiap bagian dari proses pengembangan web terjadi dan bisa memandu dari segi strategi dan praktik-praktik terbaiknya. Full Stack Developer diprediksikan akan menjadi profesi yang penting di masa depan dengan kemampuan mereka untuk melihat ‘masalah’ secara keseluruhan. Full Stack Developer tahu betul apa-apa yang ada di sisi server dan di sisi client.

(4) JavaScript Developer

JavaScript (JS) adalah jenis bahasa pemrograman web yang didukung di semua jenis browser dan tools, serta menjadi bahasa yang membuat para JS Developer memiliki kontrol untuk membuat, meningkatkan, dan memodifikasi website. JS Developer umumnya bekerja di area front end tapi bahasa JS sejatinya tidak dibatasi untuk front end saja.

Referensi: www.careerexplorer.com

Photo by Hack Capital on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top