sharpnel_content
Apa saja Sektor IoT yang Berkembang saat Pandemi?

News 04 Jan 2021


Apa saja Sektor IoT yang Berkembang saat Pandemi?

IoT
Share

Pandemi sering dikatakan turut mempercepat penerapan teknologi. Salah satu jenis teknologi yang berkembang pesat penggunaannya selama pandemi yaitu teknologi IoT. Sejak awal pandemi hingga sekarang ini, perkembangan IoT semakin menggembirakan.

Sedikitnya ada tiga sektor yang meningkat pesat penggunaan IoT-nya, yaitu kesehatan, pertanian, dan energi. Hal ini disebutkan oleh Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI), Teguh Prasetya, yang juga mengungkapkan bahwa digital healthcare tumbuh dengan pesat selama pandemi. 

Sektor Kesehatan

Di sektor kesehatan atau digital healthcare dengan memanfaatkan teknologi IoT misalnya thermal detection dan remote monitoring.

Seperti kita tahu, thermal detection merupakan perangkat berteknologi IoT untuk mendeteksi suhu tubuh. Perangkat akan secara otomatis mendeteksi suhu tubuh orang-orang dalam lingkup luas. Individu dengan kriteria suhu di atas normal akan memicu sistem untuk memberikan peringatan.

Kemudian remote monitoring, perangkat ini digunakan untuk memonitor orang-orang dalam kerumunan. Orang dengan kriteria tertentu, misalnya tidak memakai masker, atau tidak menjaga jarak aman, akan seketika terdeteksi oleh perangkat IoT dan memicu sistem memberikan peringatan.

Sektor Pertanian

Kemudian, sektor lain yang juga berkembang tak kalah pesat dengan bantuan IoT adalah sektor pertanian. Remote monitoring juga menjadi teknologi yang digunakan dalam sektor pertanian. 

Hal ini karena adanya kesulitan untuk menempatkan orang secara khusus di sektor pertanian, sebagai gantinya mereka menempatkan sensor-sensor IoT di lahan pertanian.

Sektor Energi dan Manufaktur

Sektor selanjutnya yang bergeliat dalam menggunakan teknologi IoT adalah sektor energi, baik itu energi air, listrik, maupun gas. IoT digunakan untuk memonitor operasional di sektor energi tersebut.

Selain itu, IoT juga kini dimanfaatkan di sektor manufaktur. Sektor manufaktur memang termasuk sektor yang paling terdampak akibat pandemi. Sektor manufaktur sempat ditutup dan berhenti produksi. Pandemi telah membuat para pengusaha manufaktur untuk menerapkan teknologi berbasis IoT demi tuntutan zaman.

ASIOTI Terus Dorong IoT di Indonesia

ASIOTI berusaha untuk terus mendorong pertumbuhan IoT di Indonesia. Di tahun 2020, mereka berupaya keras untuk menciptakan ekosistem  IoT dengan menggandeng sektor publik, swasta, akademisi, dan pemerintah.

Di sektor publik, ASIOTI berusaha mengembangkan komunitas kreatif, produktif, dan inovatif. Mereka juga rutin memberikan edukasi baik teori maupun pengalaman untuk meningkatkan skill.

Di sektor swasta, ASIOTI banyak melakukan program business matching. ASIOTI berupaya agar pihaknya bisa menjadi fasilitator yang mempercepat proses penerapan IoT di sektor swasta. Baik itu dari segi perangkat, jaringan, platform, hingga solusi.

Di sektor akademis, ASIOTI melihat bahwa para akademisi sudah banyak berkontribusi dalam hal riset dan pengembangan, pembuatan local content developer, edukasi, dan sertifikasi.

Sementara itu, di pemerintahan, ASIOTI turut aktif bersama pemerintah membuat ekosistem dan membuat kebijakan bersama yang ramah bagi ekosistem dan publik demi mendukung revolusi industri 4.0.

Sumber: antaranews.com

Image by: Pixabay

Browse blog by tag

Back To Top