sharpnel_content
Apa saja Kesalahan dalam  Mobile App Development yang Harus Dihindari?

News 13 Agu 2021


Apa saja Kesalahan dalam Mobile App Development yang Harus Dihindari?

Share

Tentu Anda tak ingin ada kesalahan sedikit pun saat mengerjakan proyek mobile app development, bukan? Untuk itu, mari kita lihat satu per satu hal-hal apa saja yang bisa menjadi sebuah kesalahan dalam sebuah proyek mobile app development.

(1) Meremehkan Visual

Peribahasa dari mata turun ke hati agaknya berlaku juga untuk sebuah aplikasi mobile. Visual aplikasi mobile yang tidak menarik di mata pengguna cenderung akan sulit berkompetisi. Maka dari itu, kesan pertama haruslah istimewa. Aplikasi mobile Anda harus bisa menarik perhatian pengguna sejak pandangan pertama. 

Ajak tim Anda untuk berdiskusi membicarakan masalah visual yang akan menjadi keunikan aplikasi. Luangkan waktu untuk melakukan penelitian agar aplikasi yang dibuat bisa menarik banyak pengguna.

(2) Tidak Konsisten

Desain yang tidak konsisten bisa menjadi masalah di kemudian hari. Penggunaan warna yang berbeda di tiap halaman, tipografi yang juga berbeda-beda, serta pola navigasi yang berbeda, bisa terakumulasi menjadi satu dan menghasilkan desain yang tidak konsisten. 

Inkonsistensi ini tidak baik ke depannya sehingga usahakan untuk menyerahkan urusan desain UI dan UX kepada ahlinya. Di AsiaQuest Indonesia, kami merancang desain aplikasi mobile sedemikian rupa sesuai dengan tren desain terbaru. UI/UX designer yang kami miliki telah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang ini dan secara konsisten menerapkan tren desain modern yang sesuai dengan perkembangan zaman.

(3) Copy Paste Website

Maksudnya adalah, Anda membuat aplikasi mobile yang fitur-fiturnya sama persis dengan sebuah website. Padahal syarat UX dari website dan aplikasi mobile jauh berbeda. Aplikasi mobile bukanlah miniatur dari website. Saat membuat aplikasi mobile, Anda meng-copy paste semua fitur dan konten dari website maka yang terjadi adalah aplikasi mobile Anda memiliki UI/UX yang tidak bagus.

Maka dari itu penting untuk melakukan penyederhanaan ketika membuat aplikasi mobile. Catat fitur apa saja yang ingin diangkat dari aplikasi mobile. Fitur apa saja yang sebaiknya dihilangkan agar tidak memperberat kerja aplikasi mobile.

(4) Abai Terhadap Ulasan Pengguna

Anggap ulasan pengguna sebagai kritik yang membangun bagi kemajuan aplikasi mobile Anda. Maka dari itu, sebagai developer hendaknya memperhatikan apa saja yang menjadi keluh kesah pengguna selama menggunakan aplikasi yang Anda buat.

Ke depan, Anda bisa menentukan area-area yang perlu diperbaiki serta area mana yang pelu ditingkatkan lagi.

(5) Tidak Melakukan Update

Kritik dan saran dari pengguna bisa menjadi bahan bagi Anda untuk melakukan perbaikan, entah itu memperbaiki fitur, menambah/mengurangi fitur, menghilangkan bugs, dsb. Semua hal tersebut bisa dikembalikan lagi ke pengguna dengan memberikan update aplikasi. 

(6) Tidak Melakukan Testing di Banyak Perangkat

Ada banyak jenis perangkat telepon pintar yang tersedia sekarang ini, sebut saja smartphone dan tablet. Smartphone dan tablet ini hadir dalam beragam ukuran layar dan resolusi, yang tentunya ini akan menjadi tantangan bagi mobile developer untuk bisa membuat aplikasi mobile yang bisa dimuat dengan baik di segala jenis perangkat.

Nah, sayangnya tak sedikit mobile developer yang tidak melakukan testing aplikasi di banyak perangkat sehingga kadang terjadi sebuah aplikasi bisa dibuka dengan lancar di Android, tapi tidak di iOS. Ada yang tampilannya bagus ketika dibuka di layar 6 inch, ternyata berantakan ketika dibuka di layar 5 inchi, dsb.


Hindari Kesalahan dalam Proyek Mobile App Development

Saat ini, pengguna mobile melampaui pengguna desktop. Trafik yang dihasilkan dari pengguna mobile jauh lebih besar daripada pengguna desktop. Maka dari itu, Anda harus bisa memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Mengapa? Trafik yang lebih besar di mobile browser artinya peluang yang lebih besar untuk meraup penjualan.

Bila Anda sudah siap dengan ide brilian, serta budget yang juga sudah memadai, maka kini Anda hanya perlu sebuah roadmap untuk memulai proyek mobile app development Anda sendiri. Jika Anda merasa awam di bidang ini,  maka Anda selalu bisa menghubungi konsultan IT terpercaya.

AsiaQuest Indonesia, adalah sebuah konsultan IT ternama di Indonesia, yang juga menyediakan layanan pengembangan website/websystem dan aplikasi mobile, serta internet marketing dan SEO. Kami akan memastikan proyek mobile app development Anda berjalan sempurna tanpa harus terjebak pada kesalahan-kesalahan di atas. Konsultasikan sekarang juga masalah Anda dengan menghubungi AsiaQuest Indonesia!

Referensi: 

  1. www.techgenyz.com 
  2. fastwork.id

Business photo created by pressfoto – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top