sharpnel_content
Apa Kehebatan Signal? Chat App yang Di Endorse Elon Musk

News 27 Apr 2021


Apa Kehebatan Signal? Chat App yang Di Endorse Elon Musk

Share

Signal merupakan chat app yang baru-baru ini meroket akibat twit Elon Musk. Kala pengguna whatsapp ribut-ribut akibat kebijakan privasi whatsapp yang ingin berbagi data ke pihak ketiga, Elon Musk sempat bercuit agar masyarakat menggunakan aplikasi pesan instan Signal yang diklaimnya sebagai aplikasi chat yang paling aman sekarang ini.

Kabarnya Signal chat app menawarkan keamanan privasi yang lebih baik daripada whatsapp. Kabar ini membuat Signal dibanjiri pengguna baru. Lantas, apa sih kehebatan Signal? Apakah betul-betul lebih hebat daripada Whatsapp?

 

(1) Keamanan Pengguna

 

Founder Signal adalah seorang ahli enkripsi Moxie Marlinspike dan Brian Acton sang mantan founder Whatsapp. Bersama-sama, keduanya membangun aplikasi mobile Signal yang tentunya kita tidak bisa meragukan kesungguhan Marlinspike dalam mengedepankan keamanan pengguna.

Selain itu, saat ini Signal app masih dalam naungan organisasi non profit, sehingga kecil kemungkinan terjadi penyalahgunaan privasi pengguna demi mencari keuntungan semata. Berbeda dengan whatsapp yang sudah diakuisisi oleh Facebook yang dikenal tak segan mengambil data pengguna untuk keperluan pengiklanan.

 

(2) Enkripsi Signal Protocol

 

Enkripsi Signal Protocol merupakan enkripsi secara total yang berlaku bukan hanya untuk pesan teks tapi enkripsi juga akan diberlakukan di telepon melalui aplikasi Signal. Artinya, pesanmu tak akan dibaca orang lain dan panggilan telepon tidak akan didengarkan orang lain, bahkan pihak Signal sekalipun.

Selain itu, Signal juga menawarkan opsi untuk menghapus pesan secara otomatis manakala pesan sudah melewati batas waktu yang anda tentukan.

 

(3) Open Source

 

Tak sedikit orang yang ‘menghamba’ pada software open source, selain karena tersedia gratis, ia juga transparan. Lisensi Signal bersifat open source, sehingga anda bisa melihat koding-koding Signal apakah benar mereka menerapkan enkripsi yang begitu ketat.

Tak sedikit ahli kemudian memeriksa lisensi Signal yang open source tersebut untuk membuktikan bahwa Signal memang mengedepankan keamanan pengguna.

 

(4) Enkripsi pada Video Call

 

Video Call sekarang ini sudah menjadi makanan sehari-hari, terutama karena berlakunya pembatasan jarak fisik demi mengantisipasi penyebaran virus corona. Akibatnya, sekarang ini menjamur aplikasi video call ‘dadakan’ yang keamanannya masih berantakan. Tak sedikit yang kemudian disusupi orang tak dikenal ke dalam sebuah video call.

Signal menanggapi masalah ini dengan meluncurkan fitur video call terenkripsi total. Video call ini hanya bisa dipakai anda dan orang-orang yang diundang saja. Grup video call Signal bisa menampung lima orang pengguna.

 

(5) Blur Foto

 

Kita sering memotret foto kemudian menyebarkan via aplikasi pesan instan tanpa pikir panjang. Terkadang, keviralan muncul dari media foto dan video yang disebar pertama kali melalui pesan instan. Untuk ini, Signal menawarkan opsi blur foto.

Sebelum mengirimkan foto ke orang lain, anda bisa mem-blur nya terlebih dahulu untuk melindungi privasi mereka. Cukup klik icon blur foto dan pilih area yang ingin di blur.

 

(6) Sedikit Mengambil Data Pengguna

 

Whatsapp yang dipakai milyaran orang di seluruh dunia mengambil data pengguna mulai dari nomor telepon, lokasi, kontak, email, jenis perangkat, kebiasaan pengguna, hingga data-data iklan yang sesuai dengan kita. 

Lain dengan Signal yang hanya sedikit mengambil data pengguna yaitu nomor telepon dan kontak yang ada di perangkat. 

Referensi:

www.idntimes.com

Photo by cottonbro from Pexels

Browse blog by tag

Back To Top