sharpnel_content
Apa Itu Y Combinator?

News 13 Okt 2020


Apa Itu Y Combinator?

Share

Pada tahun 2019 lalu, PT Payfazz Teknologi Nusantara menjadi satu-satunya perusahaan startup Indonesia yang masuk dalam Y Combinator Top 100 Companies List. Keberhasilan Payfazz ini tentu membuat masyarakat Indonesia merasa bangga. Pasalnya, menjadi bagian dari Y Combinator sendiri sudah menjadi satu pencapaian besar, apalagi masuk dalam Top 100 Companies? Lantas, apa itu Y Combinator? Mengapa menjadi bagian dari komunitas Y Combinator menjadi sebuah pencapaian yang spesial? 

Selidik punya selidik, Y Combinator adalah startup inkubator yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 ini memberikan pendanaan awal pada perusahaan startup di dunia. Sampai saat ini saja, sudah ada sekitar 2000 perusahaan rintisan yang berasal dari komunitas Y Combinator. Jika Anda mengenal DropBox, AirBnB, Reddit, dan Twitch, semua perusahaan ini adalah jebolan dari Y Combinator! 

Apa Fungsi Y Combinator? 

Secara garis besar, Y Combinator memiliki dua fungsi yaitu sebagai investor dan pembimbing. Y Combinator akan mengucurkan sejumlah dana dua kali dalam setahun kepada startup-startup potensial di seluruh dunia. Fase pertama akan diberikan pada bulan Januari-Maret dan fase kedua pada bulan Juni-Agustus. 

Menarik dicatat, sebagian besar startup sudah bangkrut sebelum berkembang karena masalah pendanaan. Namun, dengan adanya investasi dari Y Combinator, perusahaan startup dapat melewati fase pertama dengan lebih mudah. Tidak sebatas dana saja, Y Combinator akan memberikan bimbingan secara intensif selama tiga bulan melalui program Y Combinator.  

Para founder akan mengikuti pelatihan dan diskusi bersama dengan expert dalam bidang startup. Y Combinator akan membantu Anda dapat mengelola bisnis, negosiasi dengan investor, sampai mengeksekusi ide-ide Anda. Dengan harapan perusahaan Anda dapat berkembang secara maksimal dan menemukan investor yang tepat. 

Dengan adanya bimbingan dan bantuan dana, perusahaan startup memiliki kesempatan untuk berkembang dengan baik. Hal inilah yang dialami oleh Payfazz. Payfazz masuk dalam Y Combinator pada tahun 2017 silam. Dua tahun kemudian, Payfazz pun berhasil masuk dalam Top 100 Companies. Jika Anda tertarik dengan Y Combinator, silakan mendaftar di YC Apply. Siapa tahu, perusahaan Anda akan meraih sukses dan masuk dalam Y Combinator Top 100 Companies juga, bukan?

 

Sumber: Ycombinator.com

Photo by Headway on Unsplash

 

Browse blog by tag

Back To Top