sharpnel_content
Apa Itu Volume Pencarian Kata Kunci

News 03 Sep 2021


Apa Itu Volume Pencarian Kata Kunci

Share

Volume Pencarian Kata Kunci atau Keyword Search Volume (KSV) merupakan salah satu metrik yang berharga dalam SEO. Volume Pencarian Kata Kunci merujuk pada berapa kali kata kunci tertentu dicari dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan KSV cukup beragam, misalnya ketika Anda membuat website baru, mengadakan kampanye PPC marketing, atau sekedar melakukan riset kata kunci untuk menarik lebih banyak trafik ke website.

Apa itu Volume Pencarian Kata Kunci

Volume Pencarian Kata Kunci (Keyword search volume) mengungkap data seberapa banyak sebuah kata kunci dicari dalam jangka waktu tertentu. Ahli SEO akan melihat rata-rata KSV untuk melihat seberapa populer dan seberapa kompetitif kata kunci tersebut. Informasi ini akan menjadi panduan dalam menyusun strategi untuk membuat konten yang lebih banyak diminati dan bisa memberikan trafik ke situs.

Bagaimana Mencari Volume Pencarian Kata Kunci

Untuk mencari KSV, maka Anda perlu menggunakan tools untuk mencari keyword. Ada banyak tools yang bisa membantu Anda  menemukan kata kunci yang tepat, yaitu:

  1. Google Trend
  2. Google Keyword Planner
  3. Google Search Console
  4. Semrush
  5. Neil Patel
  6. Alexa
  7. Ahrefs
  8. Dsb.

Ketika Anda menggunakan tools-tools di atas untuk mencari kata kunci yang tepat, spesifikkan pencarian Anda berdasar metrik KSV dengan mengklik ‘Volume’. Tools akan menampilkan daftar kata kunci beserta dengan volume pencarian. Di sini, Anda sebaiknya mencari kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi.

Kata kunci dengan volume tinggi artinya kata kunci tersebut populer. Penting bagi Anda untuk membidik kata kunci yang populer karena itu mengindikasikan bahwa kata kunci tersebut sedang tren atau sedang banyak dicari.

Kegunaan KSV

KSV berguna untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari saat ini. Bayangkan jika Anda asal membuat artikel tanpa perencanaan kata kunci yang baik, lalu ternyata Anda menemukan bahwa kata kunci di artikel Anda tidak banyak dicari. Hal ini bisa berakibat sedikitnya trafik ke situs Anda.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu meriset kata kunci sebelum membuat konten. Gunakan KSV untuk mengetahui kata kunci yang menghasilkan banyak trafik karena volume pencarian memang sedang tinggi. Membuat konten artikel berdasarkan kata kunci yang sedang banyak dicari akan meningkatkan jumlah trafik ke situs Anda.

Nah, sekian mengenai volume pencarian kata kunci, semoga informasi di atas membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang tepat. Jangan lupa baca tips SEO lainnya untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam urusan optimasi website.

Referensi: www.semrush.com
Photo by Chrissie Giannakoudi on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top